Ekspos
Peranan Google for Education dalam `Blended Learning`
Elshinta
Kamis, 06 Oktober 2022 - 20:06 | Editor : Sigit Kurniawan
Peranan Google for Education dalam `Blended Learning`
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Pada awal Maret 2020, Indonesia dihadapkan pada pandemi COVID-19 yang membuat pemerintah harus mengambil langkah tegas guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Salah satunya adalah dengan membuat kebijakan dalam sektor pendidikan di mana pembelajaran harus dilaksanakan dari rumah masing-masing. Hal ini sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Budaya Nomor 4 Tahun 2020 dan surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Budaya Nomor 15 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dan panduan penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat pandemi COVID-19. 

Salah satu upaya yang dilakukan berdasarkan kebijakan tersebut adalah diberlakukannya kegiatan belajar - mengajar jarak jauh yang disebut juga blended learning. Blended learning merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengatasi keterbatasan kegiatan belajar - mengajar antara pendidik dan peserta didik, terutama dalam hal ruang dan waktu. Dengan adanya blended learning, pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran tanpa harus berada di satu ruangan dalam waktu yang bersamaan. 

Layanan Google for Education mendukung kebijakan tersebut dengan menyediakan berbagai aplikasi pendidikan seperti Google Classroom, Google Meeting, Google Drive, dan aplikasi lainnya yang menunjang pembelajaran jarak jauh. Selain itu, penggunaan aplikasi ini dinilai lebih efisien bagi sistem pembelajaran. Untuk itu simak pembahasannya.

 

1. Google Classroom 

Google Classroom merupakan ruang kelas digital, yang dikembangkan oleh Google yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pendistribusian materi ataupun tugas - tugas belajar siswa. Selain itu Google Classroom juga dapat diakses dengan mudah melalui handphone maupun laptop selama perangkat terhubung dengan jaringan internet. 

 

2. Google Meeting

Selain Google Classroom, pendidik juga dapat menggunakan Google Meeting untuk memberikan materi secara tatap muka melalui virtual meeting sebagai variasi dalam kegiatan belajar - mengajar. Tidak hanya itu, Google Meeting juga memberikan ruang diskusi yang atraktif antara pendidik dengan peserta didik. Harapannya peserta didik akan lebih memahami pembelajaran dengan metode ini. 

 

3. Google Drive

Perlu diketahui bahwa materi serta tugas - tugas yang dikumpulkan oleh peserta didik akan tersimpan otomatis ke dalam Drive yang terintegrasi dengan Google Classroom. Sehingga peserta didik dapat mengakses kembali materi - materi tersebut dengan mudah. 

 

Selain 3 aplikasi diatas, Google for Education juga menyediakan fitur- fitur lain seperti Google Calendar, Google Assignments, Google Docs, Google Sheets dan semua yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh. Tidak hanya itu, Google for Education dapat memenuhi berbagai kebutuhan institusi pendidikan mulai dari prasekolah hingga universitas. 

“Meski kegiatan belajar - mengajar tatap muka ditiadakan akibat pandemi, anak - anak tetap harus mendapat haknya untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas. Google for Education membantu mewujudkan pendidikan jarak jauh yang berkualitas bagi seluruh peserta didik di Indonesia.” ujar Albi Panatagama, selaku Marketing and Public Relations Manager Terralogiq Premier Partner Google Cloud Indonesia dalam salah satu keterangan tertulisnya.

“Tidak sampai disitu, sebagai sarana pembelajaran online, Google Classroom tidak membutuhkan banyak kuota data. Sehingga komunikasi antara pendidik dan peserta didik lebih lancar sehingga proses belajar mengajar tetap kondusif meski di tengah keterbatasan akibat pandemi.” Lanjut Albi Panatagama. 

Penggunaan Google for Education telah diterapkan nyaris di seluruh sekolah mulai dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari SMP Lazuardi Al-Falah di Jawa Tengah yang menggunakan Google Docs, Google Sheets dan Google Slides di dalam kelas dramanya, SMP 1 Sukasada di Buleleng Bali dan SMPN 12 Satarmese di Nusa Tenggara Timur yang turut menggunakan Chromebook sebagai bagian dari pembelajaran. Hingga kini, Google for Education terbukti sangat membantu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh seperti pemberian tugas hingga forum diskusi online dengan mempertemukan pendidik dan peserta didik dalam satu wadah tanpa terhalang ruang dan waktu. Hal ini memberikan fleksibilitas yang tidak dapat ditemukan dalam pembelajaran tatap muka dan tentunya membantu meredam penyebaran COVID-19. 

Terralogiq bekerja sama dengan Google dalam membantu sektor pendidikan memanfaatkan produk dan teknologi Google for Education untuk mendukung program pendidikan jarak jauh atau blended learning dengan keahlian terbaik. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
PINTU berikan layanan nonton Piala Dunia 2022 gratis lewat fitur PTU
Kamis, 01 Desember 2022 - 14:00 WIB
Pengguna yang memanfaatkan fitur Pintu Token (PTU) Staking di aplikasi PINTU mendapatkan keuntungan....
Pertahankan kebugaran dan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi suplemen
Rabu, 30 November 2022 - 13:50 WIB
Memiliki tubuh yang sehat dan bugar ternyata banyak manfaat. Terutama untuk mendukung aktivitas seha...
JEC gelar pemeriksaan mata gratis bagi 100 guru aktif dan purnabakti SMAN 4 Jakarta
Selasa, 29 November 2022 - 15:51 WIB
Memperingati Hari Guru Nasional 2022, JEC Eye Hospitals & Clinics selaku eye care leader di Indonesi...
CISC luncurkan buku  ‘Panduan Navigasi Bagi Pasien Kanker Payudara’
Selasa, 29 November 2022 - 14:39 WIB
Indonesian Cancer Information and Support Center Association (CISC) hari ini meluncurkan buku berju...
Lantai bersih `kinclong` dengan Sparkle Refreshing Apple pembersih lantai
Sabtu, 26 November 2022 - 10:12 WIB
Pastinya kebersihan rumah adalah salah satu kunci utama para penghuninya merasa nyaman di dalam ruma...
Bank bjb raih `Platinum Rank` Asia Sustainability Reporting Rating 2022
Jumat, 25 November 2022 - 10:36 WIB
Bank bjb meraih predikat 'Platinum Rank' dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating 20...
Ini 7 cara efektif marketing melalui WhatsApp!
Rabu, 23 November 2022 - 12:48 WIB
Tahukah Anda kalau ternyata kini Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai media pemasa...
Dewaweb andalkan teknologi cloud untuk website yang lebih ramah SEO
Senin, 21 November 2022 - 11:58 WIB
Kecanggihan teknologi membuat aktivitas bisnis berjalan lebih mudah dan cepat. Jika dulunya pengguna...
Kembali digelar, Big Bad Wolf Books bakal hadirkan jutaan buku
Kamis, 17 November 2022 - 18:12 WIB
Bazar Buku Internasional `Big Bad Wolf Books` (BBW) kembali digelar di Jakarta. Pameran buku interna...
Ground Breaking Woman and Child Cancer Care Building di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta
Kamis, 17 November 2022 - 15:45 WIB
Sebagai upaya pengembangan fasilitas pelayanan, pendidikan dan penelitian serta pusat data dan infor...

InfodariAnda (IdA)