Wapres: Pengeluaran untuk produk halal capai 2,4 triliun dolar di 2024
Elshinta
Kamis, 28 Oktober 2021 - 00:01 WIB |
Wapres: Pengeluaran untuk produk halal capai 2,4 triliun dolar di 2024
Tangkapan layar Wakil Presiden Republik Indonesia Ma\'ruf Amin dalam Opening ISEF 2021 di Jakarta, Rabu (27/10/2021). ANTARA/Sanya Dinda.

Elshinta.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan jumlah masyarakat muslim dunia berpotensi terus meningkat dengan pengeluaran mereka untuk produk halal bisa mencapai 2,4 triliun dolar AS pada 2024.

Menurutnya, berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy pada 2019 jumlah masyarakat muslim dunia mencapai 1,9 miliar orang dengan total pengeluaran mereka untuk produk halal mencapai 2,02 triliun dolar AS.

"Potensi ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh Indonesia dengan mengambil peran sebagai produsen produk halal dunia melalui peningkatan ekspor produk halal guna memenuhi permintaan produk halal global. Posisi ekonomi dan keuangan syariah Indonesia di tataran global saat ini cukup menggembirakan dan mendapat apresiasi dunia," kata Ma'ruf Amin dalam acara pembukaan Indonesia Sharia Economics Festival (ISEF) 2021 yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, berdasarkan laporan State of The Global Islamic Economy 2021, indikator ekonomi syariah Indonesia terus membaik dan pada 2020 Indonesia berhasil menduduki peringkat keempat dunia di bawah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

"Laporan ini merupakan referensi penting bagi negara-negara dunia khususnya anggota OKI (Organisasi Kerjasama Islam) untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah ke depan," terang Ma'ruf.

Indikator yang menjadi penilaian lembaga tersebut antara lain keuangan syariah, pariwisata ramah muslim, industri fesyen muslim, obat-obatan halal, kosmetik halal, dan produk makanan halal.

Dari indikator-indikator ekonomi syariah tersebut, posisi ekonomi dan keuangan syariah Indonesia rata-rata masuk dalam peringkat 10 besar dan dua di antaranya berhasil masuk peringkat lima besar dunia, yaitu makanan dan minuman halal serta fesyen atau pakaian muslim.

"Melihat capaian prestasi tersebut bukan hal yang tidak mungkin dan sangat berpeluang bahwa Indonesia menjadi negara nomor satu dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, dan menjadi lead pada sektor industri halal di masa yang akan datang," ucapnya.

Menurut Ma'ruf, peluang Indonesia tersebut didukung oleh potensi yang dimiliki dan keberhasilan yang dicapai. Ia mencatat pangsa pasar keuangan syariah Indonesia per Desember 2020 telah mencapai 9,89 persen yang menandakan peningkatan.

"Ini diharapkan dapat terus meningkat untuk mengejar negara besar lain yang punya market share ekonomi syariah lebih dari 10 persen," ucapnya.

Di samping pangsa pasar keuangan syariah yang besar, Indonesia juga telah menetapkan perizinan tiga kawasan industri halal yaitu Modern Cikande Industrial Estate di Serang, Banten, Halal Industrial Park di Sidoarjo, Jawa Timur, dan KIH Bintan Inti Halal Hub.

"Indonesia juga memiliki pangsa pasar yang cukup besar dibandingkan negara-negara dunia atau capai 17 persen dari total konsumsi makan dan minuman halal dunia," katanya.

Ma'ruf menambahkan bahwa industri halal di Indonesia juga berpotensi terus berkembang karena konsep ekonomi dan keuangan syariah bersifat inklusif. Ekonomi dan keuangan syariah bahkan telah menjadi gaya dan pilihan hidup masyarakat nasional dan global.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
PVMBG: Abu vulkanik Gunung Semeru bisa tersebar lebih jauh
Minggu, 05 Desember 2021 - 10:07 WIB
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan bahwa material lontaran seukuran ...
BMKG perkirakan puncak musim hujan pada Januari 2022
Minggu, 05 Desember 2021 - 09:43 WIB
Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, BMKG, Ben Arthe...
Polda Jatim kerahkan ratusan personel bantu warga terdampak Semeru
Minggu, 05 Desember 2021 - 07:11 WIB
Kepolisian Daerah Jawa Timur mengerahkan ratusan personel ke Kabupaten Lumajang untuk membantu prose...
Puluhan warga terdampak Semeru mengungsi di Balai Desa Sumberwuluh
Minggu, 05 Desember 2021 - 07:05 WIB
Puluhan warga mengungsi di Balai Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang letusan ...
Pemkab Lumajang butuh relawan untuk evakuasi warga terdampak Semeru
Minggu, 05 Desember 2021 - 06:15 WIB
Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, membutuhkan bantuan tenaga sukarelawan untuk mengevakuasi...
Pemkot Bandung siapkan skema penutupan beberapa ruas jalan saat Nataru
Sabtu, 04 Desember 2021 - 21:20 WIB
Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021, jelang Natal 2021 dan Tahun ...
Polri sosialisasikan pengangkatan 57 eks pegawai KPK pekan depan
Sabtu, 04 Desember 2021 - 21:09 WIB
Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mensosialsiasikan Peraturan Polri (Perpol) tenta...
Kemenkes: Pasien COVID-19 bertambah 246 orang jadi 7.632 kasus aktif
Sabtu, 04 Desember 2021 - 19:47 WIB
Kementerian Kesehatan mencatat pasien COVID-19 di Indonesia mengalami tambahan 246 orang sehingga sa...
PUPR segera perbaiki jembatan gantung penghubung dua kecamatan
Sabtu, 04 Desember 2021 - 18:56 WIB
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Cianjur, Jawa Barat, segera memperbaiki jembatan gant...
Jadi wirausaha muda pemula, 12 pemuda Kota Bandung dapat apresiasi
Sabtu, 04 Desember 2021 - 18:37 WIB
Sebanyak 12 pemuda Kota Bandung memperoleh apresiasi karena dinilai mempunyai kapasitas sebagai pemu...
InfodariAnda (IdA)