Multimedia / Audio
Penggabungan Pelindo untuk memberikan keuntungan sebanyak-banyaknya bagi negara
Elshinta
Selasa, 14 September 2021 - 16:11 WIB | Penulis : Haryo Ristamaji | Editor : Haryo Ristamaji
Penggabungan Pelindo untuk memberikan keuntungan sebanyak-banyaknya bagi negara

”Dua per tiga Indonesia adalah air, yang kita sering tidak sadar dua pertiga Indonesia adalah air sepertiganya daratan, oleh sebab itu konsentrasi kita sekarang ada di air di pelabuhan, karena kita adalah negara kepulauan,” demikian Presiden RI Joko Widodo yang menekankan pentingnya pelabuhan sebagai sebuah sarana strategis, karena Indonesia adalah negara yang sebagian besar diliputi lautan.

Sejalan dengan itu, pemerintah melakukan pembenahan di bidang kepelabuhanan. Pemerintah telah resmi mengumumkan rencana penggabungan atau merger empat BUMN pelabuhan yakni, PT Pelindo I (Persero), PT Pelindo II (Persero), PT Pelindo III (Persero), dan PT Pelindo IV (Persero). Merger rancananya  secara resmi akan dilakukan pada 1 Oktober 2021. Kedepan, perusahaan yang akan menaungi ke empat BUMN itu adalah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Masyarakat menyambut gembira dan memberi harapan lebih dengan dilakukannya merger tersebut.

”Saya menyambut baik merger Pelindo I sampai IV, kami berharap tentunya dikelola secara konsisten agar masyarakat juga mendapat pelayanan yang memuaskan dari PT Pelindo,” demikian Willem warga Kota Sorong, Papua Barat.

Sementara itu, Fajar Safari seorang pengusaha asal Aceh yang dimintai tanggapannya juga oleh Elshinta menilai baik usaha penggabungan ini.

”Jelas! hal ini akan membuat Pelindo lebih efisien dalam menjalankan roda bisnisnya, sehingga memiliki daya saing tinggi. Sebagai perusahaan garda terdepan bagi pintu masuk nasional maupun internasional, Pelindo dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat luas. Sukses buat Pelindo, Pelindo untung, negara untung,” demikian seorang pengusaha asal Tanah Rencong yang memiliki gelar Tengku.

Demikian pandangan dan tanggapan warga dari ujung Timur dan Barat Indonesia, secara umum memberikan catatan masalah pelayanan.

Dengan sinergi dan terintegrasinya pelabuhan, pemerintah berharap dapat mengoptimalkan pelayanan pelabuhan dari Timur ke Barat wilayah Indonesia. Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, pada priode ini pemerintah telah berhasil menyatukan hati dan visi dari masing-masing Pelindo dan merger ini diharapkan dapat meningkatkan posisi Pelindo sebagai operator terminal peti kemas terbesar ke-8 di dunia.

”Mereger Pelindo I-IV merupakan satu rencana yang sudah sangat lama diharapkan terjadi dan ini sudah beberapa periode diupayakan, Alhamdulillah di periode ini kita telah berhasil menyatukan hati dan menyatukan visi untuk Pelindo bersatu,” ungkap Kartika Wirjoatmodjo.

Pemanfaatan teknologi digital, akan menjadi basis peningkatan kualitas Pelindo dalam standar operasional pelabuhan dan akan terus bertansformasi untuk mencapai target sebagai operator pelabuhan kelas dunia. Teknologi digital merupakan teknologi yang sistem operasinya berjalan secara otomatis dengan menggunakan sistem komputerisasi sehingga hasilnya akan lebih efisien dan terintegrasi. Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono juga mengatakan, untuk menjadi kelas dunia diperlukan performance yang baik.

”Dalam hal ini akan sangat sangat bagus apabila terminal dari ujung ke ujung mempunyai performence yang sama, mempunyai akun manager  yang sama, servicenya sama, standarnya otomatis akan sama, dan akan mempermudah customer,” demikian Arif Suhartono.

