Ekspos
BAZNAS luncurkan buku Pemberdayaan Perternak
Elshinta
Senin, 16 November 2020 - 20:21 WIB | Penulis : Widodo
BAZNAS luncurkan buku Pemberdayaan Perternak

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan acara bedah buku Panduan Program Balai Ternak BAZNAS dan Materi Pendampingan. Buku ini berisi tahapan umum program pemberdayaan peternak mustahik dan panduan teknis pelaksanaan setiap tahapan program. Sedangkan buku Materi Pendampingan berisi materi tentang pengetahuan dan pemahaman program BAZNAS dan konsep program Balai Ternak. 

Digelar secara online melalui kanal youtube BAZNAS TV, Jumat, (16/10) hadir dalam acara tersebut, Anggota BAZNAS, Ir. Nana Mintarti, MP, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Ir. Sugiono, MP, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Dr Irfan Syauqi Beik PhD, Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS, drh. Ajat Sudarjat, Pendamping Program Balai Ternak BAZNAS, Indra Sofwatama, S.Pt dan Gagan Setiawan, S.Pt.

Dalam sambutannya, Nana Mintarti mengatakan bahwa pemberdayaan peternak adalah konsep yang fundamental yang bisa mendorong berjalannya program dengan baik serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan ekonomi mustahik. 

“Diharapkan bagi teman-teman pendamping dengan adanya buku ini dapat menjadi pegangan menjalankan program sehingga terwujudnya aspek kelembagaan peternak, basis perubahaan sosial, kontribusi secara nasional, dan semua peternak dapat akses yang sama baik keilmuan, sosial, dan kelembagaan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Sugiono menyampaikan apresiasinya kepada BAZNAS yang terus bergerak maju dalam meningkatkan kesejahteraan bagi peternak. 

“Melalui dukungan dari BAZNAS dengan pemberdayaan peternak ini, tentunya dapat meningkatkan populasi nasional. Dunia peternakan menjadi salah satu sektor ekonomi di masa depan yang menunjang perekenomian Indonesia,” katanya.

Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS, Ajat Sudarjat menambahkan bahwa Balai Ternak BAZNAS yang diinisiasi oleh BAZNAS ini menerapkan konsep peternakan dan pemberdayaan. 

“Dalam sektor peternakan menjalankan konsep pembiakan untuk peningkatan populasi dan menjaga stabilitas suplai ternak nasional dalam bentuk sentra produksi ternak dan peningkatan pendapatan peternak. Sedangkan konsep pemberdayaan melalui dana zakat meliputi kegiatan pendampingan dengan model pemberdayaan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Ajat  berharap dengan adanya Buku Panduan Program Balai Ternak BAZNAS dan Buku Materi Pendampingan ini dapat mewujudkan pencapaian tujuan Kemandirian Peternak Mustahik dari tiga aspek yaitu aspek ekonomi, kelembagaan dan mental spiritual.

Kumpulan Materi Pendampingan Program Balai Ternak BAZNAS terdiri dari 12 bab mulai dari membangun kemandirian secara lembaga melalui materi pada bab kelompok, keuangan, administrasi, koperasi, dan mengenai Lembaga BAZNAS. 

Selain itu juga berisi tentang bagaimana membangun kemandirian secara ekonomi melalui materi peternakan seperti manajemen kesehatan, manajemen reproduksi, pakan, dan pengolahan hasil peternakan. 

Terakhir juga membangun karakter dan peningkatan ibadah melalui materi mental spiritual, Agama Islam, dan lingkungan.

Balai Ternak BAZNAS merupakan program pemberdayaan peternak mustahik yang diinisiasi BAZNAS dalam meningkatkan perekenomian mustahik. Program Balai Ternak yang dikelola oleh Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) sudah memasuki tahun kedua. 

Pada fase ini, selain menjadi fase awal tahapan pertumbuhan, pengembangan usaha dan persiapan pemandirian, juga memasuki tahapan awal replikasi program di BAZNAS Provinsi dan BAZNAS kabupaten atau kota.  Balai Ternak BAZNAS saat ini tersebar di 11 kabupaten atau kota dengan total penerima manfaat sebanyak 456 peternak mustahik.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
BAZNAS luncurkan buku Pemberdayaan Perternak
Senin, 16 November 2020 - 20:21 WIB
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan acara bedah buku Panduan Program Balai Ternak BA...
BAZNAS dorong konsep Zakatech dalam pengelolaan zakat
Sabtu, 07 November 2020 - 16:04 WIB
BAZNAS mendorong konsep Zakatech dalam pengelolaan zakat di seluruh dunia, terutama pada masa pandem...
Pedagang perhiasan ubah strategi, andalkan penjualan secara online
Kamis, 22 Oktober 2020 - 14:07 WIB
Agnes Jewelry mengeluarkan strategi pemasaran dan penjualan baru demi bertahan di tengah pandemi Cov...
Rekomendasi klinik  kecantikan 
Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:25 WIB
Saat ini perawatan wajah sudah menjadi gaya hidup. Mulai dari kosmetik, skincare, hingga treatment d...
Tepat 50 Tahun, GRP luncurkan logo baru
Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:39 WIB
Elshinta.com - Bertepatan dengan peringatan 50 tahun perusahaan, industri baja swasta nasional PT G...
Centella asiatica dalam produk 70 Skin ampuh untuk mengatasi jerawat
Senin, 19 Oktober 2020 - 11:12 WIB
Belakangan masih banyak ditemukan skincare yang tidak memiliki BPOM yang tentu berbahaya untuk keseh...
Edukasi masyarakat, LPP TVRI dan Voteanalitica.com suguhkan `Ngopi Sik`
Jumat, 16 Oktober 2020 - 17:25 WIB
Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI terus kerja keras menjaga kejayaan sebagai sumber informasi yang...
Brand Skincare 70 Skin ala Korea Selatan khas Indonesia diluncurkan
Jumat, 16 Oktober 2020 - 10:45 WIB
Richard Putra adalah Founder Master Online Community Platform Bisnis Online Anti Perang Harga yang p...
Ini tiga bahan skincare yang ampuh untuk memutihkan kulit
Jumat, 09 Oktober 2020 - 14:41 WIB
Merawat kulit dengan menggunakan body lotion sudah lazim dilakukan khususnya oleh para wanita di Ind...
Boba Time: Enggak perlu bayar mahal untuk mencicipi kesegaran minuman Boba
Minggu, 04 Oktober 2020 - 11:38 WIB
Dewasa ini minuman boba jadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang, terutama kaum milenial. Boba a...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV