Senin, 16 Juli 2018 | 11:42 WIB

Daftar | Login

Macro Ad

Berita Mitra

7 Negara Ini Nyaman untuk Bekerja, Nomor 3 Paling Direkomendasikan

Senin, 09 Juli 2018 - 09:24 WIB   
Cermati.com - 7 Negara Ini Nyaman untuk Bekerja, Nomor 3 Paling Direkomendasikan
Cermati.com - 7 Negara Ini Nyaman untuk Bekerja, Nomor 3 Paling Direkomendasikan

Bagi kamu yang ingin punya tantangan baru dalam karir kamu, boleh mencoba untuk bekerja di negara orang. Selain suasananya yang benar-benar berbeda. Di luar negeri  kamu bisa banyak pengalaman dan ilmu baru yang tidak bisa kamu dapatkan di Indonesia.

Dengan bekerja di luar negeri kamu bisa belajar untuk lebih mandiri, pikiran kamu pun jadi lebih terbuka karena perbedaan gaya hidup dan budaya yang berbeda.

Tapi memilih negara tujuan kamu untuk bekerja tidak boleh sembarangan. Jika tujuannya bekerja artinya kamu akan tinggal dalam jangka waktu yang lama di negara tersebut, untuk itu sebelum memutuskan bekerja, kamu harus memilih terlebih dahulu negara-negara mana yang kira-kira nyaman untuk kamu tinggali.

Berikut daftar 7 negara yang ramah dan nyaman untuk orang luar dan bisa dijadikan tujuan tempat kamu bekerja, untuk nilai upah minimum setiap negara dikutip dari tradingeconomics.com per akhir tahun 2017

 

1. Korea Selatan

Korea Selatan

Minimum gaji: 2,4juta KRW atau sekitar Rp31juta/bulan

Satu-satunya yang ekstrim dari negara ini untuk kamu orang yang dari negara tropis adalah cuacanya. Korea selatan memiliki 4 musim seperti negara-negara di Eropa. Jadi kamu harus menyiapkan pakaian untuk musim dingin sebelum pergi ke negara gingseng ini. Korea Selatan pun ramah dengan wisatawan muslim, jadi kamu yang seorang muslim tidak usah takut susah dapat makanan halal di sana.

Dikutip dari pengalaman beberapa blogger yang pernah bekerja di korea, biaya hidup di Korea selatan bisa dibilang tidak terlalu mahal, untuk makan sehari-hari kamu hanya menghabiskan sekitar 6000 KRW atau sekitar Rp77000, ini masih bisa kamu tekan lagi pengeluarannya jika kamu memasak dirumah, jadi dalam sehari kamu setidaknya bisa menghabisakan 5000KRW atau Rp64 ribu untuk 1 hari biaya makan.

Untuk biaya tempat tinggal harganya pun bervariasi, ada one office tel dan apartemen dengan biaya sewa mulai dari 15000 KRW – 400000 KRW atau sekitar Rp2 juta – Rp6 juta per bulannya. Bahkan kamu bisa menghemat biaya ini dengan sharing dengan roomates kamu.

Jika dihitung-hitung kamu hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp 6-8 juta untuk 1 bulan. Jadi masih banyak sisa gaji kamu yang bisa ditabung. Tentu biaya hidup ini diluar hitungan anggaran lifestyle ya, kalau doyan belanja, pastinya bisa lebih besar pengeluarannya.

Baca Juga: Tips Biar Bisa Bekerja ke Korea

2. Singapura

singapura

Minimum gaji: SG $1302 atau sekitar Rp14 juta/bulan

Paling dekat letaknya, Singapura memang sudah lama langganan dalam menerima karyawan dari Indonesia. Negara yang dikenal dengan patung singanya ini pun banyak membuka lowongan pekerjaan khusus untuk orang Indonesia dibanyak website lowongan kerja.

