PSBB DKI, penumpang Bandara Soetta dan Halim wajib tahu 5 aturan ini
Elshinta
Selasa, 15 September 2020 - 08:25 WIB |
PSBB DKI, penumpang Bandara Soetta dan Halim wajib tahu 5 aturan ini
Ilustrasi: Petugas memeriksa kesehatan calon penumpang sebelum pemberangkatan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (15/5/2020). Foto: Antara.

Elshinta.com - PT Angkasa Pura II memberlakukan protokol kesehatan yang ketat di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma seiring penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan mewajibkan setiap penumpang memperhatikan lima hal pokok.

“Protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma dijalankan secara ketat sesuai regulasi yang ada. Di tengah PSBB DKI Jakarta ini, kami juga mengimbau agar penumpang pesawat mengetahui sejumlah hal yang perlu diperhatikan untuk membantu kelancaran penerbangan,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Senin (14/9).

Bagi penumpang pesawat yang berangkat atau tiba di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma berikut lima hal yang harus diperhatikan:

Pertama, penumpang pesawat rute domestik yang ingin terbang wajib membawa surat hasil rapid test atau tes PCR yang berlaku maksimal 14 hari pada saat keberangkatan dan saat ini tidak dibutuhkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Kedua, penumpang rute internasional yang ingin terbang diimbau kontak maskapai atau kedutaan negara tujuan untuk mengetahui berbagai persyaratan perjalanan.

Ketiga, penumpang rute internasional yang mendarat di Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma harus membawa hasil tes PCR dari negara keberangkatan. Apabila tidak membawa, akan dilakukan tes PCR Test saat tiba dan penumpang akan dikarantina hingga hasil tes keluar.

Keempat, penumpang rute domestik dan penumpang rute internasional yang baru mendarat wajib sudah mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan (Health Alert Card/HAC) melalui aplikasi e-HAC atau formulir kertas.

Kelima, penumpang pesawat akan melalui pemeriksaan suhu tubuh menggunakan pemindai suhu, pemeriksaan surat hasil tes cepat/tes PCR,  pemeriksaan barang bawaan, meja check in untuk penerbitan boarding pass, dan pemeriksaan surat hasil tes cepat/tes PCR, pemeriksaan boarding pass untuk naik pesawat, dan pemeriksaan e-HAC bagi penumpang yang baru mendarat.

“Dengan memperhatikan lima hal pokok tersebut, maka penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma dapat membantu kelancaran penerbangan di tengah masa PSBB DKI Jakarta,” ujar Awaluddin, dikutip Antara.

Di samping hal-hal pokok tersebut, penumpang pesawat wajib memperhatikan informasi mendasar lainnya seperti kewajiban memakai masker saat berada di bandara dan ketika naik pesawat, menerapkan jaga jarak,  serta harus selalu terinformasi mengenai operasional penerbangan seperti jika ada perubahan jadwal keberangkatan pesawat.

Penumpang pesawat juga hendaknya mengetahui ketentuan di masa PSBB DKI Jakarta misalnya terkait dengan penggunaan mobil pribadi dan transportasi publik.

Bagi penumpang pesawat yang melintasi lalu lintas Jakarta dengan mobil pribadi harus memperhatikan bahwa kapasitas maksimal hanya boleh diisi dua orang per baris kursi, kecuali satu domisili.

Sementara itu bagi penumpang pesawat yang melintasi lalu lintas Jakarta dengan transportasi publik harap diperhatikan untuk mempersiapkan keberangkatan sedini mungkin karena dilakukan pembatasan kapasitas, pengurangan frekuensi layanan dan armada.

Adapun AP II juga mengimbau agar penumpang pesawat sesering mungkin mencuci tangan dengan penyanitasi tangan dan menggunakan sabun serta air mengalir di wastafel yang tersebar di sejumlah titik di bandara.

Secara rutin juga dilakukan disinfeksi terhadap fasilitas dan setiap area di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma. (Anj/Der)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Wapres berharap tren K-pop dorong kreativitas anak muda Indonesia
Minggu, 20 September 2020 - 13:29 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma`ruf Amin berharap tren Korean pop atau K-pop dapat mendorong munculnya kr...
Wapres mengapresiasi 100 tahun kedatangan orang Korea di Indonesia
Minggu, 20 September 2020 - 12:56 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma`ruf Amin mengapresiasi peringatan 100 tahun kedatangan orang Korea di Ind...
Kasad beri arahan RSPAD terus gelar donor plasma konvalesen lanjutan
Minggu, 20 September 2020 - 11:50 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa memberikan arahan agar Rumah Sakit Pu...
KKP lakukan langkah jamin keamanan mutu produk perikanan
Minggu, 20 September 2020 - 09:39 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan telah melakukan langkah prioritas untuk menjamin...
Hujan diperkirakan guyur Jakarta pada Minggu siang hingga petang
Minggu, 20 September 2020 - 08:10 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Minggu (20/9), memprakirakan sebagai wilayah DKI...
Ini jawaban KKP soal larangan ekspor produk perikanan ke Tiongkok
Minggu, 20 September 2020 - 06:39 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjawab pemberitaan larangan ekspor produk perikanan ke Ti...
Ini kanal pengaduan terkait penerapan PSBB di perkantoran di DKI
Jumat, 18 September 2020 - 20:45 WIB
Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta membuka kanal pelaporan atau pengaduan yang...
Perkembangan COVID-19 di Jakarta per 18 September 2020
Jumat, 18 September 2020 - 20:26 WIB
Pemprov DKI Jakarta terus memassifkan tes PCR untuk menemukan kasus baru secara cepat agar dapat seg...
1.066 Pasien isolasi mandiri huni Tower 5 Wisma Atlet
Jumat, 18 September 2020 - 15:12 WIB
Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Kolonel Marinir Aris Mudian mengatakan ada 1...
Operasi Yustisi di Mampang Prapatan jaring 100 pelanggar PSBB Jakarta
Jumat, 18 September 2020 - 09:39 WIB
Operasi Yustisi pendisiplinan protokol kesehatan oleh tiga pilar Kecamatan Mampang Prapatan, menjari...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV