Sabtu, 18 Agustus 2018 | 03:37 WIB

Daftar | Login

Macro Ad

Berita Mitra

Kecanduan Belanja Online, Ini Tanda2nya dan Cara Pencegahannya

Senin, 06 Agustus 2018 - 08:33 WIB   
Cermati.com - Kecanduan Belanja Online, Ini Tanda2nya dan Cara Pencegahannya
Cermati.com - Kecanduan Belanja Online, Ini Tanda2nya dan Cara Pencegahannya

Belanja online menjadi salah satu aktifitas internet yang paling banyak diminati belakangan ini. Bukan oleh kaum hawa saja, aktifitas yang satu ini bahkan banyak disukai oleh kaum adam juga. Sistemnya yang mudah dan praktis menjadi nilai lebih dari belanja online.

Kebanyakan orang begitu menginginkan cara yang mudah dan cepat dalam memenuhi berbagai kebutuhan mereka, dan aktifitas belanja online memungkinkan hal tersebut berjalan dengan baik. Ada banyak produk yang bisa dibeli secara online, tentunya dengan cara yang begitu mudah dan praktis.

Bukan hanya itu saja, berbagai produk yang sulit untuk didapatkan di pasar konvensional juga lebih mudah untuk dicari dan dibeli secara online. Jika bisa membeli berbagai kebutuhan dengan lebih mudah, maka semua orang tentu akan memilih cara yang satu ini, bukan?

Selain beberapa hal di atas, harga yang lebih kompetitif juga menjadi salah satu alasan lainnya. Aktifitas belanja online dianggap lebih efisien, di mana seseorang bisa mengunjungi banyak toko online sekaligus dan menemukan berbagai kebutuhannya dengan lebih mudah dan cepat, tentunya dengan penawaran harga yang juga lebih beragam.

Konsumen tersebut akan sangat leluasa untuk melakukan perbandingan antara satu penawaran dengan penawaran lainnya, sehingga yang bersangkutan bisa menemukan dan memilih salah satu penawaran harga terbaik dan paling menguntungkan.

Bagaimanapun juga, belanja online ini memang lebih efektif untuk mendapatkan penawaran harga terbaik di pasaran, terutama jika dilakukan oleh konsumen yang jeli dan memiliki kemampuan yang baik dalam memilih penawaran yang ada di pasar. Namun sebagaimana aktifitas belanja pada umumnya, belanja online juga memungkinkan seseorang mengalami kecanduan terhadap aktiftas yang “cukup berbahaya” bagi kesehatan keuangan ini. Penting untuk mengenali berbagai gajala kecanduan ini sejak awal, agar tidak menjadi masalah di dalam keuangan.   

 

Kenali Tanda-Tanda Kecanduan Belanja Online

belanja online

Sebagaimana gejala kecanduan lainnya, kecanduan belanja online juga memberikan dampak negatif di dalam keuangan. Bukan hanya bagi anak muda yang baru saja mengetahui dan memulai aktifitas belanja onlinenya, kecanduan ini bahkan kerap dirasakan oleh mereka yang sudah berumah tangga dan terbiasa dengan berbagai aktifitas belanja online.

Ketika seseorang mengalami kecanduan belanja online, maka orang tersebut sangat rentan mengalami berbagai masalah keuangan. Hal ini tentu patut disayangkan, mengingat pada dasarnya aktifitas yang satu ini bisa saja memberikan dampak positif dan juga penghematan di dalam keuangan.

Ada banyak gejala kecanduan belanja online yang umum terjadi, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

1. Sering Mengalami “Kecelakaan” saat Belanja Online

Belanja online tentu bukan sebuah masalah, selama dilakukan terencana dan sesuai dengan kondisi kebutuhan serta keuangan. Namun jika sering mengalami “kecelakaan” ketika melakukan aktifitas yang satu ini, maka sangat mungkin berbagai produk yang tidak benar-benar dibutuhkan juga akan ikut terbeli.

Belanja di luar rencana adalah salah satu bentuk kecanduan yang paling sering dialami kebanyakan orang, di mana mereka selalu melakukan aktifitas belanja online, meskipun tidak memiliki kebutuhan yang begitu penting untuk dibeli.

2. Terlalu Lama Menghabiskan Waktu untuk Mengunjungi Situs Belanja

Browsing dan menemukan berbagai informasi dengan mudah dan cepat merupakan salah satu cara yang banyak dipilih untuk menikmati waktu senggang. Aktifitas yang satu ini memang cukup menyenangkan dan bisa menyita banyak waktu.

Namun, jika yang dilakukan hanya browsing situs belanja online dan mencari berbagai produk yang akan dibeli saja, maka bukan tidak mungkin hal ini mengindikasikan gejala kecanduan. Menikmati waktu selama berjam-jam untuk sekedar mengunjungi situs belanja online, akan sangat mungkin menimbulkan sejumlah pembelanjaan di luar rencana setelahnya.

3. Selalu Terjebak dengan Diskon

Diskon memang menjadi daya tarik yang sulit ditolak ketika berbelanja, terutama saat berbelanja online. Namun hal yang satu ini juga bisa menjadi jebakan dan juga godaan keras, di mana seseorang akan selalu melakukan pembelian dengan mudah, hanya karena tergoda dengan penawaran diskon online tersebut.

4. Secara Teratur Menerima Paket Belanja Online

Menerima paket belanja secara teratur setiap minggunya merupakan salah satu gejala kecanduan belanja online. Hal ini jelas menunjukkan bagaimana orang tersebut tidak bisa membatasi keinginan belanjanya sepanjang bulan, bahkan di tengah dan akhir bulan sekalipun.

5. Mengalami Masalah dengan Kartu Kredit

Aktifitas belanja online yang intens, identik dengan sejumlah tagihan kartu kredit yang juga cukup besar. Saat seseorang mengalami kecanduan belanja online, maka besar kemungkinan orang tersebut juga akan mengalami masalah dengan sejumlah kartu kredit miliknya. Pada umumnya, pecandu belanja online akan memiliki lebih dari 3 kartu kredit aktif sekaligus.

6. Mencicil Berbagai Produk Mahal yang Bersifat Konsumtif

Cicilan adalah sejumlah hutang yang akan menjadi beban di dalam keuangan. Jika cicilan ini berasal dari berbagai produk mahal yang bersifat konsumtif dan dibeli secara online, maka hal ini bisa mengindikasikan bahwa orang tersebut telah kecanduan belanja online.

7. Memiliki Besaran Utang yang Tidak Lagi Proporsional di Keuangan

Saat cicilan belanja online (kartu kredit) sudah melebihi batasan hutang sehat di dalam keuangan (30-40% dari pendapatan), maka hal ini tentu akan menjadi masalah di dalam keuangan. Pembelanjaan yang tidak terencana, akan sangat memungkinkan porsi huang tak lagi ideal dan lebih besar dari yang seharusnya.

Berbagai gejala kecanduan di atas tentu sangat mungkin dialami oleh siapa saja. Penting untuk mengenali dan mancegah kecanduan ini dengan baik sejak awal, agar keuangan tetap aman dan lancar.

Baca Juga: Tips Atasi Sifat Impulsif Belanja ‘Online’

Cara Mencegah Kecanduan Belanja Online

mencegah kecanduan belanja online

Apapun gejala kecanduan belanja online yang Anda alami, pastikan hal tersebut Anda kenali dengan baik sejak awal. Hal ini penting, agar bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara yang paling tepat. Namun di balik semua itu, mencegah berbagai gejala kecanduan ini tentu akan menjadi langkah bijak yang layak untuk dipertimbangkan.

Simak beberapa cara mudah untuk mencegah terjadinya kecanduan belanja online yang dapat menimbulkan berbagai masalah keuangan berikut ini:

1. Hapus Aplikasi Belanja

Menggukanan aplikasi belanja online menjadi salah satu cara mudah untuk mengakses dan melakukan aktifitas belanja online. Hapus berbagai aplikasi ini dari smartphone, sehingga Anda tidak selalu fokus dan mudah untuk menggunakannya. Bukan hanya mencegah kecanduan, hal ini juga akan memberi Anda waktu yang lebih leluasa untuk melakukan hal lain di luar aktifitas belanja online.

2. Unsubscribe

Iklan menjadi salah satu godaan terbesar yang bisa menimbulkan kecanduan belanja online, terutama jika Anda begitu rajin untuk membuka dan membaca setiap iklan yang masuk ke email.

Untuk mengatasi hal ini, unsubscribe semua berbagai informasi dan promosi dari situs belanja online. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada berbagai media sosial situs belanja online yang Anda ikuti, yakni dengan cara berhenti mengikuti mereka di media sosial.

3. Batasi atau Hapus Aplikasi Mobile Banking

Anda mungkin terbiasa menggunakan layanan mobile banking untuk membayar berbagai tagihan rutin, termasuk untuk membayar tagihan belanja online. Mulailah membatasi penggunaan aplikasi ini atau bahkan menghentikannya.

Kemudahan yang ditawarkan aplikasi mobile banking merupakan salah satu godaan besar untuk selalu belanja online. Jika ingin menghapus aplikasi secara permanen, Anda bisa menggunakan layanan auto debet untuk membayar berbagai tagihan rutin bulanan ( listrik, air, TV kabel, dan lainnya).

4. Temukan Hobi Baru

Cara ampuh lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah kecanduan belanja online adaah dengan mengarahkan perhatian ke aktifitas lainnya. Cobalah cari dan temukan hobi yang baru dan menarik, sehingga Anda memiliki tantangan dan juga aktifitas yang menyenangkan.

Hal ini akan efektif untuk menyita lebih banyak waktu dan membuat Anda lupa atau bahkan bisa menghindari berbagai godaan belanja online dengan mudah dan nyaman.

Baca Juga: Lebih Untung Mana, Kartu Kredit atau Kartu Debit?

Kenali Gejalanya dan Atasi dengan Langkah Tepat

Meski awalnya menyenangkan, belanja online bisa saja membuat Anda kecanduan, di mana Anda tak lagi bisa mengontrol keinginan belanjadengan baik. Pastikan mengenali berbagai gejala kecanduan ini sejak awal, sehingga bisa mengatasinya dengan langkah-langkah yang paling tepat. Cegah gejala kecanduan belanja online dengan tepat, agar berbagai masalah keuangan akibat aktifitas ini bisa dihindari dengan baik

Baca Juga: Agar Uang Gaji Tak Habis Sia-sia, Ikuti Cara Ini

 
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Bencana Alam | 15 Agustus 2018 - 17:45

Waspada, Lumajang masuk potensi 10 besar bencana di Indonesia

Aplikasi | 31 Mei 2018 - 11:05

BIG luncurkan Peta Jalur Mudik 2018

Arestasi | 16 Agustus 2018 - 20:05

Seorang oknum PNS di Kabupaten Langkat terjaring OTT

Ekonomi | 13 Agustus 2018 - 08:56

AP perkirakan KA Bandara Solo beroperasi awal 2019

Politik | 09 Agustus 2018 - 11:48

Jusuf Kalla terima Airlangga Hartarto di rumah dinas

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com