Selasa, 14 Agustus 2018 | 16:02 WIB

Daftar | Login

banner kuping banner kuping
Macro Ad

Berita Mitra

Pernikahan agung Meghan Markle dan Pangeran Harry: Panduan lengkap untuk Anda

Kamis, 17 Mei 2018 - 13:38 WIB   
BBC Indonesia - Pernikahan agung Meghan Markle dan Pangeran Harry: Panduan lengkap untuk Anda
BBC Indonesia - Pernikahan agung Meghan Markle dan Pangeran Harry: Panduan lengkap untuk Anda

Ratusan juta mata di seluruh tampaknya akan mengarah ke Inggris pada Sabtu 19 Mei, untuk menyaksikan anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang menikahi aktris Amerika Serikat.

Pernikahan bagai dunia dongeng ini memang telah dibayangkan oleh banyak pengamat kerajaan namun masih ada sejumlah pertanyaan yang muncul, yang mungkin tidak terpikirkan oleh seorang warga Inggris sekalipun.

Orang-orang di bagian dunia lain yang tertarik untuk menyaksikannya mungkin akan masih punya sejumlah pertanyaan. Dan panduan berikut mungkin bisa membantu.

Siapa kah sebenarnya kedua mempelai itu ?

Pangeran Harry merupakan cucu laki-laki Ratu Elizabeth II dari pasangan Prince Wales dan almarhum Lady Diana, Princess of Wales. Dia akan menikah dengan bintang Hollywood, Meghan Markle.

Dia berada di urutan ke enam tahta Inggris sementara Meghan menjadi terkenal karena perannya di drama TV, Suits.

Keduanya dikenalkan oleh teman bersama mereka pada tahun 2016 dan Harry menyatakan keseriusannya dalam sebuah acara memanggang ayam pada suatu malam.

Kapan pernikahan itu berlangsung ?

Pangeran Harry dan Meghan Markle rencananya akan menikah pada hari Sabtu, 19 Mei 2018.

Pemberkatan pernikahan berlangsung pukul 12.00 siang hari waktu setempat di Kapel St George, Kastil Windsor, sekitar 40km di arah barat London.

Jadi jika Anda ingin menonton di Jakarta berarti pukul 18.00 WIB sementara di Sydney, Australia, pada pukul 21.00 malam waktu setempat sedang di ibu kota Amerika Serikat, Washington, jam 07.00 pagi.

Namun di Hawaii, orang-orang yang ingin menyaksikan pernikahan itu sudah harus bangun pukul 01.00 subuh.

Prince Harry, Meghan Markle
Getty Images
Pasangan berbahagia ini mengumumkan pertunangan pada hari Senin, 27 November 2017.

Bagaimana menyaksikan pernikahan agung ini ?

Siaran TV BBC akan menyiarkan langsung acara pernikahan itu dan Anda juga bisa mendengarkan lewat BBC World Service Radio.

Adapun BBC News Indonesia akan melaporkannya dengan halaman Live yang melaporkan perkembangan aktual secara terus-menerus dari waktu ke waktu.

Wartawan BBC News Indonesia, Liston P Siregar -yang juga meliput perkawinan Pangeran William dan Kate Middleton tahun 2011 lalu- akan membantu peliputan khusus tersebut dari salah satu tempat yang disediakan untuk para wartawan, tak jauh dari Kastil Windsor.

Anda tentu juga bisa mengikuti perkembangannya lewat Halaman Facebook, Twitter, dan Instagram BBC News Indonesia.

Sedangkan jika Anda berada di Inggris namun tidak datang langsung ke Windsor, jangan khawatir karena boleh dikata semua media akan meliputnya secara langsung.

Ascot Landau carriage
Reuters
Pengantin baru akan menaiki kereta yang akan membawa mereka kirab di jalan-jalan di Windsor.

Seperti apa prosesi pernikahan kerajaan?

Setelah pemberkatan nikah di Kapel St George selesai, maka pengantin baru akan melakukan kirab: pawai kereta di sekitar Kastil Windsor, salah satu tempat kediaman resmi Ratu Elizabeth.

Pasangan sudah memilih kereta Ascot Landau untuk parade itu, yang juga digunakan untuk acara-acara resmi dan upacara kenegaraan.

Iring-iringan akan berakhir di St Georges Hall, aula pertemuan di kastil, dengan sekitar 600 tamu undangan untuk makan siang yang diselenggarakan oleh eyang puteri, Ratu Elizabeth II.

Malam harinya, kedua mempelai pengantin baru ini akan bergerak ke salah satu gedung di dekat Kastil Windsor, Frogmore House, untuk merayakan pernikahan bersama 200 teman terdekat mereka.

Gedung itu dulu menjadi latar belakang dalam foto pertunangan mereka.

Frogmore House
PA
Resepsi Harry-Meghan dengan undangan teman-teman dekatnya akan dilakukan di Frogmore House, kediaman dari abad ke 17 di Berkshire.

Apa menariknya untuk saya ?

Apakah Anda sangat romantis? Apakah Anda menangis di acara pernikahan? Apakah Anda mengikuti gaya hidup orang kaya dan terkenal?

Jika Anda menjawab ya, maka kemungkinan besar Anda akan mengikuti pernikahan ini dengan seksama karena jelas pernikahan kerajaan merupakan peristiwa cinta dengan tradisi ratusan tahun yang masih diupayakan untuk dipertahankan di zaman modern ini.

Terlepas apakah negara Anda kerajaan atau tidak -atau bahkan jika Anda tidak mendukung monarki- siapa pula yang tidak suka dengan kemeriahan, romansa, dan kemewahan?

Tapi jika Anda memang tidak mau memperdulikannya, maka lebih baik untuk menjauh dari media, termasuk media sosial.

Apakah saya bisa datang ke Windsor dan men yaksikan langsung?

Jika Anda tidak diundang dan memaksa masuk ke Kastil Windsor pada Sabtu 19 Mei, maka sudah pasti Anda akan ditangkap dan dijebloskan ke penjara.

Namun Anda tetap bisa berkumpul dengan ribuan orang lain di tepi jalan, menyaksikan layar TV besar sambil menunggu parade pasangan pengantin baru setelah pemberkatan pernikahan selesai.

Bagaimanapun bersiap-siaplah untuk antri sejak pagi dan kemungkinan besar harus berdiri selama beberapa jam, atau bisa juga masuk ke pub di sekitar Windsor untuk duduk tentang menyaksikan lewat layar TV sambil menikmati minuman ringan, kopi, teh Inggris atau bir asli Inggris yang disebut ale .

Union Jack flag outside Windsor Castle
Getty Images
Upacara akan dilakukan di siang hari di Kapel St George, Kastil Windsor.

Apakah kegiatan lain di Inggris akan terhenti?

Tidak, tetapi jangan mencoba untuk jalan-jalan di Windsor pada hari pernikahan itu kecuali Anda memang suka berada di tengah-tengah kerumunan orang.

Ini adalah acara besar yang ditayangkan di TV pada hari Sabtu sehingga banyak warga Inggris yang akan tetap melakukan kegiatan yang biasa mereka lakukan pada akhir pekan sambil, mungkin, sesekali melihat ke telepon genggamnya.

Dan bagi para penggemar sepak bola, ada pula peristiwa yang mungkin lebih penting bagi mereka pada sore itu: Final Piala FA antara Chelsea dan Manchester United, yang berlangsung di Stadion Wembley, London utara.

Berapa banyak orang akan menonton pernikahan ini ?

Pada tahun 2011, tercatat 24 juta orang Inggris menonton langsung siaran TV pernikahan Pangeran William dan Kate, yang menjadikannya sebagai salah satu dari 10 program TV yang paling banyak ditonton dalam sejarah Inggris.

Namun masih lebih banyak lagi orang Inggris yang menonton Final Piala Dunia 1966 (32,3 juta) yang berlangsung di London dan pemakaman Putri Diana pada tahun 1997 (32,1 juta).

Tetapi di zaman digital sekarang ini, terdapat begitu banyak cara untuk menonton sehingga jumlah keseluruhan penonton yang menggunakan berbagai platform BBC saat perkawinan William-Kate tahun 2011, mencapai 34 juta

Sedang di seluruh dunia, jumlah pemirsa bisa mencapai ratusan juta orang, seperti yang diperkirakan juga akan terjadi pada pernikahan Harry dan Meghan.

BBC membebaskan pajak TV bagi masyarakat yang mengadakan pesta nonton bersama di tempat-tempat komersial dan pemerintah memperpanjang waktu operasi pub pada malam hari -yang biasanya harus tutup pukul 23.00- baik sebelum maupun sesudah upacara.

Akan seperti apa upacaranya?

Ratu Inggris sekaligus merupakan pimpinan Gereja Anglikan Inggris, yang dulu memisahkan diri dari Gereja Katolik.

Ini berarti anggota Keluarga Kerajaan diharapkan menjadi anggota aktif gereja dan Meghan telah dibaptis masuk ke dalam Gereja Inggris pada bulan Maret oleh Justin Welby, yang menjabat Uskup Agung Canterbury atau pemimpin teologis Geraja Anglikan Inggris.

Welby juga yang akan memimpin upacara pernikahan, termasuk dalam pengucapan janji dari Book of Common Prayer , himne keagamaan, serta pembacaan Injil saat pemberkatan pernikahan.

Upacara juga akan menampilkan koor rohani Karen Gibson and The Kingdom Choir serta pemain cello, Sheku Kanneh-Mason, selain penampilan musik tradisional Inggris.

Diana , Charles
BBC
Putri Diana memakai Spencer Tiara milik keluarganya saat menikahi Prince of Wales tahun 1981

Apakah Meghan akan menjadi seorang putri?

Sebagai istri Pangeran Harry, maka Meghan Markle akan mendapat nama resmi Her Royal Highness Princess Henry of Wales, sebagai istri dari Prince Henry of Wales, nama resmi Pangeran Harry.

Sedangkan Putri hanya digunakan oleh orang-orang yang lahir dalam keluarga kerajaan.

Namun kemungkinan besar Ratu akan memberikan pasangan ini gelar Dukedom , sama seperti untuk abangnya, yaitu Duke of Cambridge dengan istri Duchess of Cambridge.

Begitu mereka mendapatkan Dukedom , maka Meghan pun akan menjadi seorang duchess .

Dulu, banyak orang yang menyebut isteri pertama Pangeran Charles sebagai Putri Diana walau secara resmi dia tidak bisa bergelar Putri melainkan Putri Wales, Princess of Wales. Setelah bercerai dari Pangeran Charles namanya berubah sedikit menjadi Diana, Princess of Wales.

Apakah Meghan akan memakai tiara?

Apapun gelarnya, Meghan tidak diragukan lagi akan memakai perhiasan kerajaan.

Ketika Diana meninggal, dia memberikan perhiasannya kepada kedua anak laki-lakinya untuk diberikan kepada istri mereka.

Duchess of Cambridge, istri Pangeran William, telah memakai sejumlah perhiasan tersebut pada acara resmi, selain menggunakan perhiasan milik Ratu lainnya.

People attending a party at the Ritz-Carlton hotel in Washington for the royal wedding of Prince William and Kate Middleton in 2011
Getty Images
Banyak orang di dunia akan mengadakan pesta bertema pernikahan kerajaan.

Siapa saja yang diundang?

Meskipun baru beberapa selebriti yang memastikan diri mereka diundang, ada sejumlah orang yang kemungkinan besar memang tercantum di daftar.

Sir Elton John telah membatalkan dua konsernya di sekitar tanggal tersebut karena bentrok jadwalnya. Dia mendendangkan lagi Candle in The Wind saat kebaktian pemakanan Lady Diana di Westminster Abbey, 6 September 1997.

Mel B mengisyaratkan bahwa ia dan anggota Spice Girls lainnya juga diundang.

Meghan adalah teman dekat petenis terkenal Serena Williams, jadi mungkin dia akan datang juga.

Adapun para tamu Pangeran Harry diperkirakan para anggota keluarga kerajaan yang sama dengan perkawinan pangeran William dulu akan muncul.

Selain ayah dan ibu tirinya, Duchess of Cornwall, anak-anak lain Ratu Elizabeth dan keturunan mereka -baik tante, paman, dan sepupu Pangeran Harry- kemungkinan besar juga akan hadir.

Ayah Meghan, Thomas Markle, awalnya dijadwalkan akan mendampinginya ke pelaminan namun berita terakhir menyebutkan mungkin tidak bisa datang karena alasan kesehatan.

Pensiunan ahli pencahayaan itu tinggal di Meksiko, tempat dia terlihat sedang membaca buku berjudul Images of Britain: A Pictorial Journey Through History di salah satu warung Starbucks setempat.

Ibunya, Doria Radlan, juga diperkirakan akan hadir.

Sekitar 1.200 anggota masyarakat -yang sebagian masuk dalam daftar karena kegiatan kemanusiaan mereka- juga diundang untuk menyaksikan upacara di halaman Kastil Windsor.

Harry, William
Getty Images
Lebih 24 juta warga Inggris menonton langsung pernikahan Pangeran William dan Kate pada tahun 2011 di TV.

Yang tidak diundang?

Apakah Presiden Amerika Serikat Donald Trump diundang?

Mantan pengusaha itu -yang pernah bercanda bahwa dia akan sangat menikmati jika sempat berkencan dengan ibu Harry, Diana- tidak diundang namun pendahulunya, Barack Obama, yang berteman dengan Pangeran Harry, masuk dalam daftar undangan.

Namum memang tidak ada undangan untuk para pemimpin politik dan pemerintahan sehingga Kantor Perdana Menteri Inggris menjadi lega karena tidak perlu menjelaskan hal tersebut ke Gedung Putih.

Dengan demikian Perdana Menteri Theresa May dan pimpinan kelompok oposisi, Jeremy Corbyn, juga tidak diundang.

Saudara tiri Meghan dari pernikahan pertama ayahnya, hampir pasti juga tidak masuk dalam daftar tamu.

Siapa pendamping pengantin ?

Pangeran William sudah memastikan akan menjadi pendamping dalam pernikahan adiknya, yang menjadi pendampingnya saat pernikahannya tahun 2011 lalu.

"Balas dendam memang manis," kata Pangeran William.

Meghan tidak akan diikuti pendamping utama dan semua pendamping lainnya adalah anak-anak, kata Istana Kensington.

Bagian komunikasi istana, Jason Knauf, mengatakan Meghan memiliki sekelompok teman dekat dan dia tidak ingin harus memilih satu dari mereka.

Apakah ada aturan tempat duduk?

Anggota keluarga terdekat akan duduk di tempat yang paling dekat ke pasangan kerajaan saat mereka mengucapkan janji pernikahan.

Ketika Pangeran William menikahi Kate di tahun 2011, ibu Kate, Carole Middleton, yang duduk di samping Ratu.

Beatrice
Getty Images
Pernikahan William dan Kate diramaikan dengan sejumlah topi yang lain dari yang lain.

Mengapa tamu perempuan memakai topi pada pernikahan kerajaan?

Sejumlah topi menarik yang dipakai tamu pernikahan kerajaan -termasuk di Kastil Windsor- mungkin merupakan adalah hadiah terbaik yang diberikan Inggris kepada dunia.

Dari mana asal tradisi ini?

Selama berabad-abad, perempuan menutupi rambut mereka di depan umum untuk menyatakan kerendahan hati namun kebiasaan ini menghilang di tahun 1950-an walau perempuan tetap menutup rambut mereka pada acara khusus, seperti di gereja.

Aturan kerajaan menyebutkan semua anggota perempuan keluarga kerajaan harus menutupi kepala mereka pada acara resmi dan Meghan tampaknya telah melanjutkan tradisi tersebut.

Bagaimana dengan resepsinya?

Kemungkinan besar para tamu tidak perlu membeli minuman dan makanan.

Anda di Indonesia -dan beberapa negara Asia lain- mungkin merasa pernyataan itu aneh tapi bukan hal yang aneh bahwa dalam pesta pernikahan di Inggris, para tamu mendapat minuman dan makanan terbatas. Jika ingin tambah, maka disediakan pojok tempat Anda bisa membeli minuman dan jajanan.

Meskipun menu resmi makan siang dan malam untuk perkawinan Harry-Meghan belum diumumkan, kemungkinan besar minuman sampanye tidak akan terbatas.

