Sabtu, 20 Oktober 2018 | 18:47 WIB

Daftar | Login

MacroAd

Berita Mitra

Kanselir Angela Merkel: Penolakan Trump Terhadap Komunike G7 Bikin Suasana Suram

Senin, 11 Juni 2018 - 20:42 WIB   
DW.com - Kanselir Angela Merkel: Penolakan Trump Terhadap Komunike G7 Bikin Suasana Suram
DW.com - Kanselir Angela Merkel: Penolakan Trump Terhadap Komunike G7 Bikin Suasana Suram

Kanselir Jerman Angela Merkel, Jerman, kritik keputusan Presiden AS Donald Trump untuk menarik kembali dukungan terhadap komunike G7 melalui Twitter. Merkel bersikeras bahwa Jerman bertekad untuk mempertahankannya.

Dalam wawancara pertamanya sejak KTT G7 yang penuh perdebatan di Kanada, Merkel mengatakan kepada stasiun televisi Jerman ARD bahwa "penarikan melalui Twitter tentu saja serius dan sedikit menyedihkan." Kanselir juga mengumumkan bahwa Uni Eropa akan terus maju dengan "tindakan balasan" terhadaptarif baja dan aluminium Trump.

"Kami tidak akan membiarkan diri kami dirugikan lagi," kata Merkel dengan nada yang agresif. "Kita juga harus mengambil tindakan." Blok tersebut diperkirakan akan mengumumkan jawabannya terhadap sansksi tarif AS pada 1 Juli mendatang.

Ketika ditanya mengapa dia tampak begitu tenang setelah kegagalan di KTT G7, kanselir mengatakan bahwa meningkatkan retorika tidak akan membuat segalanya menjadi lebih baik.

Merkel mengatakan dia pertama kali mengetahui tentang keputusan Trump pada penerbangan kembali dari Kanada. Dia menggambarkan pengalaman itu sebagai "mengagetkan." Trump dianggap menghancurkan deklarasi "yang dinegosiasikan dengan susah payah".

Meskipun diterpa berbagai masalah dengan Trump, Merkel bersikeras bahwa ia akan terus mengadakan pembicaraan dan bekerja sama dengan presiden.

"Masih ada banyak alasan bagus untuk memperjuangkan kemitraan trans-Atlantik," katanya, seraya menambahkan bahwa putaran tarif perdagangan saat ini antara AS dan Uni Eropa tidak menandai berakhirnya kemitraan.

Namun demikian, insiden hari Sabtu (09/06) sepertinya hanya memperkuat komitmen kanselir untuk membentuk Uni Eropa yang lebih kuat dan lebih bersatu. Eropa harus menentukan nasibnya sendiri dan tidak lagi hanya sekedar mengikuti AS, kata Merkel.

Trump dan Merkel akan bertemu lagi di KTT pemimpin NATO bulan depan di Brussel.

vlz/hp (dpa, AFP)

elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Pembangunan | 18 September 2018 - 12:49

Akses menuju tol Pekalongan masuk tahap penyempurnaan

Megapolitan | 19 Oktober 2018 - 14:33

Ketua MPR minta lapangan tembak Senayan dibuat tertutup

Aktual Dalam Negeri | 28 September 2018 - 19:22

Pemkab Muko-muko lengkasi fasilitas panti sosial 2019 mendatang

Ekonomi | 16 Agustus 2018 - 17:47

Jokowi janji berupaya jaga inflasi 3,5 persen

Aktual Dalam Negeri | 03 Oktober 2018 - 16:21

Prajurit Lanud Supadio galang dana peduli gempa Sulteng

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com