Ekspos
Abbott Panbio hadirkan alat antigen yang nyaman dan tidak invansif 
Elshinta
Jumat, 04 Juni 2021 - 11:14 | Editor : Sigit Kurniawan
Abbott Panbio hadirkan alat antigen yang nyaman dan tidak invansif 
Sumber foto: https://bit.ly/2Wvqu00/elshinta.com.

Salah satu proses pencegahan penularan Covid-19 ialah dilakukannya metode swab antigen, terutama pada pelaku perjalanan antar-kota antar-provinsi. Metode swab antigen bertujuan untuk mencari/mendeteksi adanya protein dari virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19. 

Selain mengungkapkan bila seseorang terinfeksi patogen seperti virus SARS-CoV-2, rapid test antigen juga bisa digunakan sebagai tes skrining, sehingga tindakan pencegahan penularan infeksi dapat segera dilakukan. 

Proses pengambilan sampel sekresi dalam rapid test antigen dengan memasukan alat tes yang cukup panjang sampai ke bagian paling atas tenggorokan yang posisinya di belakang hidung memang sering dikeluhkan oleh banyak pasien khususnya bagi yang baru pertama kali menjalani tes swab antigen. Sampel kemudian diletakan ke dalam botol untuk uji selanjutnya.

Pada kasus tertentu, sejumlah pasien bahkan mengalami luka berdarah pada hidung pascates swab antigen berlangsung. Tidak heran kalau proses tersebut bisa menimbulkan trauma tersendiri, apalagi bagi anak-anak yang kulit hidungnya relative lebih sensitif dibandingkan orang tua.

Melihat fakta tersebut, Abbott Panbio antigen nasal dikembangkan sebagai alat usap yang tidak invansif karena pengambilan sampel hanya dilakukan sedalam 2cm dari permukaan lubang hidung.

Alat rapid tes Panbio COVID-19 Ag adalah alat uji aliran lateral untuk deteksi cepat kualitatif virus SARS-CoV-2 yang andal, praktis dan terjangkau. Panbio COVID-19 Ag bertanda CE, telah menerima Emergency Use Listing (EUL) atau Daftar Penggunaan Darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sudah tentu telah memiliki ijin edar dari Kemenkes hingga memenuhi syarat penggunaan yang ditetapkan oleh Kemenkes.

"Tes rapid Abbott Panbio antigen nasal tidak memerlukan instrumentasi dan memberikan hasil sekitar 15 menit. Dengan proses yang simple, alat ini sangat cocok untuk pengujian dalam skala besar pada berbagai keadaan dan kondisi masyarakat. Tes Panbio Covid-19 Ag telah digunakan secara luas di Eropa, Asia, dan Afrika," tulis Abbot Panbio dalam keterangan yang diterima redaksi elshinta.com, Jumat (4/6). 

Hasil studi klinis oleh Abbott terhadap 585 sampel menunjukkan bahwa uji Panbio COVID-19 Ag memiliki sensitivitas (kecocokan positif) sebesar 98,1?n spesifisitas (kecocokan negatif) 99,8% pada orang yang diduga terpapar Covid-19 atau mengalami gejala-gejala akibat virus tersebut dalam tujuh hari terakhir.

Salah satu pengguna Abbot Panbio antigen nasal, Tri Laksono, karyawan swasta asal Bogor, Jawa Barat mengakui, proses pengambilan sampel sekresi dengan alat dari Abbott Panbio antigen nasal ternyata tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Proses usap hidung untuk mengumpulkan spesimen tidak berlangsung invansif karena hanya membutuhkan pengambilan sampel sedalam 2cm dari permukaan lubang hidung.

Tri hanya perlu memiringkan kepala ke belakang kira-kira 70 derajat, lalu kapas bertangkai dimasukkan ke lubang hidungnya sambil diputar dengan hati-hati sampai kedalaman lebih kurang 1 inci (sekitar 2cm). Setelah itu ia rasakan kapas diputar lima kali mengelilingi dinding hidung. Dengan menggunakan kapas yang sama, prosedur diulangi pada lubang hidung kedua, sebelum akhirnya dikeluarkan dari lubang hidung secara perlahan. 

"Sebelumnya saya sudah beberapa kali melakukan swab test antigen, dan rasanya memang lebih sakit. Swab dengan Panbio nasal ini ternyata tidak sakit,” ujarnya.  

Tenaga kesehatan di Kemang, Jakarat Selatan, Hilda mengakui pengambilan sampel melalui metode nasal yang hanya sampai didindin hidung, lebih nyaman dibandingkan metode masofaring. Tenaga kesehatan pun dipermudah karena proses pengambilan sampel lebih cepat dan aman.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
HUT ke-5, Jakmall ajak masyarakat mulai bisnis Dropship
Selasa, 27 Juli 2021 - 21:24 WIB
Elshinta.com - Siapa bilang bisnis hanya dikhususkan untuk segelintir orang? Jakmall percaya bahwa ...
Jangan dibiarkan! Begini cara merawat rambut rontok agar lebih sehat!
Minggu, 25 Juli 2021 - 12:30 WIB
Rambut yang kurang terawat biasanya akan menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan rambut. Salah s...
Di tengah pandemi, Yeheskiel Zebua latih ribuan orang cara paling mudah untuk jualan online
Selasa, 20 Juli 2021 - 20:21 WIB
Seorang pengusaha muda dan penulis buku national best-seller, Yeheskiel Zebua melakukan sebuah terob...
Ungkap sosok yang bikin BM Prilly Latuconsina, netizen heboh
Kamis, 15 Juli 2021 - 13:30 WIB
Salah satu aktris muda yang semakin naik daun, Prilly Latuconsina, sempat membuat kaget para pengiku...
Terdesak masalah keuangan? lakukan tips ini saat ajukan pinjaman online agar tak merugi
Selasa, 13 Juli 2021 - 19:25 WIB
Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi dan akan terus meningkat kuantitasnya seir...
 Jangan panik! Ini tips aman memilih layanan pinjaman online untuk atasi masalah keuangan mendesak
Selasa, 13 Juli 2021 - 19:19 WIB
Tak ada yang bisa memperkirakan kapan kebutuhan mendesak akan datang menghadang. Beruntung jika masa...
Supertext suguhkan layanan SMSGroup atasi kesenjangan digital di Indonesia
Jumat, 09 Juli 2021 - 14:29 WIB
Layanan internet yang belum merata menjadi persoalan yang sampai saat belum terselesaikan. Masalah l...
Sukses bisnis di bidang kecantikan, Nanda Adi: Jangan pernah takut gagal
Kamis, 08 Juli 2021 - 20:12 WIB
Bisnis bisa dimulai sedini mungkin. Dengan berbisnis lebih cepat, akan banyak pelajaran yang bisa di...
HP lama ini masih layak dilirik, harganya turun banyak!
Sabtu, 03 Juli 2021 - 14:43 WIB
Apakah Anda ingin punya hp kelas high end bahkan flagship tapi budget tidak mencukupi? Jika beli hp ...
Artis Lesty Kejora ungkap perawatan badan jelang menikah
Sabtu, 03 Juli 2021 - 14:42 WIB
Lesty Kejora kembali menjadi trending topic ketika mengungkapkan rahasia perawatan badannya jelang p...
Live Streaming Radio Network