Saat ini terdapat delapan pembuat sampanye yang memiliki stempel kerajaaan.

Ratu menyediakan sampanye Bollinger pada pernikahannya dulu, tetapi merek yang lebih digemari saat ini adalah Moet & Chandon dan Veuve Clicquot, yang juga memiliki stempel kerajaan.

Mengapa warga Amerika yang membuat kue?

Meghan tidak mengikuti salah satu tradisi pernikahan kerajaan dengan menghidangkan kue buah.

https://www.instagram.com/p/BgiuY1UA3GK/?utm_source=ig_embed

Dia sengaja menekankan asal usul Amerika Serikat-nya dengan menunjuk koki terkenal AS, Claire Ptak, sebagai pembuat kue pernikahan bergaya klasik yang berwarna putih.

Sama seperti Meghan, Claire juga dibesarkan di California dan tinggal di London.

Tokonya di Hackney, London timur, diberi nama Violet Cakes dengan mengandalkan bahan organik yang tergantung pada musim. Claire dilaporkan juga menyiapkan kue elderflower jeruk yang akan mewakili rasa musim semi.

Kue itu akan ditutupi buttercream dan dihiasi bunga segar, demikian diumumkan Istana Kensington.

DJ atau Band?

BBC menduga band apa yang akan tampil dalam acara resepsi selepas pemberkatan nikah.

Rumor yang beredar menyebutkan Spice Girls diundang dengan kemungkinan Two Become One akan menjadi lagu pilihan dansa pertama bagi pasangan suami istri ini.

Berada juga kabar bahwa Sir Elton John yang mungkin akan tampil menyanyikan Can You Feel The Love Tonight .

Kami tidak memiliki informasi daftar lagu yang akan dimainkan tetapi koran Inggris, Sun, melaporkan keduanya memilih lagu Whitney Houston, I W anna Dance With Somebody untuk mengawali pesta.

Kate Middleton, Prince William kiss
BBC
Pangeran William menjadi pendamping adiknya, apakah ini untuk membalas budi Pangeran Harry?

Apa perbedaannya dengan pernikahan Duke dan Duchess of Cambridge?

Dari urutannya, Pangeran Harry lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi Raja Inggris, dibandingkan dengan Pangeran William sehingga pernikahannya dengan Meghan Markle tidak akan semeriah pernikahan abangnya itu.

Misalnya saja terkait dengan tanggal pernikahan.

Pangeran William menikah dengan Kate pada hari Jumat, 29 April 2011, yang membuat pemerintah mengatakan hari itu sebagai hari libur resmi agar orang dapat menonton upacara di rumah masing-masing.

Namun tak ada hari libur tambahan bagi warga Inggris karena pernikahan Pangeran Harry akan dilakukan pada hari Sabtu, 19 Mei, yang memang merupakan hari libur di Inggris.

Harry dan Meghan juga tidak menikah di Westminster Abbey, katedral terkenal yang menjadi tempat sejumlah pernikahan kerajaan, termasuk saudara laki-lakinya, tante dari pihak ayah, salah satu paman dari pihak ayah dan tentunya neneknya, Ratu Elizabeth II.

Namun upacara Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menjadi acara yang lebih akrab di Kapel St George, yang hanya menampung sekitar 800 tamu, sementara Westminster Abbey dapat diisi oleh 1.900 orang.

***

Laporan Robin Levinson-King

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Megapolitan | 13 Agustus 2018 - 16:46

Dinas Kesehatan: Waspadai Ispa selama kemarau

Hukum | 13 Agustus 2018 - 12:15

KPK periksa Dirjen Perimbangan keuangan Kemenkeu

Pendidikan | 11 Agustus 2018 - 10:37

Dispar: Pariwisata sektor terbesar kedua sumbang devisa

Pemilihan Presiden 2019 | 10 Agustus 2018 - 10:32

Demokrat pastikan ikut daftar ke KPU

Aktual Dalam Negeri | 09 Agustus 2018 - 17:07

Kemhan: Dua pesawat Sukhoi-35 tiba tahun depan

Sosbud | 06 Agustus 2018 - 20:35

Menteri ESDM sarankan masyarakat gunakan gas kota

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com