Senin, 16 Juli 2018 | 11:47 WIB

Daftar | Login

Macro Ad

Berita Mitra

Tinggalkan Mobil Tak Terkunci di New South Wales Bisa Kena Denda

Senin, 09 Juli 2018 - 09:24 WIB   
ABC.net.au - Tinggalkan Mobil Tak Terkunci di New South Wales Bisa Kena Denda
ABC.net.au - Tinggalkan Mobil Tak Terkunci di New South Wales Bisa Kena Denda

Polisi New South Wales membuka mobil dan memeriksa apakah ada barang berharga sebagai bagian tindakan tegas dari aturan lalu lintas yang tidak jelas yang menyebabkan orang didenda karena lupa.

Orang di NSW dapat didenda AU$108, atau lebih dari Rp 1,1 juta karena meninggalkan mobil mereka tak terkunci.

Aturan jalan yang tidak jelas jarang diberlakukan, tetapi polisi di utara Wollongong mengingatkan penduduk dengan memeriksa pintu mobil di jalan-jalan pinggiran kota.

"Kami melihat begitu banyak mobil yang tak terkunci dan kemudian melihat barang berharga apa yang ada di dalamnya," kata Inspektur Detektif Brad Ainsworth.

"Sayangnya itu sangat mengecewakan. Kami menemukan 30 kendaraan selama beberapa malam terbuka dan dengan properti di dalamnya."

Alih-alih mendenda pemilik mobil, polisi mengetuk pintu rumah atau memasang catatan peringatan di kaca jendela mobil.

Hal yang salah untuk dilakukan, menurut aktivis kebebasan sipil

Patroli itu telah membuat marah Ketua NSW Council for Civil Liberties, Stephen Blanks.

"Saya benar-benar khawatir tentang mobil yang dibuka polisi dan melihat dan memeriksa isinya," katanya.

"Polisi seharusnya tidak melakukan hal semacam itu tanpa surat perintah, dan fakta bahwa mobil tidak dikunci bukanlah alasan untuk curiga ada sesuatu yang ilegal di dalamnya.

"Jika mereka melakukan kegiatan semacam itu mereka akan kehilangan dukungan masyarakat dan mereka membutuhkan dukungan masyarakat yang kuat untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

"Kegiatan semacam ini adalah hal yang salah untuk dilakukan."

Detektif Inspektur Ainsworth membela keputusan itu, mengatakan polisi memiliki tugas untuk secara proaktif mencegah kejahatan.

Dia mengatakan dengan menyoroti peluang potensial bagi para penjahat, mereka menghentikan pembobolan sebelum terjadi.

"Ada banyak pencurian dari kasus kendaraan bermotor di pinggiran utara [Illawarra] dan dengan melihat, kami lebih dari dibenarkan dalam melakukan itu dan sayangnya itu terbukti benar.

"Mobil-mobil berada di jalan masuk rumah dan di pinggir jalan dan orang-orang meninggalkan dompet mereka di sana, kartu kredit dicuri dan digunakan untuk PayWave dan polisi mengejar hal-hal itu, CCTV [rekaman], dan itu menciptakan banyak pekerjaan."

Mendenda orang sebagai pilihan terakhir

Meski polisi bisa mengeluarkan denda, Detektif Inspektur Ainswoth mengatakan mereka lebih suka tidak menggunakan opsi itu.

"Akan jadi hari yang tak menyenangkan ketika kami harus melakukan itu, tapi itu salah satu pilihan yang kami lakukan," katanya.

"Kami telah membina keterlibatan masyarakat di pinggiran utara dan penduduk mengatakan mereka tidak perlu mengunci apa pun, tetapi waktu telah berubah dan pelanggaran seperti membobol mobil sedang terjadi.

"Kita harus menjaga diri dari itu dan pemilik properti harus menjaganya juga."

Blanks mengatakan aturan tentang meninggalkan mobil tidak terkunci adalah "nyaris bodoh".

"Pemerintah harus berhati-hati tentang apa yang mereka kriminalkan dan menjatuhkan hukuman, dan sangat penting bahwa undang-undang memiliki dukungan masyarakat dan tidak bodoh," katanya.
"Ide tentang polisi menyusuri jalan untuk melihat mobil apakah tidak terkunci membuat orang gelisah."

Warga tidak menghargai tindakan polisi

Para komentator di halaman Facebook ABC Illawarra mengatakan, pembobolan mobil terjadi terlepas dari apakah orang mengunci kendaraan mereka, dan menimbulkan kekhawatiran tentang pelanggaran kebebasan sipil.

"Saya telah menghabiskan $ 1.000 pada masa lalu untuk mengganti jendela yang rusak setelah pencuri masuk ke mobil saya, yang tidak pernah memiliki satu koin atau sesuatu yang berharga," tulis Belinda Blackmore.

"Ini adalah negara pengasuh/negara polisi yang kita tinggali sekarang ... bagaimana berani polisi NSW memeriksa mobil orang secara acak," tulis Jeremy Boulton.

"Itu bukan milik mereka atau negara ... jangan sentuh barang-barang saya. Jika saya lupa mengunci mobil saya, saya akan bertanggung jawab jika saya memiliki sesuatu yang dicuri."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Pendidikan | 16 Juli 2018 - 08:27

KPAI: Hentikan plonco dan kekerasan dalam MOS

Aktual Dalam Negeri | 12 Juli 2018 - 19:52

Menteri BUMN resmikan sambungan listrik di Tasikmalaya

Musibah | 12 Juli 2018 - 13:15

Pemulung tertimbun sampah, belum ditemukan

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com