Ekspos
BAZNAS luncurkan buku Pemberdayaan Perternak
Elshinta
Senin, 16 November 2020 - 20:21 | Editor :
BAZNAS luncurkan buku Pemberdayaan Perternak

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan acara bedah buku Panduan Program Balai Ternak BAZNAS dan Materi Pendampingan. Buku ini berisi tahapan umum program pemberdayaan peternak mustahik dan panduan teknis pelaksanaan setiap tahapan program. Sedangkan buku Materi Pendampingan berisi materi tentang pengetahuan dan pemahaman program BAZNAS dan konsep program Balai Ternak. 

Digelar secara online melalui kanal youtube BAZNAS TV, Jumat, (16/10) hadir dalam acara tersebut, Anggota BAZNAS, Ir. Nana Mintarti, MP, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Ir. Sugiono, MP, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Dr Irfan Syauqi Beik PhD, Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS, drh. Ajat Sudarjat, Pendamping Program Balai Ternak BAZNAS, Indra Sofwatama, S.Pt dan Gagan Setiawan, S.Pt.

Dalam sambutannya, Nana Mintarti mengatakan bahwa pemberdayaan peternak adalah konsep yang fundamental yang bisa mendorong berjalannya program dengan baik serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan ekonomi mustahik. 

“Diharapkan bagi teman-teman pendamping dengan adanya buku ini dapat menjadi pegangan menjalankan program sehingga terwujudnya aspek kelembagaan peternak, basis perubahaan sosial, kontribusi secara nasional, dan semua peternak dapat akses yang sama baik keilmuan, sosial, dan kelembagaan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Sugiono menyampaikan apresiasinya kepada BAZNAS yang terus bergerak maju dalam meningkatkan kesejahteraan bagi peternak. 

“Melalui dukungan dari BAZNAS dengan pemberdayaan peternak ini, tentunya dapat meningkatkan populasi nasional. Dunia peternakan menjadi salah satu sektor ekonomi di masa depan yang menunjang perekenomian Indonesia,” katanya.

Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS, Ajat Sudarjat menambahkan bahwa Balai Ternak BAZNAS yang diinisiasi oleh BAZNAS ini menerapkan konsep peternakan dan pemberdayaan. 

“Dalam sektor peternakan menjalankan konsep pembiakan untuk peningkatan populasi dan menjaga stabilitas suplai ternak nasional dalam bentuk sentra produksi ternak dan peningkatan pendapatan peternak. Sedangkan konsep pemberdayaan melalui dana zakat meliputi kegiatan pendampingan dengan model pemberdayaan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Ajat  berharap dengan adanya Buku Panduan Program Balai Ternak BAZNAS dan Buku Materi Pendampingan ini dapat mewujudkan pencapaian tujuan Kemandirian Peternak Mustahik dari tiga aspek yaitu aspek ekonomi, kelembagaan dan mental spiritual.

Kumpulan Materi Pendampingan Program Balai Ternak BAZNAS terdiri dari 12 bab mulai dari membangun kemandirian secara lembaga melalui materi pada bab kelompok, keuangan, administrasi, koperasi, dan mengenai Lembaga BAZNAS. 

Selain itu juga berisi tentang bagaimana membangun kemandirian secara ekonomi melalui materi peternakan seperti manajemen kesehatan, manajemen reproduksi, pakan, dan pengolahan hasil peternakan. 

Terakhir juga membangun karakter dan peningkatan ibadah melalui materi mental spiritual, Agama Islam, dan lingkungan.

Balai Ternak BAZNAS merupakan program pemberdayaan peternak mustahik yang diinisiasi BAZNAS dalam meningkatkan perekenomian mustahik. Program Balai Ternak yang dikelola oleh Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) sudah memasuki tahun kedua. 

Pada fase ini, selain menjadi fase awal tahapan pertumbuhan, pengembangan usaha dan persiapan pemandirian, juga memasuki tahapan awal replikasi program di BAZNAS Provinsi dan BAZNAS kabupaten atau kota.  Balai Ternak BAZNAS saat ini tersebar di 11 kabupaten atau kota dengan total penerima manfaat sebanyak 456 peternak mustahik.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Cek Covid-19 di udara dari Nusantics Air Scan bantu mitigasi risiko klaster sekolah
Minggu, 28 November 2021 - 21:36 WIB
Elshinta.com - Selama lebih dari satu tahun pandemi Covid-19, kegiatan sekolah berlangsung secara da...
Jawab kebutuhan orang tua, aplikasi Tentang Anak diluncurkan
Jumat, 26 November 2021 - 18:29 WIB
Hari ini genap 1 tahun Tentang Anak hadir mendampingi para orang tua sebagai ekosistem parenting dan...
Giat KI DKI Jakarta edukasi masyarakat melek literasi digital
Jumat, 26 November 2021 - 12:23 WIB
Webinar melek literasi digital giat edukasi lembaga non struktural, organisasi keagamaan, ormas, dan...
Bantu pekerja rentan, BAZNAS terima bantuan Program TJSL BUMN Rp883 juta
Kamis, 11 November 2021 - 09:31 WIB
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerima bantuan dana Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkunga...
3 hal yang harus anda ketahui, review dan spesifikasi singkat Vivo Y17
Jumat, 19 November 2021 - 19:43 WIB
Vivo saat ini sangat terkenal di India dan Indonesia berkat kampanye dengan volume tinggi yang menam...
Dukungan bagi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021
Selasa, 16 November 2021 - 22:17 WIB
PT Jaya Kreasi Indonesia dengan jajaran produk berkualitas kembali berpartisipasi, sekaligus menjadi...
Hidup berdampingan dengan Covid-19, masker Primero KF-94 dan KN-95 jadi pilihan
Sabtu, 30 Oktober 2021 - 19:39 WIB
Hidup berdampingan dengan virus Covid-19, pemerintah ajak seluruh masyarakat untuk terapkan protokol...
Perkuat Kelembagaan, BAZNAS Gelar Rakornas UPZ
Jumat, 29 Oktober 2021 - 15:01 WIB
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Unit Pengumpul Za...
Nominator partai politik tiga besar, buka akses informasi publik
Kamis, 28 Oktober 2021 - 18:01 WIB
Nominator tiga besar terbaik partai politik (parpol) wilayah DKI Jakarta, Partai Golkar, PAN, dan Na...
Lima tahun layani pertanian Indonesia, TaniHub Group gelar taniversary
Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:03 WIB
TaniHub Group, agritech and e-grocery startup dengan pertumbuhan terbesar di Indonesia, telah memasu...
InfodariAnda (IdA)