Banner imlek 2020 Banner imlek 2020
Ekspos
Adikarya Wisata 2019 membangun daya saing kepariwisataan  
Elshinta
Sabtu, 07 Desember 2019 - 09:11 WIB | Penulis : Cucun Hendriana
Adikarya Wisata 2019 membangun daya saing kepariwisataan  
Anugerah Adikarya Wisata 2019. Foto: Elshinta.com/Reza Hardiyani

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKl Jakarta kembali menggelar Anugerah Adikarya Wisata 2019, penghargaan yang diberikan kepada bidang usaha pariwisata dan jasa terkait yang telah berkontribusi nyata dalam mempromosikan pariwisata Jakarta kepada masyarakat Indonesia dan turis asing.

Tahun 2019 ini merupakan tahun ke-21 penyelenggaraan, sejak penghargaan ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 1991.

Adikarya Wisata dilatarbelakangi oleh Kelapa Jaya, pelopor penghargaan di bidang pariwisata di lndonesia yang dimulai pada 1974. Penghargaan pariwisata tersebut diberikan kepada pelaku usaha di bidang pariwisata yang telah memberikan kontribusi besar dalam membangun kepariwisataan di DKI Jakarta pada saat itu. Penghargaan Kelapa Jaya berakhir pada tahun 1989 dan berganti nama menjadi Adikarya Wisata pada tagun 1991, dengan penyempurnaan konsep dan standar kualitas penilaian.

Adikarya Wisata 2019 merupakan penghargaan yang dilaksanakan secara berkala setiap 2 tahun.

“Adikarya Wisata merupakan salah satu acara yang paling dinantikan dan menjadi kebanggaan untuk pelaku usaha, institusi, dan tenaga kerja pada usaha pariwisata untuk memacu daya saing dan untuk meningkatkan kualitas. Acara ini juga menjadi pembuktian dan harapan baru untuk pariwisata Jakarta,” ujar Alberto Ali, Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Jumat.

Penghargaan Adikarya 2019 menetapkan 31 kategori penghargaan dari 13 bidang industri pariwisata dan industri pendukung pariwisata untuk tahun ini. Kategori tersebut adalah Akomodasi, Restoran, Jasa Boga/Catering, Bar & Lounge, Spa, Hiburan & Rekreasi, Kawasan Pariwisata, Usaha Jasa Pariwisata, Maskapai Penerbangan, Transportasi Darat, Atraksi Buatan, Diklat Pariwisata, dan Media Elektronik.

Sejumlah 155 pelaku usaha, usaha jasa, institusi, atau perusahaan menjadi nominasi pada penghargaan ini setelah melewati seleksi dan penjurian. Dewan juri terdiri dari pakar di bidang pariwisata, dosen, dan hotelier yang sepakat untuk meneruskan semangat mempromosikan kota Jakarta dengan memilih pelaku usaha, usaha jasa, institusi, dan tenaga kerja yang mampu berkontribusi nyata serta memberikan solusi kreatif dan inovatif.



“Proses penilaian dilakukan sejak Maret 2019 oleh tim khusus yang menilai dari berbagai aspek, contohnya administrasi, penilaian kinerja, interview, customer review, company visit, hingga kontribusi terhadap pariwisata dan kebudayaan. Keteraturan dan kedisiplinan juga masuk ke dalam kriteria penilaian tim juri yang melakukan survei langsung ke lokasi,” kata Thamrin Bachri, Ketua Juri Adikarya Wisata 2019.

Menurutnya, metode penilaian anugerah Adikarya Wisata 2019 terdiri dari tiga tahap, yaitu pre-evaluation, evaluation, dan final evaluation. Pada tahap pre-evaluation, juri menilai data pendukung dan kelengkapan administratif, kemudian pada tahap evaluation menilai infomasi primer seperti integrasi desk study, melakukan interview, dan mempertimbangkan customer review. Sementara itu, pada tahap final evaluation juri menilai data faktual dan verifikatif.

“Aspek penilaian juga meliputi dedikasi pelaku usaha terhadap penyelenggaraan usaha yang sesuai dengan aturan, prestasi pelaku usaha dalam penyelenggaraan usaha, dan kontribusi pelaku usaha terhadap pembangunan industri pariwisata, pembangunan daerah, kemajuan masyarakat secara umum serta tanggung jawab sosial dari lingkungan,” sebutnya.

Adikarya Wisata 2019 juga dapat menjadi motivasi bagi para pelaku usaha di industri pariwisata untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas supaya dapat mempertahankan bahkan memperkuat branding “enjoy Jakarta”.

“Hotel yang bersih, ramah Iingkungan, ikut mendukung pelestarian budaya, hingga menyesuaikan service dengan kebutuhan konsumen merupakan bentuk kepedulian terhadap branding dan dapat membantu meningkatkan kepuasan turis yang berkunjung ke Jakarta,” demikian Thamrin Bachri.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Minerva Foods tingkatkan penetrasi daging sapi asal Brazil di pasar Indonesia
Kamis, 16 Januari 2020 - 13:54 WIB
Untuk semakin memperkenalkan aneka daging sapi import asal Brazil di pasar Indonesia, pada Rabu (15/...
Allianz komitmen bantu korban banjir
Kamis, 16 Januari 2020 - 13:37 WIB
Banjir yang melanda DKI Jakarta dan sejumlah provinsi lain di Jakarta membuat banyak pihak bergerak ...
Kopdar bersama Gadai MAS, Talkshow: Ada apa dengan Emas?
Senin, 16 Desember 2019 - 15:42 WIB
Dalam rangka mendukung program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait jasa keuangan di industri keuang...
Indonesia Travel and Tourism Awards 2019,beri penghargaan industri pariwisata
Jumat, 20 Desember 2019 - 09:23 WIB
Indonesia Travel and Tourism Awards yang sudah berjalan selama satu dekade, memberikan penghargaan d...
Adikarya Wisata 2019 membangun daya saing kepariwisataan  
Sabtu, 07 Desember 2019 - 09:11 WIB
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKl Jakarta kembali menggelar Anugerah Adikarya Wisata 2019...
Dukung UMKM naik kelas, BRI beri pelatihan kepada 10.000 pelaku UMKM
Kamis, 05 Desember 2019 - 10:30 WIB
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan komitmennya sebagai penggerak ekonomi kerak...
 Ini 6 produk skin care dasar yang wajib dimiliki para remaja pemula 
Kamis, 28 November 2019 - 18:29 WIB
Bagi para remaja memilih produk-produk skincare yang akan dipakai tentunya harus benar-benar selekti...
Dermaster Klinik Luncurkan Dermaline Mesotherapy
Rabu, 27 November 2019 - 17:49 WIB
Dermaster Klinik Indonesia meluncurkan perawatan terbarunya, Dermaline Mesotherapy, di Klinik Dermas...
Duta Kopi Kapal Api Global sebarkan pengetahuan kopi kepada pelajar SMA 
Jumat, 22 November 2019 - 19:01 WIB
Bertepatan dengan Penutupan AviCup 2019 SMA Avicenna Jakagarsa, Kapal Api Global menyelenggarakan Co...
Dorong UMKM naik kelas, Bank BRI gelar pelatihan 10.000 UMKM
Jumat, 22 November 2019 - 17:00 WIB
Untuk mendorong UMKM naik kelas, Bank BRI menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘Pelatihan 10.000 UMK...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV