Selasa, 16 Oktober 2018 | 11:52 WIB

Daftar | Login

MacroAd

Berita Mitra

Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan

Kamis, 17 Mei 2018 - 11:52 WIB   
Cermati.com - Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan
Cermati.com - Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan

Lancar tanpa adanya halangan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan harapan bagi semua orang yang mejalankannya. Terlebih lagi selama puasa, setiap umat islam dituntut menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar sampai matahari terbenam, bahkan di negara lain ada yang berpuasa lebih dari 12 jam. Dengan begitu, menjaga kesehatan menjadi salah satu yang perlu diperhatikan.

Pada umumnya, seseorang yang tidak memperhatikan kesehatannya bisa saja akan mengalami penurunan daya tahan tubuh yang menyebabkan virus akan lebih mudah menyerang tubuh dan akibatnya tubuh menjadi lemas, mudah lelah hingga bisa jatuh sakit. Hal tersebut tentunya membuat ibadah puasa menjadi terganggu.

Jika sakit sudah menyerang, dari sinilah Anda akan baru menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan. Nah, berikut terdapat beberapa cara yang perlu diperhatikan saat menjaga daya tahan tubuh selama puasa Ramadhan.

 

1. Konsumsi Makanan Bergizi

makanan sehat
Konsumsi Makanan dan Minuman Bergizi

Mengingat saat berpuasa tidak boleh makan dan minum dalam waktu yang telah ditentukan, maka beberapa zat pada tubuh akan meningkat daripada biasanya. Sehingga bagi orang yang menjalankan puasa sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi yang bisa menopang kebutuhan zat pada tubuh tetap terpenuhi.

Nah, zat tersebut diantaranya mineral, berbagai macam vitamin mulai dari vitamin C, D dan E yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, menyerap kalsium serta mineral, tetap menjaga kelembapan kulit, dan sebagai antioksidan

Selain itu, agar energi tetap terjaga maka tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein tinggi pada saat sahur dan berbuka puasa. Misalnya saja, berbagai macam sayuran, telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

Jangan lupa seimbangkan dengan mengkonsumsi buah-buahan segar. Hal ini juga sangat penting dilakukan, yaitu selain sebagai penambah vitamin yang dibutuhkan, pencernaan juga akan tetap lancar walau sedang berpuasa.

2. Minum Air Putih dengan Cukup

air putih
Jangan Lupa Minum Air Putih dengan Cukup

Saat berpuasa tentu harus menahan haus dari terbitnya fajar hingga matahari tenggelam. Memang bukan waktu yang tidak sebentar, maka minum air putih yang cukup perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan tidak terjadi dehidrasi.

Bagaimana mengaturnya kalau sehari diperlukan minimal delapan gelas air putih? Tidak perlu khawatir, Anda bisa terapkan pola 242, yaitu minum dua gelas air putih pada saat sahur, empat gelas saat berpuka puasa dan dua gelas sebelum tidur malam. Dengan begitu, cairan pada tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: Begini Caranya Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

3. Waktu Istirahat yang Cukup

istirahat
Atur Waktu Istirahat dengan Cukup

Saat berpuasa, biasanya orang menggunakan waktu pagi hingga sore untuk melakukan berbagai macam aktivitas di luar rumah terutama di kantor, waktu malamnya dimanfaatkan beribadah dan waktu sepertiga malam untuk makan sahur. Namun, bukan berarti Anda tidak memperhatikan waktu istirahat karena terlalu banyak aktivitas tanpa istirahat juga akan membuat daya tahan tubuh menjadi cepat lelah. Maka Anda harus pandai mengatur waktu agar aktivitas, beribadah dan istirahat yang cukup bisa seimbang sehingga puasa akan berjalan dengan lancar.

4. Tetap Berolahraga

olahraga
Rutin Olahraga

Masih banyak orang yang beranggapan kalau berolahraga saat berpuasa takut badan menjadi lelah, pegal-pegal, lemas dan sebagainya. Padahal dengan melakukan olahraga, badan akan terasa lebih segar, bugar dan tentunya daya tahan tubuh tetap terjaga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup yang ringan saja seperti peregangan tubuh, yoga, jalan dan sebagainya. Akan lebih baik, jika olahraga dilakukan dengan rutin di pagi hari.

Baca Juga: Tetap Semangat dan Sehat Saat Puasa, Ini Dia Caranya

5. Pilih Makanan yang Bersih

jajanan
Perhatikan Kebersihan Makanan

Biasanya orang yang sedang berada dalam perjalanan sering mengabaikan kebersihan saat membeli makanan untuk berbuka puasa. Tanpa berpikir panjang, apa yang dilihat dan menggugah selera pasti langsung dibeli.  Padahal sebelum membeli makanan tersebut sangat perlu diperhatikan kebersihannya. Jika tidak, bisa saja makanan tersebut jadi sumber penyakit. Nah, sebaiknya hindari makanan yang tidak bersih tersebut. Sebelum membeli minimal perhatikan kebersihannya dengan melihat lingkungannya bersih atau tidak, makanan tersebut terbungkus atau tidak.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Mengingat saat bulan puasa tentunya akan menjalankan rutinitas yang seperti biasanya bahkan ada rutinitas tambahan yang tidak diduga. Dengan begitu membutuhkan zat yang lebih banyak dari biasanya, maka lakukanlah pola hidup sehat agar kesehatan tetap terjaga. Cukup dengan perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, rutin berolahraga, dan atur waktu istirahat dengan baik.

Jangan sampai Anda termasuk orang yang menyepelekan pentingnya menjaga daya tahan tubuh karena bisa berdampak buruk pada kesehatan sehingga bisa saja mudah terserang berbagai macam penyakit. Akhirnya segala aktivitas menjadi terganggu dan ibadah puasa menjadi tidak lancar.

Baca Juga: 6 Tips Hemat Selama Puasa

 
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aktual Dalam Negeri | 15 Oktober 2018 - 11:36

TNI bantu bersihkan IAIN dari lumpur pascatsunami

Politik | 14 Oktober 2018 - 18:38

Muhaimin ajak wujudkan politik santun

Liga lainnya | 14 Oktober 2018 - 16:49

Ada apa dengan Der Panzer?

Megapolitan | 02 Juli 2018 - 13:47

Jakarta Karnaval usung tema Asian Games

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com