Berfoto di Pesawat, Apa yang Harus Diperhatikan?
Elshinta
Jumat, 19 Juli 2019 - 08:43 WIB | Penulis : Mitra Elshinta Feeder
Berfoto di Pesawat, Apa yang Harus Diperhatikan?
DW.com - Berfoto di Pesawat, Apa yang Harus Diperhatikan?

Heboh kasus boleh atau tidaknya mengambil foto di dalam pesawat, Garuda Indonesia mengatakan pihaknya tetap membolehkan penumpang untuk mengambil foto atau swafoto di pesawat, asal tidak menganggu kenyamanan penumpang lain.

Imbauan ini wajar mengingat penumpang perlu berhati-hati untuk tidak melanggar privasi penumpang lain atau bahkan tidak sengaja mencelakai mereka saat mengambil foto di pesawat.

Seperti apa sebenarnya aturan berfoto di pesawat agar tidak melanggar kenyamanan dan keselamatan sesama penumpang dan awak pesawat?

Lain maskapai lain aturan

Apakah sebuah maskapai bisa melarang seseorang untuk memengambil gambar? Bisa, jika Anda berada di dalam sebuah pesawat. Demikian ujar Daniel Greenberg, seorang pengacara yang mengambil spesialisasi terkait hak-hak dan hukum fotografi seperti dikutip dari Huffington Post.

"Anda tidak bisa melarang fotografi di tempat umum," katanya. "Tapi larangan memotret di properti pribadi adalah sah. Keputusan itu ada di tangan pemilik properti. Jika Anda tidak ingin mengikuti aturan itu, jangan naik ke pesawat tersebut."

Seringnya, larangan pengambilan foto ini tidak dituangkan aturan dalam secara tertulis namun lebih berdasarkan pertimbangan profesional para karyawan mereka.

Ambil contoh maskapai AS, American Airlines, memang tidak mengeluarkan larangan untuk mengambil foto dalam kabin pesawatnya. Namun, belakangan mereka memperbarui kebijakan internalnya yang membolehkan para pegawai di bandar udara, termasuk petugas tiket, petugas kargo dan petugas di kabin melarang para penumpang untuk memotret.

Jeffrey Loop, seorang pengacara dan fotografer, setuju bahwa tidak menarik perhatian adalah cara terbaik untuk menghindari masalah terkait fotografi.

"Jika Anda mengambil foto di pesawat dan diminta untuk berhenti, jangan berdebat atau tersinggung," tambahnya. "Berhentilah dan selamatkan dirimu dari masalah."

Bolehkah pakai tongkat swafoto?

Sementara untuk peraturan apakah boleh melakukan swafoto dengan menggunakan bantuan tongkat, berbagai maskapai dari Eropa, Amerika dan Asia memiliki aturan yang berbeda.

Dikutip dari laman selfiestickgear, maskapai penerbangan seperti British Airways, Virgin Atlantic dan Singapore Airlines pada dasarnya tidak memiliki kebijakan yang spesifik terkait dengan tongkat swafoto.

Meski demikian, Virgin Atlantic berpendapat mereka dapat melarang penggunaan tongkat itu jika mengganggu kelancaran saat pemeriksaan keamanan atau pun mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Jadi di maskapai tersebut boleh-boleh saja pakai tongkat narsis, tapi jangan sampai mengganggu!

Sementara maskapai penerbangan dengan bujet murah asal Irlandia, Ryanair, mengatakan tidak masalah jika penumpang membawa tongkat ini ke kabin pesawat.

Tetapi tampaknya mereka tidak begitu suka jika penumpang menggunakannya di kabin atas dasar alasan keselamatan dan kenyamanan. Jadi sebaiknya tidak usah pakai tongkat swafoto dulu selama terbang dengan Ryanair.

Nah, jika Anda terbang dengan maskapai penerbangan asal Prancis, Air France, lupakan saja tongkat swafoto! Maskapai ini sama sekali bukan penggemar tongkat alat bantu memotret itu.

Pihak Air France mengatakan mereka tidak mengizinkan penumpang untuk membawa perangkat ini dalam tas tangan. Penggunaannya juga tidak diizinkan selama penerbangan, di atas pesawat, atau di darat. Jadi, jangan sekali pun berpikir untuk mengeluarkan perangkat selfie itu!

Lucu-lucuan sih, tapi...

Dalam keterangannya, Rius Vernandes yang memotret dan mengunggah gambar menu Garuda Indonesia yang masih bertuliskan tangan mengatakan tidak bermaksud menghina siapa pun ketika mengambil foto itu dan mengunggahnya ke sosial media.

Dengan begitu mudahnya akses untuk memotret dan mengunggah gambar ke internet, seseorang mudah saja tergoda untuk mengambil gambar apa pun dan siapa pun yang dianggap menarik atau lucu.

Dalam kondisi seperti ini, situs The Spruce menulis jika seseorang berada pada situasi dimana ia menganggap sesuatu sebagai hal yang lucu, harap pertimbangkan juga perasaan orang lain ketika melihat hal yang sama. Jangan sampai jadinya malah mempermalukan orang lain.

Situs ini kemudian ini mencontohkan jangan pernah mengambil foto selfie di toilet umum, di mana orang lain mungkin terfoto sedang berada dalam posisi atau situasi yang memalukan.

ae/hp (berbagai sumber)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Trump Ingin Rusia Kembali ke Kelompok G7
Jumat, 23 Agustus 2019 - 08:41 WIB
Presiden Amerika Donald Trump, Rabu (21/8), mengatakan, ia ingin Rusia kembali dimasukkan ke dalam k...
AS Serukan Kuba Bebaskan Wartawan Pengkritik Pemerintah
Jumat, 23 Agustus 2019 - 08:41 WIB
Pemerintah Amerika, Rabu (21/8), menyerukan pada Kuba supaya mencabut tuduhan atas seorang wartawan,...
Dua Tentara AS Tewas Dalam Pertempuran di Afghanistan
Jumat, 23 Agustus 2019 - 08:41 WIB
Dua orang tentara Amerika tewas, Rabu (218), di Afghanistan, kata para pejabat Amerika. Ini terjadi ...
PM Islandia Tolak Kunjungan Wapres AS Mike Pence
Jumat, 23 Agustus 2019 - 08:41 WIB
Perdana Menteri Islandia Katrin Jakobsdottir mengatakan ia tidak akan berada di ibu kota pada hari W...
Presiden Brazil: LSM yang Sebabkan Kebakaran Hutan
Jumat, 23 Agustus 2019 - 08:41 WIB
Presiden Brazil Jair Bolsonaro menuduh sejumlah lembaga swadaya masyarakat atau LSM bertanggung jawa...
Tak Seorang Rohingya pun Muncul untuk Dipulangkan ke Myanmar
Jumat, 23 Agustus 2019 - 08:41 WIB
Komisioner pengungsi Bangladesh, Kamis (22/8) mengatakan bahwa tak seorang pun Muslim Rohingya yang ...
Mantan PM Denmark Kecam Trump Soal Anggaran Pertahanan
Jumat, 23 Agustus 2019 - 08:41 WIB
Mantan Perdana Menteri Denmark Lars Loekke Rasmussen, Kamis (22/8) mengecam Presiden Amerika Donald ...
Iran Pamerkan Sistem Rudal Jarak Jauh Buatan Dalam Negerinya
Jumat, 23 Agustus 2019 - 08:41 WIB
Media pemerintah Iran menyatakan pemerintah, Kamis (22/8) memamerkan sistem rudal jarak jauh yang di...
Trump Bersikeras Katakan Demokrat Buruk Bagi Israel
Jumat, 23 Agustus 2019 - 08:41 WIB
Presiden AS Donald Trump bersikeras mengatakan, warga Amerika keturunan Yahudi seharusnya memberik...
Korut Katakan Uji Coba Rudal AS Bisa Picu Perang Dingin Baru
Jumat, 23 Agustus 2019 - 08:41 WIB
Seorang juru bicara pemerintah Korea Utara, Kamis (22/8) mengatakan, uji coba rudal jelajah jarak me...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)