Rata-rata gaji karyawan di Singapura susah di ukur karena Singapura tidak menerapkan sistem UMK seperti Indonesia. Singapura adalah negara yang memiliki apresiasi tinggi terhadap berbagai pekerjaan. Namun, dua pengecualian itu dibuat baru-baru ini: Upah minimum $1.100 per bulan berlaku September 2016 untuk beberapa profesi tertentu. – Dikutip dari https://www.minimum-wage.org/international/singapore

Perusahaan-perusahaan di Singapura akan memberikan gaji sesuai dengan kualitas karyawannya, jadi memang benar cerita soal perusahaan-perusahaan di Singapura yang senang memberikan bayaran tinggi untuk Karyawannya

Untuk para pemula dan masih takut kerja di luar negeri, Singapura bisa jadi negara pertama kamu. Singapura pun negara dengan nilai multikultural yang sangat tinggi, semua agama dan suku hidup dengan baik di sini. Baik kamu yang Indonesia dan beragama islam, Singapura adalah pilihan tepat untuk negara tujuan bekerja kamu. Karena tidak sulit menemukan makanan dan bahan makanan halal disini.

Namun, kekurangan di Singapura adalah gaji tinggi yang dibarengi dengan gaya hidup yang mahal. Jadi kamu harus pintar-pintar menabung jika tinggal di Singapura. Biaya sekali makan di Singapura bisa mencapai Rp60 – Rp80 ribu, dan biaya sewa apartemen satu bulan di Singapura sama dengan biaya sewa apartemen 4 bulan di Indonesia.

Namun walaupun gitu tunjangan dan berbagai apresiasi lain seperti uang lembur dan bonus sangat tinggi, selain itu pajak penghasilan disana pun rendah.

3. Hongkong

Hongkong 

Minimum gaji : HK $10382 atau sekitar Rp19 juta/bulan

Hongkong dibilang menjadi negara yang sangat ramah dengan para pendatang dari Indonesia. Di Hongkong kamu akan menemukan banyak TKI karena Hongkong salah satu negara yang paling banyak menampung para tenaga kerja asing dari Indonesia.

Tidak jauh berbeda seperti di Singapura. Sebagai negara dengan perkembang ekonomi yang tinggi, biaya hidup di Hongkong pun menjadi mahal, bahkan biaya hidup di Hongkong menjadi termahal di Asia setelah Jepang. Namun perlakuan karyawan asing di Hongkong sangatlah baik dan tentunya akan sangat cocok untuk kamu yang ingin bekerja di negara dengan suasana yang mudah diajak adaptasi.

Hongkong pun dikenal dengan tingkat keamanannya yang baik, tidak usah takut keluar malam-malam di Hongkong dan kemudahan menjangkau transportasi umum di daerah manapun di Hongkong.

4. Inggris

Inggris

Minimum gaji: £1200 atau sekitar Rp22 juta/bulan

Bernilai fantastis, biaya hidup di Inggris pun cukup tinggi. Namun Inggris adalah salah satu negara di Eropa yang ramah dengan orang luar, di Inggris kamu juga akan mudah menemukan banyak orang Indonesia dengan berbagai tujuan ke Inggris, baik untuk kuliah, kerja atau sekedar liburan.

Ritme bekerja di Inggris juga sangat santai dan tidak seperti Jepang yang menuntut karyawannya menjadi workaholic, Inggris berusaha menjaga kesehatan mental dan fisik karyawannya dengan tidak memberlakukan jam lembur dan apresiasi yang tinggi terhadap prestasi karyawannya.

Inggris dibilang nyaman untuk ditinggali dalam jangka waktu lama karena lingkungannya diisi dengan orang-orang yang ramah, bersih dan disiplin. Inggris juga banyak dihuni oleh para muslim, jadi jika kamu beragama islam tidak usah takut cari makanan halal disini karena sudah banyak tersedia.

Soal tempat tinggal, kamu bisa memilih apartemen atau house flat dan bisa mencari roomates agar kamu bisa membagi 2 biayanya. Walaupun mahal, kamu bisa menekan biaya hidup dengan lebih banyak memasak makanan sendiri dan mengendarai transportasi umum atau berjalan kaki.

5. Finlandia

Finlandia

Rata-rata gaji: €2009 EUR atau sekitar Rp34 juta/bulan

Saat ini Finlandia berada di peringkat nomor 1 sebagai negara paling bahagia di dunia. Tidak hanya itu Finlandia juga masuk peringkat tertinggi untuk kualitas sistem pendidikan dan bekerjanya. Di Finlandia kamu hanya perlu bekerja maksimal 5 jam sehari.

Sama seperti Singapura, Finlandia juga tidak memiliki undang-undang dalam menetapkan UMK. Jadi sistem penetapan gaji di Finlandia murni di nilai berdasarkan kualitas karyawan dan profesinya. Dikutip dari https://www.minimum-wage.org/international/finland

Tidak apa-apalah kena pajak penghasilan tinggi jika kualitas hidup dan kerja kamu terjamin jika bekerja disana. Sebagai negara yang dijamin bebas dari korupsi dan tingkat kriminalitas yang sangat rendah, tentu siapa tidak nyaman tinggal dalam waktu yang lama di Finlandia.

Inggris dan Finlandia memberikan 28 hari jatah cuti untuk para karyawannya, jika di Indonesia kamu cuman dapat maksimal 15 hari jatah cuti, di Finlandia selain jatah cuti yang banyak, jatah kerja setengah hari pun juga diberikan lebih banyak dari yang kamu dapat di Indonesia.

Baca Juga: Cara Sukses Bisa Kuliah ke Korea Selatan

6. Swiss

Swiss

Minimun gaji: CHF5082(Franc Swiss) atau sekitar Rp73juta/bulan

Swiss dikenal sebagai negara dengan tingkat kenyamanan tertinggi di dunia, seperti negara Eropa lainnya, Swiss memiliki fasilitas publik yang lengkap dan kemajuan teknologi yang tinggi, sehingga tidak ada kata selain nyaman dan bahagia ketika tinggal di Swiss.

Tidak hanya itu Swiss pernah duduk di tingkat teratas sebagai negara paling bersih di dunia. Masyarakat di Swiss pun dikenal ramah dan memiliki budaya saling tolong-menolong. Kerja pemerintahan di Swiss pun dikenal bagus, walaupun biaya hidup di Swiss mahal tapi siapa yang tidak mau memiliki kesempatan tinggal di negara paling bersih di dunia dan dan digaji?

Jadi untuk menghindari masalah kehabisan uang di Swiss, kamu harus benar-benar komitmen untuk hidup dengan cara berhemat. Kurangi nongkrong diluar dan belanja hal yang tidak perlu. Ikuti gaya hidup masyarakat Swiss yang serba sederhana dan bersih.

7. Amerika Serikat

amerika serikat

Minimum gaji : US$449 atau sekitar Rp6,3 juta/bulan

Negara Paman Sam bisa dikatakan negara impian semua orang. Sebagai salah satu negara adidaya di dunia, tentu banyak orang yang bermimpi bisa bekerja di sana. Amerika juga menjadi salah satu negara dengan multikultural yang tinggi, semua ras, suku dan agama dari berbagai belahan dunia bisa kamu temukan disana.

Kemajuan teknologi dan kedisplinan di Amerika Serikat kualitasnya tidak jauh berbeda dengan negara Eropa seperti Inggris dan fasilitas publiknya pun banyak dan nyaman seperti di Swiss, tapi dengan biaya hidup yang lebih murah.

Kelebihan negara Amerika Sebagai negara maju adalah biaya hidupnya yang masih bisa ditoleransi. Kamu masih bisa menemukan banyak harga sewa apartemen dan rumah dengan harga yang murah. Jadi uang untuk bersenang-senang masih ada, untuk ditabung pun masih ada.

Jangan Hanya Berpatokan pada Gaji yang Tinggi

Mendapatkan gaji yang tinggi tentu menjadi impian semua orang, tapi yang lebih penting dari gaji yang tinggi adalah keseimbangan hidup. Jadi, pilihlah tujuan negara bekerja kamu yang tidak hanya memberikan gaji yang bagus tapi juga cocok dengan kepribadian mu. Jangan sampai karena terlalu fokus bekerja demi gaji yang tinggi, urusan kehidupan pribadi malah memburuk. Percuma punya kantong tebal tapi kondisi kesehatan mental dan fisik tidak baik.

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Dihindari saat Berlibur ke Luar Negeri

 
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aktual Dalam Negeri | 12 Juli 2018 - 19:52

Menteri BUMN resmikan sambungan listrik di Tasikmalaya

Musibah | 12 Juli 2018 - 13:15

Pemulung tertimbun sampah, belum ditemukan

Aktual Dalam Negeri | 06 Juli 2018 - 18:26

Posko kesehatan Pertamina di Tigaras layani 636 orang

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com