Senin, 10 Desember 2018 | 21:25 WIB

Daftar | Login

MacroAd

Ekspos

5 strategi pemasaran online untuk UKM

Selasa, 07 Agustus 2018 - 14:56    |    Penulis : Dewi Rusiana

Jumlah pengguna internet di Indonesia selalu mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet Indonesia pada tahun 2017 mencapai angka 143,26 juta jiwa

Tingginya penetrasi internet di Indonesia menjadikan internet sebagai salah satu media pemasaran paling efektif saat ini. Selain efektif untuk menjangkau lebih banyak konsumen, pemasaran online juga lebih mudah untuk dievaluasi kinerjanya dibanding metode pemasaran konvensional lain. Kelebihan lainnya adalah pemasaran online juga relatif lebih murah.

Oleh karena itu, para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) disarankan untuk memanfaatkan potensi pemasaran online. Dengan budget yang relatif murah, pelaku UKM bisa memasarkan produknya ke seluruh Indonesia dan luar negeri secara efektif dan efisien.

Meskipun begitu, dibutuhkan strategi yang matang agar pelaku UKM bisa memanfaatkan potensi pemasaran online secara maksimal. 

1. Buat Website

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat website. Pelaku UKM perlu membangun eksistensi yang kuat di dunia maya dan hal itu dapat dicapai dengan website. 

Konsumen akan lebih mudah menemukan produk UKM yang memiliki website di hasil pencarian. Selain itu, website juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen kepada UKM. Website juga memudahkan pelaku UKM untuk mengorganisir penjualan dibantu dengan platform analisis, yaitu Google Analytics.

Pelaku UKM bisa membeli hosting dan domain di perusahaan penyedia web hosting murah seperti Niagahoster. Di Niagahoster, pelaku UKM bisa memilih spesifikasi web hosting untuk website yang disesuaikan dengan kebutuhan UKM-nya.

2. Buat Blog Marketing

Setelah berhasil membuat website, langkah selanjutnya adalah memperkaya konten website. Pelaku UKM bisa membuat kanal blog marketing di websitenya dan menulis konten-konten yang berkaitan dengan produk yang dijual.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk mendatangkan konsumen dari organic search atau hasil pencarian. Banyak konsumen yang melakukan riset online terlebih dahulu sebelum kemudian menentukan produk mana yang akan dibeli. 

Dengan memiliki blog marketing yang kaya akan konten, pelaku UKM bisa menargetkan kata kunci yang sering dicari oleh konsumennya di mesin pencarian Google. 

3. Memaksimalkan Media Sosial

Langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah membangun eksistensi UKM di media sosial. Selain menjaring konsumen melalui hasil pencarian atau organic search, pelaku UKM harus bisa menarik perhatian konsumen melalui media sosial karena daya jangkaunya tidak main-main. 

Menurut laporan APJII, 87,13 persen pengguna internet di Indonesia memanfaatkan internet untuk mengakses media sosial. Oleh karena itu, pelaku UKM harus bisa menarik perhatian audiens di media sosial untuk kemudian diarahkan ke website yang sudah dibuat sebelumnya. 

4. Manfaatkan Situs Review

Pelaku juga perlu memanfaatkan situs-situs review produk dalam strategi pemasaran onlinenya. Terdapat berbagai situs review dari bermacam jenis produk. Biasanya satu jenis produk memiliki beberapa situs review yang dipercaya konsumen. 

Melalui situs review produk, pelaku UKM dapat memantau apa yang sedang tren di kalangan konsumen. Selain itu, pelaku UKM juga bisa memantau apakah produknya diulas secara positif atau negatif di situs-situs review tersebut. Jika ada konsumen yang mengulas produk secara negatif, pelaku UKM bisa segera menghubungi konsumen tersebut dan menyelesaikan permasalahan yang dialami konsumen. 

5. Manfaatkan Iklan Online
Strategi terakhir pemasaran online untuk UKM adalah memanfaatkan iklan online. Tersedia berbagai jenis iklan online yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UKM, dari Google Ads, Facebook Ads, Twitter Ads, hingga Instagram Ads. 

Pelaku UKM bisa menargetkan audiens iklan online disesuaikan dengan karakteristik calon konsumen yang spesifik. Dengan begitu, pelaku UKM bisa menjangkau calon konsumen yang memiliki minat dan kecenderungan untuk membeli produknya. 

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jika Anda juga ingin mempromosikan produk Anda di laman EKSPOS, hubungi Sales & Marketing Elshinta.com, via telepon (021) 584 2285.

elshinta.com
elshinta.com
   
Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com