Biro Statistik Nasional Rilis Statistik Pembangunan Ekonomi Nasional dan Sosial Tiongkok 2020
Elshinta
Selasa, 02 Maret 2021 - 12:44 WIB | Penulis : Mitra Elshinta Feeder
Biro Statistik Nasional Rilis Statistik Pembangunan Ekonomi Nasional dan Sosial Tiongkok 2020
CRI - Biro Statistik Nasional Rilis Statistik Pembangunan Ekonomi Nasional dan Sosial Tiongkok 2020

Biro Statistik Nasional Tiongkok kemarin (28/2) telah memublikasi komunike statistik pembangunan ekonomi nasional dan sosial Tiongkok tahun 2020, di mana secara keseluruhan memperlihatkan hasil-hasil cemerlang dan historis yang dicapai oleh seluruh masyarakat melalui perjuangan rajin dan keras. Dikatakan dalam komunike bahwa, sebagai tahun terakhir Repelita Ke-13, agregat ekonomi Tiongkok tahun 2020 menerobos 100 triliun Yuan RMB, dan dianggap sebagai ekonomi utama yang satu-satunya di dunia yang mewujudkan pertumbuhan positif. Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita di Tiongkok melampaui 10 ribu dolar US secara dua tahun beruntun, Tiongkok sebagai negara perdagangan besar semakin diperkokoh posisinya, sementara realisasi PMA juga telah membukukan angka yang menarik perhatian dunia.

Komunike statistik menunjukkan, tahun 2020, nilai PDB Tiongkok mencapai 101,5986 triliun Yuan RMB, agregat ekonomi menerobos 100 triliun Yuan RMB, laju pertumbuhan ekonomi mencapai 2,3% dibandingkan masa sama tahun lalu, dan dianggap sebagai ekonomi utama yang satu-satunya di dunia yang mewujudkan pertumbuhan ekonomi positif. Jika dihitung dengan kurs rata-rata pada tahun 2020, agregat ekonomi Tiongkok sepanjang tahun 2020 diperkirakan akan mengambil proporsi 17% ke atas dari agregat ekonomi sedunia, dan sempat menjadi kekuatan utama yang mendorong pemulihan ekonomi global.

Menanggapi kinerja ekonomi Tiongkok, Direktur Eksekutif Pusat Riset Politik dan Ekonomi Tiongkok Amerika Latin di Argentina, Diego Mazzoccone menyatakan, “Tiongkok adalah ‘lokomotif’ yang mendorong perkembangan ekonomi dunia, perkembangan Tiongkok sudah menjadi daya penggerak utama bagi pertumbuhan ekonomi dunia. Meskipun wabah covid-19 telah mengguncang ekonomi Tiongkok, namun karena tindakan penyesuaian yang dilakukan Tiongkok tepat pada waktunya, aktivitas ekonomi dapat dipulihkan sedini mungkin, sementara berbagai kalangan masyarakat Tiongkok pun sekuat tenaga mendukung kebijakan pemulihan ekonomi yang diambil pemerintah. Meskipun mengalami resesi untuk sementara waktu yang lalu, tapi ekonomi Tiongkok tetap pulih dengan cepat dan mendorong pemulihan ekonomi dunia.”

Dikatakan dalam komunike tersebut bahwa, tahun 2020 tiga kampanye telah mencapai kemenangan definitif. Khususnya hasil pengentasan kemiskinan sempat mengundang perhatian seluruh dunia. Jika dihitung berdasarkan standar miskin pedesaan dewasa ini, 5,51 juta penduduk miskin di desa semuanya melepaskan diri dari kemiskinan, para keluarga miskin yang terdaftar di 22 provinsi di bagian tengah dan barat Tiongkok secara keseluruhan telah mewujudkan kehidupan yang berkecukupan sandang pangan serta akses pendidikan wajib, pengobatan pokok dan perumahan, keamanan air minum juga terwujud.

 Menanggapi hal tersebut, Alekxey Maslov, Kepala Institut Riset Timur Jauh dari Akademi Sains Rusia pernah menyatakan: “Bagi Tiongkok dan seluruh dunia, hal tersebut betul-betul pantas dihargai sebagai prestasi luar biasa. Sejumlah besar orang melepaskan diri dari kemiskinan pada waktu yang sama, hal tersebut merupakan pertama kalinya dalam sejarah umat manusia. Pengalaman Tiongkok di bidang pengentasan kemiskinan pantas dibelajar oleh sejumlah besar negara di dunia termasuk kawasan Afrika dan Amerika Latin.”

Komunike statistik menunjukkan dalam tahun lalu pola industri baru dan bisnis baru bertumbuh secara signifikan. Tahun 2020, jumlah penjualan daring Tiongkok mencapai 11,760.1 triliun yuan RMB, meningkat 10,9% dari tahun 2019. Mengenai hal ini, wakil direktur Pusat Informasi Jaringan Internet Tiongkok Zhang Xiao berpendapat bahwa kita bisa menemukan potensi konsumsi pasar Tiongkok sangat besar, akan memberikan kontribusi untuk “sirkulasi ganda” ekonomi. Terutama kita bisa lihat e-commerce melalui live streaming menduduki peringkat pertama, konsumen yang berbelanja setelah menonton siaran langsung menduduki 2/3 dalam jumlah total.

