Ekspos
Webinar Green Jobs: The future renewable energy wants you!
Elshinta
Rabu, 20 Juli 2022 - 10:51 | Editor :
Webinar Green Jobs: The future renewable energy wants you!

Selasa 19 Juli 2022, telah diselenggarakan webinar yang mengangkat tema “Green Jobs: The Future Renewable Energy Wants You!”.

Acara ini didukung penuh oleh PT PERSOLKELLY Recruitment Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan rekrutmen terbesar di Asia Pasifik yang menyediakan solusi tenaga kerja end-to-end yang komprehensif kepada klien.

Acara ini juga didukung bersama tiga partner lainnya yaitu dari PPSDM KEBTKE - BPSDM ESDM - Kementerian ESDM, Coaction Indonesia, dan PT Xurya Daya Indonesia.

Webinar ini dilatarbelakangi oleh naiknya tren minat masyarakat untuk terjun ke ranah pekerjaan yang ramah lingkungan atau disebut Green Jobs.

Naiknya tren ini harus diimbangi dengan pengetahuan yang sesuai dan pemahaman terkait kondisinya di Indonesia.

Menurut International Labour Organization (ILO), Green Jobs menjadi sebuah simbol dari perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan mampu melestarikan lingkungan, baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi di masa depan.

“Menurut ILO, mereka mencatat bahwa Green Jobs dapat menciptakan 24 Juta pekerjaan pada tahun 2030, ekonomi pasca COVID-19 juga memberikan manfaat di jangka pendek dan jangka panjang”. pada kata sambutan Bapak I Kadek Alamsta Suarjuniarta, selaku CEO PT Zona Media Pembaru atau zonaebt.com, Selasa  (19/7/2022).

Webinar yang digagas oleh zonaebt.com ini menghadirkan tiga pembicara utama dan satu penanggap yang mewakili keahlian di bidangnya seperti; Bapak Laode Sulaeman, S.T, M.T. selaku Kepala Pusat Pengembangan SDM Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi PPSDM KEBTKE - BPSDM ESDM, Kementerian ESDM,  Ibu Christina Nangoi selaku Manajer Konsultan Senior PERSOLKELLY Indonesia, dan Ibu Siti Koiromah Selaku Researcher Coaction.id. Webinar ini juga dilengkapi penanggap dari sektor industri Green Jobs bidang energi surya yaitu Bapak George Hadi Santoso dari PT Xurya Daya Indonesia.

“Harapan kami, melalui kegiatan webinar pagi ini, seluruh peserta dapat menerima manfaat dan ilmu bagi karir masa depannya nanti, khususnya yang akan terjun di bidang Green Jobs,” ucap Pak Framkie Khristoforus mewakili PERSOLKELLY Indonesia.

Sesuai dengan Clean Energy & NZE (Net Zero Emission) Scenario 2019-2030, akan terdapat 7 jenis pekerjaan baru di bidang Green Jobs. Sekitar 15 juta pekerjaan baru akan terbuka dan hampir 40?ri total pekerjaan akan mengalami transformasi menuju pekerjaan yang ramah lingkungan.

“Kita membutuhkan penguatan dari level skill kita untuk terjun ke Green Jobs ini, di mana 60?ri total pekerjaan akan membutuhkan tingkatan skill dari medium ke high level. Maka dari itu, penyiapan SDM yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam menyambut terbukanya pekerjaan baru di sektor Green Jobs ini,” ujar Bapak Laode Sulaeman, S.T, M.T.,  dalam pemaparan materi pada webinar ini.

Sektor pekerjaan yang ramah lingkungan akan berkontribusi pada lima hal utama yaitu melindungi dan memulihkan ekosistem; meningkatkan efisiensi energi dan bahan baku; membatasi emisi gas rumah kaca; mendukung adaptasi terhadap perubahan iklim; meminimalkan limbah dan polusi.

Beberapa fokus utama sektor di bidang Green Jobs salah satunya adalah energi terbarukan. “Energi terbarukan menciptakan lebih banyak tenaga kerja dengan jumlah kapasitas energi hampir sama dengan energi fosil,” lanjut Ibu Siti Koiromah pada pemaparan materi kedua.

“Generasi milenial masih mempunyai waktu untuk mempersiapkan diri untuk berinvestasi pada diri sendiri dalam mengembangkan kemampuannya, karena saat ini dibutuhkan transisi skill yang akan dibutuhkan pada sektor Green Jobs,” pungkas Ibu Christina Nangoi.

Kegiatan webinar ini berlangsung dengan interaktif dan antusiasme yang tinggi dari peserta, di mana dapat dilihat dari banyak peserta yang bertanya pada kegiatan ini. Setelah penyampaian ketiga materi, dilanjutkan dengan sesi penanggap dari Bapak George Hadi Santoso dari PT Xurya Daya Indonesia.

Pada akhir kegiatan, ditutup dengan games menarik untuk mengingatkan peserta kembali akan materi yang telah disampaikan. Terpilih 3 peserta yang berhasil memperoleh skor tertinggi pada games dan akan mendapatkan hadiah menarik dari zonabet.com dan PERSOLKELLY Indonesia.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan terkait sektor energi terbarukan sebagai salah satu sektor ramah lingkungan yang dapat menjadi pilihan karir masa depan generasi muda.

Peserta diharapkan memiliki ketertarikan lebih dan opsi pilihan pekerjaan ramah lingkungan untuk karir masa depan mereka.

Target   peserta   berupa   mahasiswa, para praktisi, dan kalangan pemuda lainnya   juga   diharapkan   mendapatkan  jaringan pekerjaan ramah lingkungan pada kegiatan ini.

Total peserta yang mendaftar di webinar ini sebanyak lebih dari 600 orang yang memiliki latar belakang beragam. Acara berlangsung melalui zoom meeting dan juga live streaming di channel youtube zonaebt.com.

 

Tentang zonaebt.com

zonaebt.com adalah platform media berbasis di Indonesia yang menghadirkan akses konten yang berfokus pada energi terbarukan, kendaraan listrik, bisnis berkelanjutan dan lingkungan. Memiliki tiga produk unggulan: Media Online, Green Jobs, Riset, dan Event Organizer.

 

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Sempat tertunda pandemi, 870 warga Tanah Bumbu akhirnya berangkat umroh 
Kamis, 29 September 2022 - 20:48 WIB
Jhonlin Group memberangkatkan ibadah umrah 870 warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel. Kloter pertama 27...
PT MPIP dan MPIS penuhi kewajiban komitmen kepada lebih dari 20% kreditur
Selasa, 27 September 2022 - 16:55 WIB
Sejak tahun 2020, di masa pandemi Covid 19 PT Mahkota Properti Indo Senayan masih terus bertahan. Pe...
`Work from Kosan`, kenali pentingnya koneksi internet yang lancar
Sabtu, 24 September 2022 - 11:13 WIB
Kecepatan jaringan internet menjadi andalan manakala sistem Work from Anywhere (WFA) kian digencarka...
Malaysia Healthcare, tawarkan paket perawatan di MH Expo Medan 2022
Jumat, 23 September 2022 - 23:27 WIB
Pameran Rumah Sakit Malaysia atau biasa disebut dengan “Malaysia Healthcare Expo 2022” (MH Expo ...
Epiroc fokus pada automasi, digitalisasi dan elektrifikasi di ajang Indonesia Mining 2022
Rabu, 21 September 2022 - 13:11 WIB
Teknologi masa depan dan automasi dalam dunia pertambangan, mineral dan konstruksi menjadi tema yang...
Usung <i>hybrid concept</i>, H-FAV Resto Bekasi resmi beroperasi
Senin, 19 September 2022 - 15:48 WIB
Mengusung hybrid concept dengan menyatukan empat konsep sekaligus di satu tempat, kehadiran H-Fav Re...
Hotel 88 Banjarmasin turut meriahkan hari jadi ke-496 Kota Banjarmasin
Senin, 19 September 2022 - 11:31 WIB
Menyambut hari jadi Kota Banjarmasin ke-496 yang jatuh pada tanggal 24 September 2022, banyak berbag...
Jusung-GRP teken MoU tender proyek strategis Nasional senilai USD310 juta 
Jumat, 16 September 2022 - 14:19 WIB
PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP) menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Jusung Engine...
Badan sehat, raih hadiah, ikuti Fun Bike Indomaret 2022
Senin, 12 September 2022 - 10:57 WIB
Hai sobat Indomaret, udah pada kangen belum bersepeda bareng Indomaret? Pastinya sudah tidak asing l...
Kreatif! Peserta Lomba Masak Indomaret Season-2 luar biasa
Selasa, 06 September 2022 - 13:37 WIB
  Mengulang sukses pada season-1, Indomaret menggelar Lomba Masak Season-2. Diikuti 910 peser...

InfodariAnda (IdA)