25 Universitas Terbaik di Dunia
Elshinta
Senin, 17 Juni 2019 - 06:20 WIB | Penulis : Mitra Elshinta Feeder
25 Universitas Terbaik di Dunia
Cermati.com - 25 Universitas Terbaik di Dunia

Pendidikan memang sesuatu yang cukup penting bagi sebagian orang di dunia. Tak heran bila beberapa dari mereka rela merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan pendidikan dan ilmu terbaik. Bahkan bila harus berpisah dari keluarga untuk menempuh pendidikan di negeri orang, hal itu tak menjadi masalah. Berjuta kilometer jauhnya dan bertahun-tahun lamanya terpisah dari keluarga demi menyabet gelar terbaik dan mendapatkan pekerjaan impian memang menjadi alasan terbesar orang-orang yang menempuh pendidikan jauh dari tempat tinggalnya.

Beberapa mungkin memaparkan alasannya bila hanya menempuh pendidikan di wilayah tempat tinggalnya, ia tak akan mendapatkan pendidikan dengan cara pandang yang luas. Semua alasan itu sah-sah saja.

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah negara bahkan menyediakan dana bantuan atau beasiswa bagi mereka yang ingin dan mampu secara intelektual untuk melanjutkan studi di luar negeri. Bahkan beasiswa ini terkadang ada yang membiayai biaya selama hidup di perantauan.

Pendidikan memang aset yang berharga sehingga pemerintah pun banyak mengeluarkan dana untuk beasiswa dengan harapan anak bangsa akan kembali dan membangun negaranya sehingga dapat berkembang dan maju, tidak kalah dengan negara maju seperti Amerika dan Jerman. Berikut beberapa tujuan universitas terbaik di dunia yang kerap kali menjadi idaman para pelajar di seluruh dunia versi cermati.com :

 

1. Massachusetts Institute of Technology, United States

Massachusetts University
Institut Tehnologi Massachusetts via chemistry2011.org

MIT merupakan institusi riset swasta dan universitas yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts. Kampus ini memiliki 5 sekolah dari satu kolase yang mencakup setidaknya 32 departemen khusus pada sains dan penelitian teknologi. MIT terpilih masuk dalam Asosiasi Universitas Amerika pada 1934 dan berperan sebagai universitas riset dengan tingkat aktivitas penelitian tertinggi dunia. Bahkan pemerintah federal sering merekrut calon karyawan mereka dari universitas ini, diantaranya Departemen Kesehatan dan Pelayanan Manusia, Departemen Pertahanan, Departemen Energi, National Science Fundation, hingga NASA.

2. Stanford University, United States

Stanford University
Universitas Stanford via utahpeoplespost.com

Letaknya sekitar 60 kilometer di tenggara San Fransisco. Kampus ini dikenal sebagai kampus terbesar kedua di dunia yang terdiri atas sekolah teknik, kedokteran, pendidikan, hukum, ilmu bumi, bisnis, sains, dan humaniora. Bahkan universitas ini mempunyai sejumlah program dan rumah sakit pendidikan. Secara konsisten, Universitas Stanford berada dalam 10 teratas daftar universitas terbaik dunia baik untuk hal pendidikan maupun penelitian.

3. Harvard University, United States

Harvard University
Universitas Harvard via bestvalueschools.com

Harvard University merupakan universitas swasta yang berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat yang berdiri pada 8 September 1636 dengan akumulasi luas wilayah kampus sekitar 2.000 hektar. Universitas Harvard merupakan salah satu kampus bergengsi dunia dengn pendapatan terbesar di antara universitas di seluruh dunia.

Kampus ini memiliki lebih dari 9 fakultas, di antaranya adalah Fakultas Seni dan Sains, Fakultas Kedokteran, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Publich Health, dan Kennedy School of Government.

4. California Institute of Technology, United States

California Institute of Technology
Institut Teknologi California via learn-and-get-it.blogspot.co.id

Institut Teknologi California atau dikenal juga dengan nama Caltech ini merupakan salah satu universitas swasta yang terbuka baik untuk laki-laki maupun perempuan. Kampusnya terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat. Caltech cukup terkemuka sebagai salah satu universitas untuk aktivitas riset yang tinggi. Caltech mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik serta memiliki dan mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa yang memimpin dunia dan dikenal dengan nama Jet Propulsion Laboratory.

5. University of Oxford, United Kingdom

Universitas Oxford
The University of Oxford via mostbeautifulplacesintheworld.org

University of Oxford merupakan perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang terletak di kota Oxford, Inggris. Universitas ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dari berbagai departemen akademik.

Bersama Universitas Cambridge, Universitas Oxford secara rutin menduduki posisi dalam daftar universitas terbaik dunia. Beberapa jurusan yang ditawarkan oleh Universitas Oxford antara lain arsitektur, bangunan dan perencanaan, bisnis dan manajemen, hukum, humaniora, ilmu komputer, dan masih banyak lagi.

6. University of Cambridge, United Kingdom

University of Cambridge, United Kingdom
University of Cambridge, United Kingdom via image.unijobs.co.uk

Merupakan kampus tertua kedua di Inggris yang persyaratan masuknya paling ketat di Britania Raya. Universitas Cambridge dikenal telah memiliki sejarah kompetisi yang lama dengan Universitas Oxford dan dipandang sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Inggris.

Cambridge merupakan anggota jaringan besar universitas yang berorientasi riset di Britania dengan nama Grup Russel. Kampus ini juga merupakan anggota dari Grup Coimbra yang merupakan perhimpunan universitas terkemuka di Eropa dan anggota LERU atau Liga Universitas Riset Eropa.

7. Swiss Federal Institute of Technology Zurich, Switzerland

Swiss Federal Institute of Technology Zurich, Switzerland
Swiss Federal Institute of Technology Zurich, Switzerland via picpicx.com

Merupakan universitas gabungan antara dua lembaga pendidikan tinggi yaitu yang berada di Zurich dan Laussane. ETH Zurich merupakan universitas teknik, teknologi, ilmu pengetahuan, dan matematika. Universitas ini dibangun pemerintah federal Swiss pada tahun 1855 dan memiliki misi untuk mendidik insinyur dan ilmuwan serta menjadi pusat keunggulan nasional dan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

8. Imperial College, London, United Kingdom

Imperial College, London, United Kingdom
Imperial College, London, United Kingdom via uk.com.pk

Imperial College juga dikenal dengan sebutan 'The Imperial College of Science, Technology, and Medic'. Kampus ini berada di London, Inggris, dan mengabadikan diri dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, serta bisnis. ICL selalu masuk kedalam daftar universitas terbaik dunia tahun 2015 dan menjadi pusat utama penelitian biomedis dengan melakukan penelitian mengenai kesehatan biologis. ICL juga merupakan salah satu anggota pendiri Francis Crick Institute dan Imperial College Healthcare.

4. University of California, Berkeley, United States

University of California,  Berkeley

University Of California, Berkeley via static6.businessinsider.com

 

Dikenal dengan nama lain Cal, UC Berkeley, atau Berkeley. Kampus ini merupakan universitas publik yang terletak di timur Teluk San Fransisco yang merupakan pemimpin universitas riset. UC Berkeley berdiri tahun 1868. Kini akumulasi luas wilayah mencapai 2.703 hektar. Kampus ini juga terkenal dengan kualitas akademis yang luar biasa. Jebolan salah kampus terbaik dunia ini adalah Steve Wozniak atau yang dikenal sebagai salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs. Untuk dapat melanjutkan pendidikan di universitas ini, Anda harus mengeluarkan dana sebesar USD 38,140 atau sekitar Rp495,820 Juta (USD 1 = Rp13.000) per tahun.

9. University of Chicago

Universitas Chicago

Universitas Chicago adalah sebuah universitas swasta, yang fokus pada penelitian coeducational dan terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890. Universitas ini juga menghasilkan banyak mantan mahasiswa terkenal, termasuk 13 miliarder dan 51 ilmuwan Rhodes yang sangat terhormat. Jumlah pelajarnya saat ini 13.557 orang, yang terdiri dari 3.379 orang mahasiswa internasional.

10. University College London, United Kingdom

University College London, United Kingdom
University College London, United Kingdom via famouswonders.com

Lebih dikenal dengan singkatan UCL, merupakan salah satu universitas terbaik dan bergengsi di dunia. Universitas ini terletak di jantung kota London dan dikelilingi konsentrasi perpustakaan, museum, dan badan profesional Eropa. Universitas ini dikenal memiliki reputasi internasional untuk kualitas pengajaran dan pendidikan di seluruh spektrum akademik. 

11. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore

Universitas Nasional Singapura ini didirikan pada tahun 1905. Universitas ini memiliki kampus seluas 1,5 km² dan merupakan universitas terbesar di Singapura berd