Sabtu, 20 Oktober 2018 | 18:48 WIB

Daftar | Login

MacroAd

Berita Mitra

4 Cara Mudah Membuat Anak Suka Makanan Rumahan yang Sehat

Senin, 11 Juni 2018 - 07:31 WIB   
Cermati.com - 4 Cara Mudah Membuat Anak Suka Makanan Rumahan yang Sehat
Cermati.com - 4 Cara Mudah Membuat Anak Suka Makanan Rumahan yang Sehat

Memiliki anak yang sulit makan, Anda tentu sering bingung untuk mencari cara mengatasi hal ini. Di masa pertumbuhannya si kecil akan membutuhkan asupan gizi yang seimbang, agar kelak bisa bertumbuh dengan optimal. Namun jika ternyata si kecil tidak begitu menyukai berbagai makanan sehat, maka hal ini akan menjadi pekerjaan yang rumit, bukan?

Makanan yang menarik dan enak, kerap menjadi pilihan anak-anak. Hal ini tentu tidak selalu baik, mengingat berbagai makanan enak ini bisa saja tidak sehat dan memenuhi standar gizi yang baik bagi anak.

Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan dari luar, maka bukan tidak mungkin anak akan terbiasa dan justru sulit untuk menyantap makanan sehat yang baik bagi pertumbuhannya. Hindari kondisi seperti ini sejak awal, agar anak bisa dengan mudah menyukai berbagai makanan sehat yang Anda sajikan. Tidak sulit, Anda bisa saja melakukan hal ini dengan beberapa langkah yang mudah.

Simak 4 cara berikut ini, yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan anak mengkonsumsi makanan rumahan yang sehat:

 

1. Biasakan Sejak Dini

Biasakan Sejak Dini
Biasakan Sejak Dini

Memberikan makanan sehat kepada anak, akan sangat tepat jika dimulai sejak dini. Di usia 6 bulan bayi sudah bisa mengkonsumsi makanan tambahan sebagai pelengkap ASI, dan bisa menjadikan momen ini sebagai awal yang tepat untuk membiasakan si kecil dengan makanan sehat.

Pastikan mengolah sendiri makanan anak, bahkan sejak mereka bayi. Hal ini akan menjamin kebersihan dan juga kecukupan nilai gizi di dalam makanan tersebut. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan lebih leluasa dalam memilih dan memberikan bahan-bahan makanan yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan si kecil. Hal seperti ini tentu tidak bisa Anda lakukan saat memberikan makanan instan, bukan?

Baca Juga: 6 Cara Tepat Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadhan

2. Olah Sendiri dan Jadikan Kebiasaan yang Menyenangkan

Memasak Sendiri
Memasak Sendiri

Penting untuk memastikan bahwa si kecil mengkonsumsi semua makanan yang dibutuhkannya dalam pertumbuhannya. Hal ini tentu bisa Anda lakukan, jika mengolah sendiri makanan si kecil dan tidak membelinya dari luar. Biasakan anak memakan makanan yang Anda siapkan, sehingga hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang menyenangkan baginya.

Agar si kecil lebih mudah makan, jangan lupa untuk menanyakan makanan apa yang ingin dia santap hari ini, sehingga bisa menyiapkan sesuatu yang sesuai dengan seleranya. Atau, bisa juga mengajaknya “berdiskusi” mengenai menu makanan yang diinginkannya, agar si kecil lebih mudah makan makanan sehat rumahan olahan.

3. Siapkan Minuman dan Camilan Sehat

Siapkan juga Minuman dan Camilan Sehat
Siapkan juga Minuman dan Camilan Sehat

Sebagaimana anak lainnya, si kecil juga tentu senang dengan berbagai minuman dan juga camilan yang lezat. Tak perlu khawatir dengan hal ini, sebab bisa saja menyiapkan sendiri berbagai minuman dan camilan sehat untuk si kecil.

Anda tinggal cari resep sehat di internet atau melakukan eksperimen sendiri di dapur, sehingga minuman dan juga camilan sehat yang Anda sajikan menarik dan disukai oleh si kecil. Gunakan hanya bahan-bahan makanan terbaik dan sehat, sehingga kandungan gizinya tetap lengkap dan baik untuk si kecil. Hal ini tidak akan terasa sulit, terutama jika memang senang bereksperimen dan menghasilkan berbagai menu makanan baru di rumah.

4. Beri Kejutan dan Tampilan Menarik

Buat Tampilan Makanan dengan Menarik
Buat Tampilan Makanan dengan Menarik

Sayuran dan buah merupakan dua bahan makanan yang sehat dan baik bagi si kecil, meskipun pada kenyataannya sering tidak disukai. Cobalah untuk membuat tampilan makanan yang menarik, termasuk menghias makanan tersebut dengan tambahan sayuran dan buah-buahan ini.

Agar lebih menarik dan disukai, jangan lupa gunakan kemasan yang lucu dan unik, sehingga si kecil lebih mudah suka dan tertarik dengan makanan sehat yang Anda sajikan untuknya.

Baca Juga: Pekerjaan Bikin Stres, Atasi dengan Lakukan 6 Cara Ini

Luangkan Waktu Khusus untuk Makanan Si Kecil

Memberi makanan anak kerap menjadi pekerjaan yang sulit, terutama jika ternyata si kecil tidak menyukai makanan sehat. Untuk hal ini, Anda perlu meluangkan waktu dan melakukan cara yang tepat sejak awal, agar si kecil terbiasa dan mudah memakan makanan sehat yang Anda sajikan. Berikan variasi dalam makanan sehat si kecil, sehingga terlihat menarik dan mudah disukai oleh anak.

Baca Juga: Lakukan Hal ini Sebelum Jam 8 Pagi, dan Lihat Perubahannya

 
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Pembangunan | 18 September 2018 - 12:49

Akses menuju tol Pekalongan masuk tahap penyempurnaan

Megapolitan | 19 Oktober 2018 - 14:33

Ketua MPR minta lapangan tembak Senayan dibuat tertutup

Aktual Dalam Negeri | 28 September 2018 - 19:22

Pemkab Muko-muko lengkasi fasilitas panti sosial 2019 mendatang

Ekonomi | 16 Agustus 2018 - 17:47

Jokowi janji berupaya jaga inflasi 3,5 persen

Aktual Dalam Negeri | 03 Oktober 2018 - 16:21

Prajurit Lanud Supadio galang dana peduli gempa Sulteng

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com