Menurut komunike statistik, tahun 2020, status Tiongkok sebagai negara perdagangan besar makin diperkukuh. Skala perdagangan komoditi menciptakan rekor baru. Jumlah total ekspor dan impor komoditi tahun 2020 mencapai 32,155.7 triliun yuan RMB, meningkat 1,9% dari tahun 2019, antara lain ekspor meningkat 4 %. Nilai total ekspor dan impor serta nilai total ekspor bersama-sama menciptakan rekor tertinggi yang baru, terus menduduki urutan pertama dalam perdagangan komoditi global.

Komunike statistik menunjukkan Tiongkok terlebih dulu mengontrol wabah, tepat waktu mendorong pemulihan ekonomi dan sosial, ditambah kekuatan terpadu industri dan iklim bisnis yang terus diperbaiki, investasi langsung asing atau FDI terus terserap ke Tiongkok, di mana realisasi penanaman modal asing bertumbuh secara signifikan dalam tahun lalu. Investasi langsung atau penanaman modal asing yang direalisasi sepanjang 2020 mencapai satu triliun yuan RMB, meningkat 6,2% dari tahun 2019, di antaranya realisasi PMA oleh industri teknologi tinggi meningkat 11,4%, berarti kualitas pemanfaatan modal asing terus meningkat. Direktur Direktorat Investasi dan Perusahaan Konferensi Perdagangan dan Pembangunan PBB Zhan Xiaoning berpendapat ekonomi Tiongkok cepat-cepat pulih dan berkembang, menjadi salah satu titik terang untuk menarik investasi asing global. Pada masa wabah virus corona, ketergantungan yang tinggi dari perusahaan multinasional pada rantai industri dan rantai pasokan di Tiongkok menjaga stabilitas dan perluasan investasi asing di Tiongkok, keterbukaan sebagian industri juga mendorong pertumbuhan penanaman modal asing. Pemerintah Tiongkok mengambil langkah-langkah yang memfasilitasi investasi yang efektif sehingga telah menstabilkan penanaman modal asing di Tiongkok.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
H&M dan Nike Harus Berpendirian Tepat Pada Masalah Kapas Xinjiang
Senin, 29 Maret 2021 - 10:39 WIB
Isu Kapas Xinjiang kini menjadi panas. Pernyataan dikeluarkan perusahaan pakaian H&M menimbulkan...
Mengapa Jajanan Kabupaten Shaxian Menjadi Tenar
Senin, 29 Maret 2021 - 10:39 WIB
Jajanan Kabupetan Shaxian yang terkenal sebagai Jajanan Nasional kini menjadi semakin populer di Tio...
Xi Jinping dan Pemimpin Kuba Saling Kirimkan Surat
Senin, 29 Maret 2021 - 10:39 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping baru-baru ini membalas surat Sekretaris Pertama Komite Pusat ...
Presiden Jokowi Kecam Peristiwa Ledakan Bom Sebuah Gereja di Makassar sebagai “Aksi Terorisme”
Senin, 29 Maret 2021 - 10:39 WIB
Hari Minggu (28/3) kemarin, di sebuah Gereja di Makassar, Sulawesi Selatan Indonesia terjadi ledakan...
Presiden Iran Temui Menlu Tiongkok
Senin, 29 Maret 2021 - 10:39 WIB
Presiden Iran Hassan Rouhani mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di Teh...
Alasan BCI Bersikap Keras terhadap Tiongkok
Senin, 29 Maret 2021 - 10:39 WIB
Dengan dalih “pemaksaan bekerja” menekan perusahaan negara lain selalu menjadi cara yang...
Serangan di Afganistan Akibatkan Banyak Korban Jiwa
Senin, 29 Maret 2021 - 10:39 WIB
Pejabat Afganistan hari Minggu (28/03) kemarin membenarkan bahwa banyak tempat di Afganistan yang me...
Pihak Militer Myanmar Tegaskan Akan Adakan Pemilihan Umum Ulang
Senin, 29 Maret 2021 - 10:39 WIB
Panglima Tertinggi Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing hari Sabtu lalu (27/3) mengatakan bahwa ...
Festival Film Tiongkok ke-6 Ditutup di Sri Lanka
Senin, 29 Maret 2021 - 10:39 WIB
Seiring dengan ditayangkannya film “Beginning of the Great Revival” di Stasiun TV Nasion...
PM Armenia Mengundurkan Diri
Senin, 29 Maret 2021 - 10:39 WIB
Xinhua: Perdana Menteri Armenia Nikol Vovayi Pashinyan pada hari Minggu (29/3) kemarin mengumumkan, ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV