Rabu, 17 Oktober 2018 | 15:44 WIB

Daftar | Login

MacroAd

Berita Mitra

5 Alasan Kenapa GPN Cocok dengan Gaya Hidup Generasi Millenial

Rabu, 08 Agustus 2018 - 10:00 WIB   
Cermati.com - 5 Alasan Kenapa GPN Cocok dengan Gaya Hidup Generasi Millenial
Cermati.com - 5 Alasan Kenapa GPN Cocok dengan Gaya Hidup Generasi Millenial

Sejak diluncurkan pada awal tahun 2018 oleh Bank Indonesia, GPN atau (Gerak Pembayaran Nasional) telah memiliki banyak pengguna serta mendapatkan respon positif. Pengalihan kartu debit lama berlogo visa atau master card ke kartu debit berlogo GPN saat ini terimplementasi secara bertahap. Selanjutnya akan diimplementasikan secara permanen pada tahun 2022 mendatang.

Alasan GPN telah banyak digunakan bukan semata-mata karena ini adalah program Bank Indonesia tetapi memang ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan penggunanya. Khususnya, bagi generasi millenial yang menyukai kepraktisan bertransaksi dan membuat mereka makin untung secara finansial.

Berikut ulasan keuntungan dan cara menukar kartu debit lama dengan kartu berlogo GPN. 

 

Keuntungan Kartu GPN

GPN

Logo GPN via primaradio.co.id 

1. Bisa Akses Semua ATM dan Mesin EDC

GPN memiliki teknologi interkoneksi dan interoperabiliti yang menyatukan 4 perusahaan switching sekaligus, sehingga kartu debit GPN dapat di akses di ATM bank apapun.

Ini cocok buat kamu yang suka kesel karena kesulitan mencari atm bank sendiri, dengan punya kartu debit berlogo GPN, kamu bisa lebih happy dan tenang. Sebab, seluruh pemegang kartu GPN bisa menggunakan kartunya di berbagai mesin ATM dan mesin EDC.

Saat ini GPN sudah bekerjasama dengan 98 bank di Indonesia, ke depan, semua bank umum di Indonesia yakni sebanyak 115 bank akan turut berpartisipasi menyukseskan GPN. 

2. Cukup 1 Kartu untuk Semua Transaksi Lokal

Kamu tidak perlu punya banyak kartu dan rekening lagi karena semua sudah bisa digantikan dan dipenuhi oleh kartu berlogo GPN. Selain memudahkan kamu bertransaksi, GPN bisa menguntungkan dan menghemat anggaran.

Tidak ada lagi pemotongan uang administrasi setiap bulan lagi karena punya banyak rekening bank. Cukup punya satu rekening saja, tapi kartu debitnya bisa akses bertransaksi di atm manapun. Jelas lebih praktis dan hemat.

Bahkan kabarnya, GPN sebentar lagi akan bisa digunakan untuk pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, air, telepon, asuransi dan kredit.

Hanya saja, kartu debit berlogo GPN belum bisa digunakan untuk transaksi yang dilakukan di luar negeri, tetapi kartu GPN bisa digunakan untuk transaksi pembayaran internasional selama pembayaran dilakukan di dalam negeri.

3. Top Up Uang Elektronik dan Bayar Kartu Debit Makin Murah

Oleh karena pengelolaan dan pendataan kartu debit berlogo GPN semuanya dilakukan di dalam negeri sehingga hal ini memangkas biaya operasional perbankan secara otomatis.

Untung bagi merchant dengan adanya GPN, jika biasanya biaya atau MDR (Merchant Discount Rate) yang dibebankan pada merchant atau pedagang bisa sampai 2%-3% untuk setiap transaksi. Dengan kartu GPN semuanya akan jadi 1% bahkan bisa jadi 0%.  

Sementara itu, untuk top up uang elektronik (e-money) juga bisa lebih murah dengan kartu debit berlogo GPN.

-Top up di bawah Rp 200 ribu gratis, dan di atas 200 ribu dikenai biaya Rp0- Rp750 ribu.

-Top up secara elektronik dan via mitra (misal minimarket) hanya akan dikenai biaya Rp 0- Rp1.500. Sebelumnya, biaya top up Rp1.000 – Rp 6.500,-.

4. Praktis, Tidak Perlu Repot Bawa Uang Tunai

Kanal pembayaran yang luas dan saling terkoneksi dengan sistem GPN ini memudahkanmu membayar atau bertransaksi non tunai cukup dengan 1 kartu saja. Artinya, kamu bisa belanja, makan dimanapun dan bayarnya gesek via mesin EDC, serta bisa ambil uang/transfer via ATM bank mana saja yang berlogo GPN. Tidak perlu bawa uang tunai dalam jumlah besar lagi, dan ini tentu positif mendukung gaya hidup cashless.

5. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Salah satu tujuan diciptakannya GPN adalah untuk  meningkatkan perlindungan transaksi keuangan untuk masyarakat, melalui pengamanan data transaksi nasabah untuk setiap transaksi yang dilakukan. Jadi tidak ada lagi kekhawatiran kebobolan rekening, sebanyakan apapun kamu melakukan setiap transaksi per harinya jika menggunakan kartu debit berlogo GPN.

Baca Juga: Yakin Mau Coba Pembayaran Cashless? Ketahui Dulu Untung Ruginya

Cara Menukar Kartu Debit Lama dengan Kartu Berlogo GPN

kartu debit GPn
Kartu Debit GPN via joss.id

Bagi yang belum memiliki kartu debit kamu bisa menukar langsung kartu debit lama kamu dengan kartu debit baru berlogo GPN. Biayanya gratis, tidak perlu bayar. Prosesnya cepat dan tukar kartu debit berlogo GPN sistemnya sama seperti penggantian kartu debit yang hilang tanpa harus mencantumkan surat keterangan kehilangan dari polisi.

  1. Datangi kantor cabang bank penerbit kartu debitmu
  2. Menuju ke bagian Customer Service bank
  3. Bawa KTP, Kartu Debit, Buku Tabungan

Baca Juga: Pengguna Kartu Debit dan Kredit Wajib Tahu Hal Ini Agar Transaksi Aman

Nikmati Manfaatnya, Miliki Kartu Debit GPN

Sebagai generasi milineal yang gemar bertransaksi non tunai alias cashless, kartu debit berlogo GPN akan sangat cocok untuk menunjang kebutuhan bertransaksi. Sudah jelas manfaatnya banyak, praktis dan aman, itu semua bisa menjadi alasan kuat kenapa kamu wajib miliki kartu debit berlogo GPN. Ayo tunggu apa lagi, segera ya tukarkan kartu debit lamamu dengan kartu debit berlogo GPN dan rasakan sendiri manfaat baiknya.

Baca Juga: Kartu Debit vs Kartu Kredit, Mana Pilihan Anda?

 
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Megapolitan | 02 Juli 2018 - 13:47

Jakarta Karnaval usung tema Asian Games

Kecelakaan | 16 Oktober 2018 - 16:38

Sopir truk penabrak lari anggota polisi ditangkap

Aktual Dalam Negeri | 16 Oktober 2018 - 11:58

Petani Mukomuko tolak tanam palawija

Megapolitan | 14 Oktober 2018 - 17:12

Sebagian Jabodetabek waspada hujan petang ini

Pembangunan | 18 September 2018 - 12:49

Akses menuju tol Pekalongan masuk tahap penyempurnaan

Megapolitan | 17 Oktober 2018 - 13:24

MRT periksa SAT pada rangkaian kereta Jakarta Fase I

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com