Selasa, 25 September 2018 | 03:24 WIB

Daftar | Login

kuping kiri paragames kuping kanan paragames
emajels

Berita Mitra

5 Tips Cerdas Menangani Biaya Persalinan Caesar yang Mahal

Kamis, 13 September 2018 - 08:25 WIB   
Cermati.com - 5 Tips Cerdas Menangani Biaya Persalinan Caesar yang Mahal
Cermati.com - 5 Tips Cerdas Menangani Biaya Persalinan Caesar yang Mahal

Setelah menikah, sebagai pasangan pengantin baru tentunya ingin sekali cepat-cepat diberikan momongan. Bahkan, ada saja pasangan muda-mudi yang masih dalam proses persiapan pernikahan pun sudah membahas menyoal jumlah anak yang diinginkan nantinya.

Akan tetapi, masih banyak pasangan yang hanya membicarakan keinginan punya anak saja, tanpa memikirkan persiapan biaya persalinan yang akan dikeluarkan.

Bila hari persalinan tiba, kalau dilakukan proses persalinan normal, mungkin kebanyakan pasangan tidak terlalu khawatir karena biaya yang dikeluarkan murah. Tapi jika persalinan harus dilakukan dengan jalan caesar, pastinya sebagai orang tua harus mempersiapkan dana yang cukup besar dengan jumlahnya mencapai puluhan juta rupiah.

Tanpa adanya rencana biaya persalinan yang disiapkan sejak awal, membuat tak sedikit orang tua terpaksa berhutang kepada saudara atau teman untuk memenuhi segala kebutuhan mulai dari pra hingga pasca melahirkan.

Padahal, ada cara lain yang bisa ditempuh orang tua saat menangani biaya persalinan caesar yang mahal. Yuk, bagi semua orang tua yang sedang menantikan anaknya lahir ke dunia dengan cara proses caesar, perhatikan 5 tips cerdas berikut ini agar mahalnya biaya bisa diatasi dengan baik.

Kisaran Biaya Persalinan Caesar

Pastinya semua orang sudah tahu biaya persalinan antara normal dan caesar memiliki perbandingan yang cukup jauh. Hal ini bisa dilihat dari tindakan yang dialami pasien saat melahirkan, maka tak heran bila biaya caesar mahal karena tindakan yang akan dijalani juga butuh penanganan yang lebih ekstra ketimbang persalinan normal.

Berdasarkan survei yang didapat dari berbagai media, rata-rata biaya persalinan caesar di Jakarta antara Rp15 juta hingga Rp55 juta. Nah, biaya tersebut tergantung dari jenis rumah sakit, kelas yang diambil (kelas 3, 2, 1, VIP atau VVIP), tingkatan risiko yang dialami ibu dan bayi, obat-obat yang dibutuhlan, dan perawatan pasca persalinan.

Tapi bila bayi diharuskan untuk menjalani perawatan khusus, mau tidak mau orang tua harus mengeluarkan tambahan biaya lagi.

 

Tips Menangani Biaya Persalinan Caesar

Persalinan pada ibu memang tidak bisa diperkiran sejak awal kehamilan. Pengecualian bila si ibu saat melahirkan anak pertama melalui caesar sehingga melahirkan anak ke dua juga harus caesar atau memiliki riwayat penyakit tertentu.

Mahalnya biasa caesar terkadang membuat hampir semua orang tua panik dan takut tidak bisa membayar tagihan rumah sakit. Agar kekhawatiran tersebut sirna, simak tipsnya berikut ini:

1. Menabung

tabungan bank
Tabung biaya persalinan caesar sejak awal

Yap, menabung merupakan cara utama yang bisa dipilih bagi semua pasangan suami istri. Setelah menikah, janganlah menunda-nunda waktu menabung yang dikhususkan untuk biaya persalinan di kemudian hari. Hal ini tentu tidak akan membuat para orang tua pusing lagi karena sudah ada dana persalinan yang siap digunakan.

Sebaiknya, pisahkan sejumlah 5% hingga 10% dari gaji dan masukan ke tabungan khusus dana persalinan. Bila suami-istri bekerja, maka bisa sama-sama menabung biaya persalinan dan jumlah yang akan diperoleh juga akan lebih besar.

2. Investasi dari Awal

investasi
Investasi jangka pendek untuk biaya persalinan caesar

Coba bagi pasangan yang baru saja menikah pilih jalan-jalan keluar negeri, shopping barang branded dan sebagainya atau uangnya itu dialihkan ke investasi sebagai bentuk dana persalinan?

Bagi pasangan yang sudah tahu biaya yang dikeluarkan saat melahirkan tidaklah sedikit, pastinya lebih memilih investasi ketimbang memenuhi gaya hidup yang tinggi.

Sebagai pengantin baru segeralah untuk memulai investasi dengan pilihan jenis investasi jangka pendek yang tepat, seperti logam mulia, deposito, reksa dana dan P2P Lending. Pastikan sebelum memilihnya, Anda harus tahu informasi investasi secara menyeluruh. Tujuannya agar terhindar dari investasi bodong yang sudah pasti merugikan.

Baca Juga: 6 Tips Investasi untuk Pengantin Baru

3. Gunakan Dana Reimburse dari Kantor

reimburse
Gunakan dana reimburse dari perusahaan

Bagi pasangan yang sama-sama bekerja, taka da salahnya cari tahu terlebih dahulu mengenai batas maksimal dana reimburse yang perusahaan berikan untuk biaya persalinan. Ini tentu akan meringankan beban dalam menyiapkan biaya yang dibutuhkan saat persalinan. Dengan begitu, kekurangannya bisa dari tabungan bersama atau investasi yang selama ini dijalankan.

Baca Juga: Cara Memilih Asuransi yang Tepat untuk Seorang Ibu

4. BPJS Kesehatan

bpjs
Gunakan BPJS Kesehatan untuk persalinan caesar via beritasatu.com

Bila para orang tua sudah tahu biaya persalinan caesar mahal, kenapa tidak memanfaatkan BPJS Kesehatan saja? Dengan membayar tagihan setiap bulannya sebesar Rp100 ribu – Rp200ribu, sudah cukup membantu biaya persalinan caesar yang di-cover BPJS Kesehatan, berikut daftar biayanya:

Operasi Caesar Ringan:

  • Kelas 3: Rp5.257.900
  • Kelas 2: Rp6.936.000
  • Kelas 1: Rp7.333.000

Operasi Caesar Sedang:

  • Kelas 3: Rp5.780.000
  • Kelas 2: Rp6.936.000
  • Kelas 1: Rp8.092.000

Operasi Caesar Berat:

  • Kelas 3: Rp7.915.300
  • Kelas 2: Rp9.498.300
  • Kelas 1: Rp11.081.400

Perbedaan di atas tergantung dari tingkat kegawatan ibu dan bayi yang ada dikandungannya. Namun, ada hal lain yang perlu orang tua ketahui, yaitu BPJS Kesehatan akan menyetujui klaim persalinan caesar bila semua persyaratan terpenuhi seperti minimal sudah terdaftar 3 bulan, rutin membayar tagihan setiap bulannya dan pastinya memang sudah mendapat persetujuan dari dokter.

Walau hanya sekian persen yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, setidaknya sudah bisa mengurangi beban biaya caesar dan kekurangannya bisa ditambahkan dari tabungan lainnya.

5. Asuransi

kehamilan
Daftarkan diri pada asuransi kehamilan

Sedia payung sebelum hujan. Pepatah tersebut mengingatkan harus menyiapkan segala sesuatunya sebelum terlambat. Nah, ini sama halnya dengan para orang tua yang menghadapi biaya caesar yang mahal.

Tak ada salahnya daftarkan diri ke asuransi kehamilan sejak awal pernikahan. Pilhan ini sangat cocok bagi pasangan yang merencakanan kehamilah dari jauh-jauh hari. Sebab, nasabah yang terdaftar tak langsung menerima dana melahirkan secara langsung saat itu juga, tapi harus menunggu waktu sekitar 9-12 bulan baru dana diproses.

Cari tahulah terlebih dahulu mengenai asuransi kehamilan, ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan asuransi yang terbaik dan sudah pasti akan memberikan banyak keuntungan nantinya.

Rencanakan Sejak Awal untuk Anak Tercinta

Pilihan ada di tangan pasangan dalam menghadapi persiapan persalinan caesar. Ini semua hanya butuh perencanaan matang yang disusun sejak awal pernikahan untuk sang buah hati yang sudah dinanti 9 bulan lamanya. Tentukan pilihan atas keputusan bersama yang sesuai dengan kondisi keuangan. Dengan begitu, biaya saat persalinan mulai dari pra-caesar hingga pasca caesar bisa terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: Ini Dia Pilihan Asuransi Kesehatan yang Cocok untuk Wanita  

 
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Ekonomi | 24 September 2018 - 18:10

IHSG Senin sore ditutup melemah 75,52 poin

Ekonomi | 17 September 2018 - 19:09

Indeks bursa ditutup melemah seiring perang dagang

Liga Italia | 24 September 2018 - 09:03

Hasil dan klasemen Liga Italia, Juve jauhi kejaran pesaing

Arestasi | 16 September 2018 - 14:14

TNI-Polri ungkap jaringan pemasok senjata KKB Papua

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com