Ekspos
BAZNAS luncurkan buku Pemberdayaan Perternak
Elshinta
Senin, 16 November 2020 - 20:21 WIB | Penulis : Widodo
BAZNAS luncurkan buku Pemberdayaan Perternak

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan acara bedah buku Panduan Program Balai Ternak BAZNAS dan Materi Pendampingan. Buku ini berisi tahapan umum program pemberdayaan peternak mustahik dan panduan teknis pelaksanaan setiap tahapan program. Sedangkan buku Materi Pendampingan berisi materi tentang pengetahuan dan pemahaman program BAZNAS dan konsep program Balai Ternak. 

Digelar secara online melalui kanal youtube BAZNAS TV, Jumat, (16/10) hadir dalam acara tersebut, Anggota BAZNAS, Ir. Nana Mintarti, MP, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Ir. Sugiono, MP, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Dr Irfan Syauqi Beik PhD, Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS, drh. Ajat Sudarjat, Pendamping Program Balai Ternak BAZNAS, Indra Sofwatama, S.Pt dan Gagan Setiawan, S.Pt.

Dalam sambutannya, Nana Mintarti mengatakan bahwa pemberdayaan peternak adalah konsep yang fundamental yang bisa mendorong berjalannya program dengan baik serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan ekonomi mustahik. 

“Diharapkan bagi teman-teman pendamping dengan adanya buku ini dapat menjadi pegangan menjalankan program sehingga terwujudnya aspek kelembagaan peternak, basis perubahaan sosial, kontribusi secara nasional, dan semua peternak dapat akses yang sama baik keilmuan, sosial, dan kelembagaan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Sugiono menyampaikan apresiasinya kepada BAZNAS yang terus bergerak maju dalam meningkatkan kesejahteraan bagi peternak. 

“Melalui dukungan dari BAZNAS dengan pemberdayaan peternak ini, tentunya dapat meningkatkan populasi nasional. Dunia peternakan menjadi salah satu sektor ekonomi di masa depan yang menunjang perekenomian Indonesia,” katanya.

Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS, Ajat Sudarjat menambahkan bahwa Balai Ternak BAZNAS yang diinisiasi oleh BAZNAS ini menerapkan konsep peternakan dan pemberdayaan. 

“Dalam sektor peternakan menjalankan konsep pembiakan untuk peningkatan populasi dan menjaga stabilitas suplai ternak nasional dalam bentuk sentra produksi ternak dan peningkatan pendapatan peternak. Sedangkan konsep pemberdayaan melalui dana zakat meliputi kegiatan pendampingan dengan model pemberdayaan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Ajat  berharap dengan adanya Buku Panduan Program Balai Ternak BAZNAS dan Buku Materi Pendampingan ini dapat mewujudkan pencapaian tujuan Kemandirian Peternak Mustahik dari tiga aspek yaitu aspek ekonomi, kelembagaan dan mental spiritual.

Kumpulan Materi Pendampingan Program Balai Ternak BAZNAS terdiri dari 12 bab mulai dari membangun kemandirian secara lembaga melalui materi pada bab kelompok, keuangan, administrasi, koperasi, dan mengenai Lembaga BAZNAS. 

Selain itu juga berisi tentang bagaimana membangun kemandirian secara ekonomi melalui materi peternakan seperti manajemen kesehatan, manajemen reproduksi, pakan, dan pengolahan hasil peternakan. 

Terakhir juga membangun karakter dan peningkatan ibadah melalui materi mental spiritual, Agama Islam, dan lingkungan.

Balai Ternak BAZNAS merupakan program pemberdayaan peternak mustahik yang diinisiasi BAZNAS dalam meningkatkan perekenomian mustahik. Program Balai Ternak yang dikelola oleh Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) sudah memasuki tahun kedua. 

Pada fase ini, selain menjadi fase awal tahapan pertumbuhan, pengembangan usaha dan persiapan pemandirian, juga memasuki tahapan awal replikasi program di BAZNAS Provinsi dan BAZNAS kabupaten atau kota.  Balai Ternak BAZNAS saat ini tersebar di 11 kabupaten atau kota dengan total penerima manfaat sebanyak 456 peternak mustahik.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Logo baru, gebrakan Everwhite di awal tahun 2021
Jumat, 22 Januari 2021 - 18:21 WIB
Siapa sih yang tidak tahu brand skincare Everwhite. Pastinya hampir seluruh pencinta beauty local br...
Askrindo gandeng Baznas dalam penyaluran donasi program pendidikan dan kesehatan
Jumat, 22 Januari 2021 - 15:27 WIB
PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) kembali bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Bazna...
BPW PT Shafwah Global Utama terapkan 4 sifat Nabi dalam pelayanan
Rabu, 20 Januari 2021 - 16:13 WIB
PT Shafwah Global Utama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang biro perjalanan wisata k...
Waste4Change hadirkan jasa angkut dan daur ulang sampah di 10 kota di Indonesia
Kamis, 14 Januari 2021 - 15:31 WIB
Terhitung sejak Januari 2021, Waste4Change resmi hadir di 9 kota dan 1 provinsi di Indonesia yaitu D...
Depot air minum jadi salah satu usaha yang tahan goncangan di saat pandemi
Selasa, 12 Januari 2021 - 18:25 WIB
Angka positif Covid-19 yang tak kunjung mereda membuat pemerintah pusat memutuskan menerapkan kebija...
Dulu pengamen, Indra Kenz rilis video clip dengan budget miliaran!
Selasa, 12 Januari 2021 - 18:20 WIB
Influencer sekaligus pengusaha bernama Indra Kenz, di usianya yang masih muda, telah cukup makan asa...
Ini kisah jatuh bangun Linda Wan bergelut di bisnis kecantikan
Selasa, 12 Januari 2021 - 18:17 WIB
Pengusaha wanita bernama Linda Wan ini lahir di Surabaya, pada tanggal 11 Oktober 1989. Ia adalah ib...
Gandeng Kadin Kota Bandung, Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) resmikan Cafe Lupba
Senin, 11 Januari 2021 - 15:50 WIB
Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) kembali meluncurkan program pemberdayaan UMKM Alumi Unpad. Kali ini be...
`Tribute to Our Heroes`, PT Santos Jaya Abadi dan Kapal Api Global bagikan 10.000 bingkisan untuk tenaga medis 
Selasa, 05 Januari 2021 - 14:42 WIB
Bertempat di Rumah Sakit Darurat COVID 19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (4/1), PT Santos Ja...
Tingkatkan kompetensi karyawan, Bank DKI hadirkan learning center
Selasa, 29 Desember 2020 - 20:42 WIB
Elshinta.com - Bank DKI secara resmi mengoperasikan Learning Center sebagai fasilitas pendidikan dan...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV