Menteri Jerman Ingin Cegah Pihak Asing Kuasai Perusahaan Penting
Kamis, 07 Februari 2019 - 08:29 WIB | Penulis : Mitra Elshinta Feeder
DW.com - Menteri Jerman Ingin Cegah Pihak Asing Kuasai Perusahaan Penting

Baru saja Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier memperkenalkan konsep "Strategi Industri Nasional 2030" kepada publik, kritik bermunculan dari berbagai pihak. Konsep itu resminya bertujuan untuk mengembangkan sektor industri nasional dan meningkatkan daya saing internasionalnya dalam teknologi dan inovasi. Tapi beberapa poin segera mendapat sorotan media.

Dalam upaya melindungi industri nasional, Altmeier mengusulkan perombakan UU Persaingan untuk mendukung perusahaan-perusahaan besar melakukan ekspansi, sekaligus mencegah pihak asing mengambil alih perusahaan-perusahaan kunci.

Dalam "situasi luar biasa" negara harus diizinkan untuk menasionalisasi sebagian bisnis-bisnis kunci untuk menghindari pengambilalihan oleh investor asing. Untuk itu Menteri Keuangan mengusulkan pembentukan dana investasi negara.

Kritik dari berbagai pihak

Juru bicara ekonomi dari Partai Liberaldemokrat FDP Reinhard Houben menggambarkan rencana Altmaier sebagai bagian dari "ekonomi terencana" dan menyerukan agar bisnis sebaiknya dibebaskan dari pajak dan kontribusi-kontribusi lain, dan dilepaskan dari "hambatan-hambatan birokrasi".

Di pihak lain, Ketua Partai Kiri Die Linke, Bernd Riexinger, menuduh Peter Altmaier gagal bertindak untuk kepentingan masyarakat banyak dan hanya puas menyerahkan lebih banyak wewenang kepada perusahaan.

Ketua Fraksi Partai Hijau Anton Hofreiter mengatakan, "alih-alih menggelembungkan perusahaan-perusahaan menjadi korporasi, pemerintah seharusnya menyusun sasaran ekologis dan sosial yang jelas."

Menjadi yang terdepan

Menteri Keuangan Peter Altmaier mengatakan, tahun 2016 perusahaan robotik Jerman Kuka diakuisisi oleh perusahaan Cina. Hal ini sangat membekas di ingatannya. Itu sebabnya Jerman perlu melindungi perusahaan-perusahaan pentingnya, seperti Siemens. Dalam konsep strategi nasionalnya disebutkan, Jerman perlu mencetak "juara-juara nasional dan Eropa" untuk bersaing dengan Cina dan AS.

Dalam perkembangan teknologi yang pesat, siapa pun yang mengendalikan teknologi-teknologi baru akan memiliki peluang "menjadi yang terdepan," kata Altmeier, sementara mereka yang "tidur dan melewatkan" perubahan-perubahan ini hanya akan menjadi "tukang bengkel bagi orang lain".

Sebagai teknologi kunci, konsep Strategi Industri Nasional 2030 antara lain menyebutkan sektor digital dan kecerdasan buatan. Altmeier mengatakan akan membahas strategi nasionalnya dengan perwakilan dari politik, bisnis, organisasi perdagangan, dan serikat pekerja. Dia berharap setelah itu akan lahir strategi nasional yang bisa diadopsi oleh pemerintah.

hp/ml (dpa, afp, rtr)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kamis, 18 April 2019 - 08:40 WIB
Laporan media internasional tentang pemilihan umum di Indonesia 2019 antara lain menyebutkan sebagai...
Kamis, 18 April 2019 - 08:40 WIB
Mantan Presiden Peru, Alan García, tewas bunuh diri dengan cara menembak dirinya ketika polisi da...
Kamis, 18 April 2019 - 08:40 WIB
Hasil quick count yang dilakukan oleh Lembaga Survei Charta Politika Indonesia menunjukkan pasangan ...
Kamis, 18 April 2019 - 08:40 WIB
Pelaksanaan pemilu serentak di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), disebut "berjalan...
Kamis, 18 April 2019 - 08:40 WIB
Korea Utara mengklaim telah menguji coba senjata model baru "yang dipandu secara taktis". ...
Kamis, 18 April 2019 - 08:40 WIB
Pengiriman pertama bantuan kemanusiaan dari Palang Merah tiba di Venezuela hari Selasa (16/4), menga...
Kamis, 18 April 2019 - 08:40 WIB
Setelah lima tahun dan dua misi penyelamatan yang gagal, seorang nenek warga Australia bertemu lagi ...
Kamis, 18 April 2019 - 08:40 WIB
Hanya beberapa hari yang lalu, Severine Vilbert berjalan-jalan di sekitar Notre Dame dengan putri su...
Kamis, 18 April 2019 - 08:40 WIB
Pemerintah AS pada Rabu (17/4) akan mengumumkan sanksi tambahan terhadap Venezuela, serta Kuba dan N...
Kamis, 18 April 2019 - 08:40 WIB
Para pakar memperingatkan penunjukan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) baru-baru ini oleh AS sebagai ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)