Kamis, 16 Agustus 2018 | 11:47 WIB

Daftar | Login

banner kuping banner kuping
Macro Ad

Berita Mitra

5 Cara Cerdas Mengatur Uang Supaya Bisa Beli Gadget Mahal

Jumat, 08 Juni 2018 - 10:06 WIB   
Cermati.com - 5 Cara Cerdas Mengatur Uang Supaya Bisa Beli Gadget Mahal
Cermati.com - 5 Cara Cerdas Mengatur Uang Supaya Bisa Beli Gadget Mahal

Bagi sebagian orang, mengikuti tren gaya hidup tentunya menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. Mereka beralasan agar dirinya tidak ketinggalan zaman. Mulai dari seringnya ganti penampilan hingga teknologi yang digunakan, salah satunya gadget.

Gonta-ganti gadget merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini. Harga gadget yang lumayan mahal membuat siapapun berpikir tujuh keliling saat ingin membelinya. Tapi kalau gadget yang dimiliki tidak diganti, tentunya ada saja yang dibilang kudet alias kurang update.

Dilema seperti ini kerap dirasakan kebanyakan orang terutama anak muda, apalagi kalau masih meminta uang dari orang tua. Tidak perlu khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengatur keuangan dengan baik agar bisa mewujudkan keinginannya membeli gadget yang diinginkan. Berikut beberapa cara cerdas mengatur keuangan.

Baca Juga: 6 Cara Menanamkan Kesadaran Atur Uang untuk Anak-Anak

1. Mencari Tahu Harga Gadget yang Diinginkan

gadget
Mencari Tahu Harga Gadget yang Diinginkan

Harga gadget sangat bervariasi, ada yang hanya jutaan, ada pula yang belasan juta. Hal ini tentunya tergantung dari fitur atau spesifikasi yang terdapat pada gadget tersebut. Sebelum mulai mengatur keuangan, Ketahui terlebih dahulu soal estimasi harga gadget yang diinginkan. Mengingat, harga gadget di setiap toko elektronik memiliki perbedaan. Maka, lakukan pengecekan harga di beberapa toko, lalu bandingkan dengan estimasi harga dari internet. Hal ini sangat perlu dilakukan agar mendapatkan tawaran harga terbaik.

2. Menerapkan Sistem Tabungan Harian

nabung
Menerapkan Sistem Tabungan Harian

Berapapun harga gadget yang diinginkan, pasti bisa dibeli bila memiliki niat menabung. Jumlah yang ditabung sebaiknya disesuaikan dengan harga gadget yang akan dibeli agar tidak terjadi selisih yang banyak. Kalau masih berstatus sebagai pelajar, terapkanlah sistem tabungan harian. Caranya dengan menyisihkan sebagian dari uang jajan per hari dan masukkan ke dalam celengan atau dompet khusus tabungan.

Baca Juga: Cara Cermat Atur Uang untuk Beli iPhone X

3. Mencatat Pengeluaran dengan Rinci

daftar anggaran
Mencatat Pengeluaran dengan Rinci

Agar keinginan membeli gadget baru bisa terwujud, mencatat jumlah pengeluaran rutin dengan rapi dan rinci juga perlu dilakukan. Mulai dari pengeluaran beli makan, minum, atau beli peralatan tulis dan sebagainya. Catat semua jenis pengeluaran ke dalam satu buku khusus pengeluaran. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol pengeluaran agar tidak kebablasan saat membelanjakan uang.

4. Jangan Bawa Kartu dan Uang Banyak

uang dan kartu
Jangan Bawa Kartu dan Uang Banyak Ketika Bepergian

Bila ingin bepergian, jangan membawa semua kartu debit dan uang dengan jumlah yang banyak. Bawalah satu kartu debit sebagai uang darurat dan uang tunai secukupnya. Cara ini sangat bagus dilakukan dengan tujuan agar bisa mengontrol hawa nafsu saat membelanjakan uang. Dengan jumlah uang pas-pasan, keinginan beli banyak barang akan hilang dengan sendirinya.

 

5. Membawa Bekal untuk Menekan Pengeluaran

bekal
Bawa Bekal untuk Menekan Pengeluaran

Salah satu pengeluaran yang tidak bisa dielakkan adalah beli makanan atau jajanan ringan. Agar lebih hemat, tidak ada salahnya bawa makanan dan minuman dari rumah. Siapkanlah makanan yang bergizi dan tentunya sesuai dengan porsi yang mengenyangkan dan jangan lupa bawa botol air minum. Selain lebih hemat, makanan dan minuman yang dibawa dari rumah juga lebih sehat karena kebersihannya benar-benar dijaga.

6. Jadi Freelancer, Apa Salahnya?

freelance
Jadi Freelancer

Punya hobi yang bisa menghasilkan uang? Bila punya, manfaatkanlah hobi tersebut mendapatkan uang tambahan. Misalnya saja, hobi menulis artikel, menulis cerpen, atau hobi di dunia fotografi bisa jadi peluang bagus mendapatkan pundi-pundi jumlah yang besar dengan jadi freelancer. Gunakan waktu luang sebaik mungkin, seperti setelah pulang kuliah atau waktu libur untuk bekerja sebagai freelancer.

7. Beli Gadget di Akhir Tahun

beli gadget
Beli Gadget

Biasanya, pada akhir tahun toko-toko elektronik sering melakukan bazar besar-besaran yang bertujuan menghabiskan stock barang elektronik termasuk gadget. Nah, pada bazar tersebut juga harga gadget yang ditawarkan jauh lebih murah daripada biasanya. Situasi ini bisa dimanfaatkan untuk mendapat gadget baru yang sudah lama diidam-idamkan. Tidak ada salahnya bandingkan harga gadget antara toko yang satu dengan harga di toko lain. Hal ini tentunya bisa mendapatkan harga gadget yang termurah.

Pilih Gadget Sesuai Kebutuhan

Keinginan membeli gadget sebaiknya dilandasi dengan tujuan yang jelas, bukan hanya sekedar ikut-ikutan jaman. Selain itu, sesuaikan gadget dengan kebutuhan agar gadget benar-benar memberikan manfaat yang maksimal mendukung aktivitas sehari-hari. Sehingga pengorbanan yang telah dilakukan tidak sia-sia.

Baca Juga: Cara Atur Uang bagi Anak Kos

 
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Kecantikan | 16 Agustus 2018 - 09:08

Langkah merawat kulit agar sehat menurut ahli

Manajemen | 09 Agustus 2018 - 14:15

Tips sebelum memulai bisnis fotografi

Megapolitan | 08 Agustus 2018 - 13:25

Penyerapan APBD DKI Jakarta Rp27,41 triliun

Bencana Alam | 06 Agustus 2018 - 14:24

Bandara Lombok beroperasi 24 jam pasca gempa

Liga Indonesia | 02 Agustus 2018 - 13:54

Persib puncaki klasemen, Mario Gomez merasa puas

Aktual Luar Negeri | 28 Juli 2018 - 09:47

PBB: Lebih dari 7.000 anak tewas di Suriah sejak 2011

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com