Apa yang dinyatakan Arif menjawab keinginan warga Banyuasin, Sumatera Selatan yang dimintai tanggapan atas penggabungan empat BUMN pelabuhan tersebut.

”Sinergi ini bagus karena lebih efisien dan masyarakat gak ribet lagi, kalau mau berurusan dengan pelabuhan juga sudah lebih gampang,  tidak perlu kesana kesini lagi. Sudah 1 pintu atau urusannya lebih lebih mudah,” demikian Tianto warga Banyuasin, Sumatera Selatan.

Pasca merger Pelindo I hingga Pelindo IV, rencananya akan ada empat perusahaan dengan fungsi yang berbeda, masing-masing di sektor kontainer, non container, logistik dan marine services. Sejalan dengan itu pemerintah menargetkan Pelindo dapat masuk daftar 10 teratas pelaku container.

Dibalik itu semua, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan pengelolaan BUMN ini dilakukan tidak lain agar memberikan keuntungan yang sebanyak-banyaknya untuk penerimaan negara.

”Kita harus menjadikan BUMN ini perusahaan negara yang memberikan deviden sebanyak-banyaknya (untuk negara), dan tidak lupa public service,” ungkap Etho, sapaan akrab Erick Thohir.

Kita berharap, dengan dilakukannya merger ini, dapat berhasil sesuai tujuannya yakni Pelindo mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. (Haryo Ristamaji)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Buntut cuitan `Bisakah polisi se-Indonesia diganti satpam Bank`
Selasa, 19 Oktober 2021 - 09:50 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari meminta Polri untuk melakukan tindakan tegas terhadap oknum ...
Polisi gerebek kantor pinjol ilegal
Jumat, 15 Oktober 2021 - 09:36 WIB
Pihak kepolisian menggerebek ruko yang diduga sebagai kantor pinjaman online ilegal di Tangerang, Pr...
Mendikbud resmi cabut izin pendirian ITM
Selasa, 12 Oktober 2021 - 09:15 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim secara resmi mencabut pendirian Institut Teknologi Medan (ITM). Keputusan t...
Densus 88 menemukan bahan peledak di Gunung Cermai
Rabu, 06 Oktober 2021 - 10:17 WIB
Tim Densus 88 Antiteror menemukan bahan peledak TATP seberat 35 kilogram di Gunung Cermai, Majalengk...
Mensos marah-marah, Pakar: Sebaiknya itu tidak dilakukan
Senin, 04 Oktober 2021 - 11:03 WIB
Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo memandang aksi marah-marah ...
Bali akan kembali di buka?
Selasa, 28 September 2021 - 09:21 WIB
Pemerintah terus menyiapkan sektor pariwisata Bali untuk kembali di buka setelah ditutup akibat pand...
Cuti bersama 2022 masih menunggu perkembangan Covid 19
Kamis, 23 September 2021 - 09:50 WIB
Pemerintah belum menetapkan cuti bersama 2022 karena kondisi pandemi virus corona (Covid-19) yang be...
Persiapan PON XX Papua
Rabu, 22 September 2021 - 09:53 WIB
Perhelatan Pekan Olahraga Nasional ke 20 (PON XX) Papua akan di gelar pada 2 - 15 Oktober 2021 menda...
Penggabungan Pelindo untuk memberikan keuntungan sebanyak-banyaknya bagi negara
Selasa, 14 September 2021 - 16:11 WIB
”Dua per tiga Indonesia adalah air, yang kita sering tidak sadar dua pertiga Indonesia adalah air ...
Penyebab kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang
Kamis, 09 September 2021 - 08:46 WIB
Hasil Olah TKP Di Lapas kelas 1 Tangerang pihak kepolisian mengungkapkan kesimpulan sementara tentan...
Live Streaming Radio Network