Selasa, 14 Agustus 2018 | 16:02 WIB

Daftar | Login

banner kuping banner kuping
Macro Ad

Berita Mitra

Bagi Pasangan Muda, Inilah Cara yang Benar saat Mengelola Keuangan

Kamis, 17 Mei 2018 - 11:52 WIB   
Cermati.com - Bagi Pasangan Muda, Inilah Cara yang Benar saat Mengelola Keuangan
Cermati.com - Bagi Pasangan Muda, Inilah Cara yang Benar saat Mengelola Keuangan

Bagi pasangan yang baru saja menikah, tentu akan mengalami berbagai macam kebiasaan baru yang akan mewarnai kehidupan rumah tangganya. Hal yang sangat wajar terjadi mengingat sebagai pasangan baru akan menyatukan dua pemikiran yang berbeda saat menyelesaikan berbagai macam masalah rumah tangga, salah satunya saat mengelola keuangan.

Keuangan merupakan hal yang sangat penting dicermati sejak awal membina rumah tangga. Bisa saja Anda maupun pasangan memiliki kebiasaan yang bertolak belakang dalam membelanjakan uang atau pendapatan. Sementara di dalam rumah tangga, tentu saja hal seperti ini harus dibicarakan terlebih dahulu karena berbagai kebutuhan Anda dan pasangan akan berubah setelah menikah.

Jika masing-masing pendapatan tidak dikelola dengan baik, maka bisa saja akan mengalami kondisi keuangan yang buruk dikemudian hari. Segera cek kembali apakah pengelolaan keuangan yang sudah berjalan sudah benar atau belum. Jika masih ditemukan kendala, berikut ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar keuangan tetap aman.

 

1. Tentukan Kebutuhan Prioritas

diskusi
Lakukan Diskusi dengan Pasangan untuk Menentukan Kebutuhan Prioritas

Kebutuhan prioritas setiap rumah tangga mungkin saja akan berbeda-beda. Namun, tidak perlu khawatir akan kesulitan mana kebutuhan yang harus diprioritaskan. Pengelompokkan berbagai macam kebutuhan bisa dilakukan terlebih dahulu sebelum akhirnya menambahkan kebutuhan pendukung lainnya. Misalnya saja, prioritaskan pembayaran tagihan dan cicilan, setelah itu dilanjutkan dengan pembelanjaan kebutuhan.

Segera lakukan diskusi kecil bersama pasangan untuk membahas soal ini agar tidak ada satu kebutuhan yang terlewatkan atau terlupakan. Lakukan pengecekan secara rutin sehingga bisa lebih mudah mengatur keuangan.

2. Susun Anggaran Bulanan

anggaran bulanan
Susun Anggaran Bulanan dengan Baik

Sebuah anggaran keuangan akan membantu mengalokasikan pendapatan dengan tepat sasaran. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dengan pendapatan, sehingga berbagai tujuan keuangan bisa tercapai dengan baik di masa yang akan datang.

Sebagai pasangan muda harus memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan dengan tepat. Hal ini bisa diawali dengan cara menyusun sebuah anggaran keuangan yang efektif. Anda dan pasangan tentu akan memiliki sejumlah penghasilan tetap bulanan, sehingga penting untuk menghitung semua pendapatan dan pengeluaran selama satu bulan penuh. Lakukan hal ini dengan cermat bersama pasangan, sehingga semua kebutuhan bisa dicatat secara rinci.

3. Tunjuk Bendahara dan Juru Bayar

pasangan muda (2)
Tentukan Bendahara dan Juru Bayar

Bukan hanya membuat anggarannya saja, pasangan baru juga harus memilih seorang bendahara keluarga. Hal ini akan memudahkan proses pengelolaan keuangan yang masuk dan pembelanjaan sehingga semua bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan berdua.

Selain bendahara, pasangan juga harus memilih juru bayar sejak awal. Tujuan agar terhindar dari kelalaian dan kerepotan saat menangani berbagai macam pembayaran. Dengan begitu, pembayaran tagihan rutin bisa diatasi dengan cepat dan tepat waktu.

Baca Juga: 5 Trik Mencegah Masalah Keuangan bagi Pengantin Baru

4. Satukan Pendapatan atau Bagi Pengeluaran

tabungan bank
Satukan Penghasilan di Rekening yang Sama atau Berbagi Tanggung Jawab

Anda dan pasangan bisa saja menyatukan semua gaji atau pendapatan bulanan di dalam sebuah rekening yang sama. Hal ini akan membuat pengelolaan keuangan bisa berjalan dengan mudah dan baik.

Ada opsi lain yang bisa dilakukan, yaitu berbagi tanggung jawab pengeluaran, di mana masing-masing gaji akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan yang telah ditetapkan saat diskusi bersama pasangan sejak awal .

Sebagai contoh, pendapatan suami digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih diprioritaskan seperti pembayaran cicilan rumah atau mobil, tagihan listrik dan air, sedangkan gaji istri hanya untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendukung lainnya misalnya kebutuhan dapur, transportasi dan sebagainya.

5. Sisihkan Dana Tabungan dan Investasi

emas dan uang
Sisihkan Sekian Persen untuk Tabungan dan Investasi

Selain berbagai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, Anda dan pasangan juga wajib menyisihkan sekian persen dari penghasilan bulanan untuk dialokasikan ke dana investasi dan tabungan. Dengan begitu, akan menjamin keamanan keuangan dan menambah jumlah kekayaan di masa yang akan datang.

Sebelum melakukannya, sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu ke berbagai sumber agar terhindar dari jasa penyelenggara tabungan atau investasi bodong yang tentu saja bisa merugikan. Pilihlah wadah tabungan dan investasi dengan tepat.

6. Komunikasi dan Evaluasi

diskusi
Jangan Lupa Selalu Komunikasikan Setiap Kendala dan Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Pengelolaan keuangan setelah menikah akan sangat berbeda dengan ketika belum menikah. Anda dan pasangan akan mengelola keuangan bersama, jadi sangat penting untuk selalu berkomunikasi dan saling terbuka soal permasalahan yang dialami. Tujuannya agar lebih mudah mengatasi berbagai masalah di dalam keuangan dan permasalahan rumah tangga lainnya secara keseluruhan.

Jangan lupa lakukan evaluasi secara berkala terhadap keuangan secara berkala, terutama jika mengalami kendala dalam menjalankan anggaran keuangan. Segera perbaiki sistem keuangan yang salah sehingga keuangan bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan dan Cara Mengubahnya

Lakukan dengan Tepat Sejak Awal

Walau sebagai pasangan baru tentu saja harus upayakan mengatur keuangan dengan tepat sejak awal. Lakukan komunikasi dengan pasangan saat membuat anggaran keuangan setiap bulannya. Sehingga keuangan rumah tangga pada kondisi yang aman dan dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga

 
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Megapolitan | 13 Agustus 2018 - 16:46

Dinas Kesehatan: Waspadai Ispa selama kemarau

Hukum | 13 Agustus 2018 - 12:15

KPK periksa Dirjen Perimbangan keuangan Kemenkeu

Pendidikan | 11 Agustus 2018 - 10:37

Dispar: Pariwisata sektor terbesar kedua sumbang devisa

Pemilihan Presiden 2019 | 10 Agustus 2018 - 10:32

Demokrat pastikan ikut daftar ke KPU

Aktual Dalam Negeri | 09 Agustus 2018 - 17:07

Kemhan: Dua pesawat Sukhoi-35 tiba tahun depan

Sosbud | 06 Agustus 2018 - 20:35

Menteri ESDM sarankan masyarakat gunakan gas kota

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com