Minggu, 19 Agustus 2018 | 00:58 WIB

Daftar | Login

Macro Ad

Berita Mitra

Punya Alergi Parah? Kenali Makanan yang Dapat Menyembuhkan dan Memperparah Alergi

Selasa, 12 Juni 2018 - 07:49 WIB   
Cermati.com - Punya Alergi Parah? Kenali Makanan yang Dapat Menyembuhkan dan Memperparah Alergi
Cermati.com - Punya Alergi Parah? Kenali Makanan yang Dapat Menyembuhkan dan Memperparah Alergi

Alergi seringkali disamakan dengan penyakit, padahal kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang cukup besar. Jika dilihat dari sisi medis, penyakit adalah gangguan tubuh karena adanya faktor-faktor tertentu yang berasal dari luar. Sedangkan alergi adalah kondisi tubuh yang menurun sehingga menimbulkan beberapa tanda yang mungkin cukup menganggu, semisal gatal-gatal, demam, bersin dan lainnya.

Alergi memang dapat hilang dengan sendirinya meskipun tanpa Anda obati sekalipun. Asalkan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh benar-benar tercukupi. Namun selain itu, bagi yang memiliki alergi akan lebih baik untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang dapat menyembuhkan alergi serta memperparah alergi yang Anda miliki.

 

Konsumsi Makanan Ini!

Yogurt, Salah Satu Makanan yang Cocok ketika Diserang Alergi
Yogurt, Salah Satu Makanan yang Cocok ketika Diserang Alergi

Bagi yang memiliki alergi, entah itu sedang hingga parah sekalipun akan lebih baik untuk mengkonsumsi makanan-makanan di bawah ini yang mana dapat membantu mengurangi bahkan menyembuhkan alergi yang Anda rasakan.

Baca Juga: Gejala Tipes, Penyakit Tipes, Pengobatan Sakit Tipes: Ini yang Perlu Kamu Tahu!

1. Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau akan sangat membantu meredakan gejala-gejala alergi yang Anda rasakan. Di dalam teh hijau terkandung anti-alergi natural yang lebih banyak jika dibandingkan dengan teh biasa. Tak heran jika teh hijau memiliki harga yang lebih mahal.

2. Wasabi

Makanan asal Jepang ini dapat membantu menurunkan indikasi alergi yang Anda rasakan. Saat mengalami gejala alergi seperti bersin-bersin, mengkonsumsi wasabi akan sangat membantu membuat hidung menjadi lebih lega. Sehingga tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi wasabi ketika alergi mulai kambuh.

3. Yogurt

Hobi mengkonsumsi susu fermentasi atau yoghurt memang menjadi salah satu kebiasaa baik bagi yang memiliki alergi. Hal ini dikarenakan kandungan protein dan Bakteri Lactobacillus  yang dapat membantu menguatkan sistem imun di dalam tubuh.

4. Omega-3

Anda bisa mendapatkan omega-3 dari ikan-ikanan seperti ikan tongkol, ikan salmon, dan lainnya. Kandungan omega-3 ini memiliki fungsi untuk mengembalikan energi di dalam tubuh menjadi lebih cepat. Selain itu omega-3 juga sangat membantu meredakan inflasmi sehingga radang menjadi cepat hilang.

5. Buah Nanas

Jika alergi terhadap tungau, debu, serbuk sari bunga, dan lainnya yang dapat menyebabkan gangguan pada bagian pernapasan maka buah nanas menjadi makanan yang sangat direkomendasikan. Hal ini karena kandungan senyawa bromelain alami yang ada di dalam buah nanas.

Fungsi dari bromelain sendiri dapat meringankan gangguan pernapasan yang diakibatkan alergi semisal susah bernapas, pilek, hidung tersumbat, dan lainnya. Bahkan senyawa ini dapat membantu mengobati peradangan pada penderita asma dan eksim.

6. Bayam

Sayuran hijau ini mengandung magnesium yang cukup tinggi. Kandungan magnesium ini lah yang berfungsi untuk membantu pelemasan pada otot-otot saluran pernapasan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah serangan asma yang dakibatkan alergi.

7. Jambu Biji

Jambu biji menjadi salah satu obat alergi alami yang direkomendasikan. Hal ini karena kandungan vitamin C yang dapat membantu tubuh mecegah dalam memproduksi Histamin. Histamin merupkan zat alami yang terbentuk ketika tubuh mengalami alergi yang mana menyebabkan gatal, ruam, bersin, mual, ataupun biduran.

Hindari Makanan Ini!

Hindari Makanan Pedas yang akan Memperburuk Efek Alergi
Hindari Makanan Pedas yang akan Memperburuk Efek Alergi

Berkebalikan dari daftar makanan diatas, makanan-makanan dibawah ini perlu Anda hindari ketika memiliki alergi.

1. Makanan Pedas

Jika Anda pecinta pedas namun memiliki alergi, akan lebih baik untuk menahan diri jika ingin mengkonsumsi makanan-makanan yang pedas. Mulai dari cabai, merica, dan bahan-bahan yang pedas lainnya. Hal ini karena makanan-makanan yang pedas akan memicu histamine yang semakin memperparah kondisi alergi yang sedang kambuh.

2. Makanan Mentah

Hindari untuk membeli makanan-makanan mentah ketika sedang terkena alergi. Misalnya sushi, steak (medium rare) dan lainnya. Makanan yang kurang matang tentu saja masih mengandung biota hidup yang kemudian akan masuk ke dalam tubuh.

3. Telur

Siapa yang menyangka jika telur dapat menyebabkan gatal-gatal di sekujur badan ketika memiliki alergi? Kandungan protein yang cukup tinggi di dalam telur akan kurang baik untuk penderita alergi. Bahkan bagi yang memiliki alergi kulit, mengkonsumsi telur akan makin memperparah kondisi alergi Anda.

Baca Juga: Penyakit Jantung: Ketahui Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Penanganannya

Jauhi Pantangan yang Ada dan Bangun Pola Hidup Sehat

Alergi memang bukan sebuah penyakit, namun bukan berarti membiarkannya begitu saja. Jauhi pantangan-pantangan yang sekiranya makin memperparah kondisi alergi. Selain itu jangan lupa untuk membangun pola hidup yang sehat sehingga sistem imun menjadi lebih kuat.

Baca Juga: Hipertensi: Penyebab Hipertensi, Gejala Hipertensi, Pengobatan dan Pencegahannya

 
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
elshinta.com
Aplikasi | 31 Mei 2018 - 11:05

BIG luncurkan Peta Jalur Mudik 2018

Bencana Alam | 18 Agustus 2018 - 11:46

BPBD Bantul targetkan wilayah kekeringan berkurang

Aktual Dalam Negeri | 17 Agustus 2018 - 21:57

Kado HUT Kemerdekaan RI, 24 napi Lapas Lowokwaru hirup udara bebas

Ekonomi | 16 Agustus 2018 - 19:25

IHSG ditutup melemah sebesar 32,79 poin

Aktual Dalam Negeri | 07 Agustus 2018 - 10:57

Tak kantongi izin, ratusan nelayan di Sumut tak melaut

Komentar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
elshinta.com

FOLLOW US:

© 2018 All Right Reserved. Elshinta.com