Menko Airlangga paparkan empat strategi perbaiki iklim investasi RI
Elshinta
Rabu, 16 September 2020 - 15:27 WIB |
Menko Airlangga paparkan empat strategi perbaiki iklim investasi RI
Sejumlah alat berat beroperasi di pembangunan akses Jalan Tol Trans Jawa di sekitar wilayah Kawasan Industri Terpadu Batang, di Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (26/8/2020). Foto: Antara.

Elshinta.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan empat strategi dan kebijakan yang akan dilakukan pemerintah dalam rangka memperbaiki iklim investasi di Indonesia.

Menurut dia, strategi dan kebijakan ini dilakukan karena Indonesia memiliki peluang besar untuk menggantikan posisi Tiongkok sebagai tujuan investasi dari hubungan rantai pasok baru di pasar global.

"Untuk mengatasi tantangan eksternal dan internal guna menangkap peluang realokasi dari Tiongkok ke Asia Tenggara, maka pemerintah menyadari pentingnya peningkatan iklim investasi dan daya saing Indonesia," katanya dalam acara HSBC Economic Forum di Jakarta, Rabu (16/9).

Airlangga merinci strategi pertama adalah segera menyelesaikan pembahasan RUU Cipta Kerja dengan DPR RI karena terdapat hal-hal yang disasar seperti penciptaan lapangan kerja, peningkatan kompetensi pencari kerja, dan kesejahteraan pekerja.

Kemudian, juga mengenai peningkatan produktivitas kerja serta investasi sehingga transformasi ekonomi melalui RUU Cipta Kerja diharapkan mengeluarkan Indonesia dari jebakan negara berpendapatan menengah.

Strategi kedua adalah menyusun daftar prioritas investasi yang tidak hanya dengan pendekatan picking the winners namun juga mencakup bidang-bidang usaha yang akan diberikan fasilitas baik perpajakan maupun nonperpajakan.

Kriteria bidang usaha yang akan diberi fasilitas antara lain industri yang berorientasi ekspor, substitusi impor, padat karya, padat modal hightech dan berbasis digital.

"Diharapkan dengan daftar prioritas investasi ini dapat menarik investasi yang bukan hanya besar tapi juga berkualitas dan mampu menciptakan lapangan kerja," ujarnya.

Strategi ketiga adalah melakukan pengembangan koridor di sepanjang Pulau Jawa bagian utara dalam rangka penguatan pengembangan industri dan konektivitas transportasi serta logistik.

Airlangga menyebutkan koridor Jawa merupakan penyumbang 38,7 persen dari total produk domestik bruto (PDB) nasional dan 53,56 persen terhadap total sektor industri nasional.

Pengembangan koridor ekonomi di Jawa bagian utara diharapkan dapat mendorong pemanfaatan kawasan industri sebagai pusat pengungkit pertumbuhan ekonomi baru untuk mendukung investasi di sektor industri perdagangan dan jasa.

Tak hanya itu, pengembangan ini juga diharapkan mampu meningkatkan ekspor melalui peningkatan daya saing industri interkoneksi supply chain dan meningkatkan value chain.

"Sekaligus mengintegrasikan kawasan industri dengan sistem pengembangan infrastruktur transportasi dan logistik," ujarnya.

Strategi keempat adalah menyusun inisiatif pembangunan superhub sebagai sentra produksi perdagangan teknologi dan keuangan karena saat ini terdapat lima potensi superhub di Indonesia.

Lima potensi superhub tersebut yakni koridor Bali-Nusa Tenggara, Sulawesi Utara, Batam-Bintan-Karimun-Tanjung Pinang, kawasan ibu kota negara di Kalimantan Timur, dan kawasan segitiga rebana di Jawa Barat.

"Pengembangan industri berbasis kluster melalui superhub di daerah-daerah tersebut diharapkan bisa meningkatkan pemerataan ekonomi antardaerah," katanya, dikutip Antara. (Anj/Der)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
PMI Kota Magelang wujudkan kepedulian lewat pembagian sayuran
Minggu, 20 September 2020 - 14:51 WIB
Palang Merah Indonesia Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah mewujudkan kepedulian di tengah pandemi C...
Polres Batola lakukan patroli gabungan
Minggu, 20 September 2020 - 14:45 WIB
Sat Sabhara Polres Batola Polda Kalsel, dalam kegiatan patroli sekala besar tim pendisiplinan dalam ...
Langkah nyata karantina pertanian Tarakan sukseskan P2L di Kaltara
Minggu, 20 September 2020 - 13:38 WIB
Pangan merupakan kebutuhan esensial dan ketersediaannya harus berkelanjutan dengan kondisi aman dan ...
14 daerah di Nusa Tenggara Timur berisiko hadapi kekeringan
Minggu, 20 September 2020 - 13:10 WIB
Sebanyak 14 daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur berisiko menghadapi kekeringan menurut pejabat Ba...
Pekanbaru tambah 200 tenaga kesehatan dan bangun laboratorium
Minggu, 20 September 2020 - 12:29 WIB
Pemerintah Kota Pekanbaru di Provinsi Riau akan menambah 200 tenaga kesehatan dan membangun laborato...
Penghapusan pelajaran sejarah cara membutakan generasi dari masa lalu NKRI
Minggu, 20 September 2020 - 12:11 WIB
Rencana penghapusan mata pelajaran sejarah oleh Menteri Pendidikan RI Nadiem Anwar Makarim mendapatk...
Kelahiran dua anak badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon
Minggu, 20 September 2020 - 10:29 WIB
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional 2020 meng...
Hari kelima Operasi Yustisi, petugas gabungan masih ditemukan warga langgar protokol kesehatan
Minggu, 20 September 2020 - 09:50 WIB
Sebanyak 148 warga terjaring razia masker yang dilaksanakan petugas gabungan Polresta Cirebon, Kodim...
FKPPI diharapkan jadi pelopor penegak disiplin protokol kesehatan
Minggu, 20 September 2020 - 09:26 WIB
Komandan Kodim 0203/ Langkat Letkol Inf Bachtiar Susanto membuka secara resmi Rapat Kerja Cabang-1 P...
Forkopimca Secanggang sosialisasi protokol kesehatan di Pasar Desa Selotong
Minggu, 20 September 2020 - 09:10 WIB
Polsek Secanggang, Polres Langkat, Sumatera Utara, Koramil 08 Secanggang dan Pemerintah Kecamatan Se...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV