5 Kiat Tetap Sehat dan Bahagia Saat Isolasi Mandiri di Rumah
Elshinta
Jumat, 27 Maret 2020 - 12:22 WIB | Penulis : Mitra Elshinta Feeder
5 Kiat Tetap Sehat dan Bahagia Saat Isolasi Mandiri di Rumah
DW.com - 5 Kiat Tetap Sehat dan Bahagia Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Saat seperti ini, banyak hal yang sepertinya terasa di luar kendali. Rutinitas harian menjadi kacau, masa depan juga seolah jauh dari kepastian. Namun masih banyak kegiatan yang tetap bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan jasmani dan kesejahteraan mental, saat terpaksa membatasi kontak sosial dan bekerja dari rumah untuk mengurangi laju infeksi virus corona seperti saat ini.

Asupan gizi seimbang

Pola makan sehat telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan obesitas, serta mengurangi depresi dan kecemasan. Diet seimbang idealnya meliputi berbagai makanan yang kayavitamin A, B, C, D dan E, serta mineral besi, seng dan selenium.

Vitamin B bisa didapati dari mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, kacang-kacangan, pisang, telur, unggas, dan ikan. Vitamin ini penting bagi otak dan menjadi bahan kimia pembentuk hormon kebahagiaan yaitu serotonin dan dopamin. Kurangnya vitamin B6, B12 dan folat (B9) sering ditemui pada kasus-kasus depresi.

Selain itu, penting juga untuk menjaga kesehatan pencernaan yang terbukti memiliki dampak luar biasa pada suasana hati dan perilaku. Prebiotik dan probiotik, yang ditemukan dalam makanan fermentasi seperti kefir, tempe, sauerkraut, kimchi dan yogurt dapat mengurangi peradangan, meningkatkan mood dan fungsi kognitif. Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, juga mengingatkan agar tidak "beralih ke rokok, alkohol, atau obat-obatan lain untuk menghadapi masalah emosi Anda." WHO merekomendasikan untuk berbicara dengan dokter atau psikolog jika Anda merasa segalanya berada di luar kendali.

Tidur lelap

Tidur sangat penting bagi tubuh untuk memperbaiki sel, membersihkan racun, mengkonsolidasikan ingatan dan memproses informasi. Ada bukti kuat bahwa kurang tidur dapat berdampak besar terhadap kesehatan. Kurang tidur juga secara negatif dapat memengaruhi konsentrasi, kesejahteraan psikologis, dan bahkan kecerdasan emosi. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan kronis, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Sangat penting untuk mempertahankan rutinitas tidur yang teratur agar hari-hari tetap berjalan sesuai pola normal. Jika Anda merasa sulit tidur karena cemas dan khawatir, cobalah untuk membatasi diri dari membaca berita sebelum tidur. Langkah ini juga dapat membantu mengurangi paparan akibat layar komputer atau telepon genggam di malam hari, karena efek cahaya biru pada retina dapat mengganggu kualitas tidur.

Cukup olahraga

Olahrga melepaskan bahan kimia dalam tubuh yang membuat kita merasa lebih baik. Selain itu, olahraga juga dikaitkan dengan membaiknya kualitas tidur, berkurangnya stres dan kecemasan, dan meningkatnya memori serta kemampuan kognitif. Marcus Thormann, pemilik pusat kebugaran di Jerman merekomendasikan gerakan moderat selama 30 menit per hari, seperti yang dianjurkan oleh WHO.

"Anda dapat membaginya menjadi tiap 10 menit, yakni 10 menit di pagi hari, 10 di sore hari, dan 10 di malam hari. Ketika Anda menetapkannya sebagai rutinitas harian, maka hari-hari Anda akan terstruktur dengan lebih baik juga," ujar Thormann kepada DW. Namun tunda dulu berolahraga ketika Anda mengalami gejala mirip flu, atau jika merasa lelah.

Tetap berhubungan sosial

Pada saat seperti inilah kita terasa lebih membutuhkan teman-teman. Bukti menunjukkan bahwa keterhubungan secara sosial sama pentingnya bagi kesehatan seperti juga pola makan, olahraga, dan tidur.

Anda tidak boleh mengadakan pesta makan malam atau piknik pada saat-saat seperti ini. Cobalah buat janji melalui panggilan video. Anda dapat mengatur makan malam virtual seperti lewat aplikasi Zoom, Houseparty, atau Google Hangouts. Atau bisa juga mengajak teman jalan-jalan virtual atau melakukan aktivitas di rumah masing-masing secara bersama, seperti membuat kerajinan atau menggambar.

Lakukan kegiatan yang menenangkan

Isolasi sosial yang berlaku di banyak negara saat ini dapat memberikan kesempatan sempurna bagi banyak orang untuk ambil sedikit jeda dari mengikuti perkembangan berita.

Anda mau melakukan apa? Berkebun, memasak, mengisi teka-teki silang, kerajinan, menjahit, belajar bermeditasi, membangun furnitur, membaca tumpukan buku di samping tempat tidur? Sekarang saat yang tepat untuk melakukan semua yang selama ini Anda tunda. (ae/vlz)



Terkurung, waktu berjalan lambat, bosan, bahkan agak sedih? Meski harus berada di dalam rumah selama wabah corona, masih ada banyak hal yang dapat Anda lakukan agar tetap sehat dan bahagia. 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bantuan Langit di Masa Sulit - Inilah Santo dan Santa Pelindung di Agama Katholik
Rabu, 27 Mei 2020 - 05:32 WIB
Penderitaan mereka jadi inspirasi spiritual bagi ratusan juta umat Katholik di dunia. Sebelas peremp...
Lebih dari 100 Orang Terinfeksi Covid-19 Setelah Kebaktian di Gereja Frankfurt
Rabu, 27 Mei 2020 - 05:32 WIB
Sekitar 40 kasus infeksi Covid-19 ditemukan di kota Frankfurt dan sekitarnya di Jerman, yang dikaitk...
Dua Orang Tertular Virus Corona dari Cerpelai
Rabu, 27 Mei 2020 - 05:32 WIB
Cerpelai dengan virus corona dilaporkan telah menginfeksi dua orang di Belanda. Penularan dari cerpe...
Kasus Corona Meningkat, 15.000 Pengungsi Rohingya Dikarantina di Bangladesh
Rabu, 27 Mei 2020 - 05:32 WIB
Sekitar 15.000 pengungsi Rohingya kini dikarantina di kamp-kamp pengungsian besar di Bangladesh, dem...
Jerman Akan Cabut Peringatan Perjalanan ke 31 Negara Eropa
Rabu, 27 Mei 2020 - 05:32 WIB
Pemerintah Jerman bermaksud mencabut peringatan perjalanan untuk perjalanan wisata ke 31 negara Erop...
Daerah Tujuan Wisata di Eropa Mulai Dibuka Setelah Lama Alami Lockdown
Rabu, 27 Mei 2020 - 05:32 WIB
Menjelang liburan musim panas di Eropa, negara-negara yang secara tradisional menjadi tujuan utama w...
WHO Hentikan Ujicoba Hydroxychloroquine Untuk Obati Covid-19
Rabu, 27 Mei 2020 - 05:32 WIB
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan, uji klinis obat anti malaria Hydroxych...
Anjing Bisa Endus Bau Khas Infeksi Covid-19
Rabu, 27 Mei 2020 - 05:32 WIB
Universitas Helsinki?di Finlandia melakukanriset dengan memanfaatkan anjing yang sudah dilatih sebag...
Setahun Legalisasi Pernikahan Sesama Jenis di Taiwan, Belum Juga Tercapai ‘Kebahagiaan Selamanya‘
Selasa, 26 Mei 2020 - 05:18 WIB
Ketika Taiwan menjadi tempat pertama di Asia yang mengizinkan pernikahan sesama jenis tahun lalu, s...
Bagaimana Mengenali Teori Konspirasi Pandemi Covid-19?
Selasa, 26 Mei 2020 - 05:18 WIB
Warga dunia kini sedang berada di tengah pusaran krisis dampak pandemi Covid-19. Bukan hanya masalah...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV