Rabu, 18 Juli 2018 | 19:38 WIB

Daftar | Login

Macro Ad

1001 Alasan Bangga Indonesia

Ulos, cendera mata bagi peserta pertemuan IMF-Bank Dunia

Rabu, 25 April 2018 - 23:47    |    Penulis : Administrator

Elshinta.com 

Ada satu pemandangan yang tidak biasa di beberapa forum dan konferensi pers pada hari terakhir pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional IMF dan Bank Dunia di Washington DC yang ditutup akhir pekan lalu. Sejumlah pemimpin dan pengambil kebijakan keuangan dunia mengenakan ulos, termasuk Direktur IMF Christine Lagarde, Ketua Komite Keuangan dan Moneter Internasional (IMFC) Lesetja Kgangyago, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo dan beberapa gubernur bank negara-negara lain.

Lagarde bahkan tidak saja mengenakannya dalam forum pertemuan, tetapi juga konferensi pers Sabtu sore (21/4). Sesekali ia tampak memperbaiki kain khas Sumatera itu ketika ada fotografer yang ingin mengambil fotonya.

“Isn’t it beautiful?,” ujar Lagarde ketika ditanya wartawan tentang ulos yang dikenakannya.

Kerri Panjaitan adalah salah seorang warga Indonesia yang mengawasi langsung pembuatan kain kebanggaan masyarakat Batak itu sejak akhir Maret lalu dan ikut membagikannya kepada 70 pemimpin dan pengambil kebijakan keuangan dunia tersebut. 

“Ini jenis ulos Harungguan, yang berasal dari Muara, Tobasa, Sumatera Utara. Desainer ulos ini adalah Torang Sitorus, sementara yang menenunnya adalah seluruh penenun dari daerah Tobasa,’’ ujar Kerri. "Secara khusus kami menggunakan kombinasi warna alam dan sintetis, karena memang sedang mencoba merevitalisasi kembali ulos yang menggunakan pewarna alam,’’ ujar nya.

Ketika diberitahu betapa bangganya Christine Lagarde mengenakan ulos itu di beberapa acara pada akhir pekan lalu, Kerri mengatakan ia tidak heran karena Lagarde dikenal suka koleksi tenun.

"Ia punya banyak tenun ikat Sumba dan batik Jawa. Saya lihat dan dengar sendiri ia memang suka koleksi. Melihat ada ragam tenun lain, tentu sebagai kolektor membuatnya gembira,” tambahnya.

elshinta.com
elshinta.com
Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com