7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan
Elshinta
Senin, 10 Juni 2019 - 09:42 WIB | Penulis : Mitra Elshinta Feeder
7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan
Cermati.com - 7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Semua orang tanpa terkecuali pasti menyukai dan menunggu-nunggu masa liburan. Bagaimana tidak? Setelah setiap hari berjerih payah mengumpulkan uang, liburan sangat bermanfaat untuk menjadi pelepas penat dalam pikiran. Jadi, tidak heran banyak orang yang menghabiskan masa liburannya dengan bersantai-santai, pergi ke daerah yang tenang, atau juga pergi ke tempat wisata.

Namun, setelah masa liburan sudah selesai, masalah kembali muncul. Perasaan liburan yang menyenangkan itu sulit dihilangkan sehingga semangat untuk kembali bekerja jadi turun. Mungkin banyak dari kamu yang juga merasakan hal ini setelah liburan. Ini adalah masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama, bisa saja pekerjaan menjadi berantakan sehingga kena teguran dari atasan.

Jadi, lakukanlah beberapa tips berikut ini yang telah Cermati.com rangkum agar kamu kembali semangat bekerja setelah liburan.

 

1. Pikirkan Kesenangan dalam Bekerja

meeting
Pikirkan Kesenangan Bekerja

Dibanding dengan liburan, tentu saja bekerja adalah hal yang tidak menyenangkan, namun jika kamu menyukai pekerjaan kamu, pasti ada sisi senangnya dari pekerjaan kamu. Agar kamu bisa kembali bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan itu. Misalnya, kamu bisa pikirkan tentang bertemu dengan teman kerjamu yang sudah lama tak bertemu. Dengan memikirkan sisi positif dari pekerjaan kamu, maka akan semakin mudah bagi kamu untuk menumbuhkan semangat kerjamu yang sudah hampir sirna itu.

2. Buat Jadwal Hari Kerja Pertama

jadwal
Buat Jadwal Hari Kerja Pertama

 Memiliki kegiatan yang tertata rapi akan membuat kamu lebih bersemangat dalam bekerja. Buatlah jadwal pekerjaan yang akan kamu selesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa minggu ke depan. Dengan begitu, kamu secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya dan secara tidak sengaja semangat kerjamu bisa kembali meningkat. Jika punya jadwal yang jelas, maka kamu juga memiliki tujuan kerja yang jelas dan hal itulah yang bisa memacu kamu untuk lebih bersemangat.

3. Datang Lebih Pagi

jam kerja
Datang Kerja Lebih Pagi

Setelah beberapa lama bermalas-malasan di rumah, kamu jadi terbiasa untuk terus malas dan bangun siang. Tapi sekarang adalah saatnya kamu bekerja, jadi tinggalkan kebiasaan itu. Caranya adalah dengan cara memaksakan diri untuk bangun dan datang lebih pagi ke tempat kerjamu. Dengan begini, kamu punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk melakukan pekerjaanmu yang sudah lama ditinggalkan sehingga kamu tidak keteteran saat mengerjakannya nanti.

Baca Juga: 6 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Kerja

4. Mulai Bekerja Secara Perlahan

kerja
Kerja Perlahan Tapi Pasti

Setelah liburan pasti banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Tenang saja, jangan panik karena ini adalah hal yang normal. Pokoknya lakukan saja pekerjaan itu dengan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran kamu masih belum sepenuhnya focus pada pekerjaan itu. Bisa jadi jika kamu terburu-buru, kamu malah semakin memperlama penyelesaian pekerjaan kamu karena harus sering diulang. Lebih baik kerjakan sedikit demi sedikit. Perlahan asal pasti, itu lebih baik. Jika adanya kendala dalam menyelesaikan kerjaan tak ada salahnya minta bantuan dengan rekan kerja.

5. Atur Waktu Dengan Bijaksana

jam
Atur waktu dengan bijaksana

Pekerjaan yang menumpuk mendorong kamu untuk lembur? Jangan lakukan ini, karena bisa merusak semua hal baik yang sudah kamu ciptakan selama liburan kemarin bersama keluarga dan orang terdekatmu. Lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan. Tapi ketika saatnya selesai kerja, pakailah waktu untuk memperhatikan keluargamu. Ingatlah mereka jauh lebih penting dari pekerjaanmu. Lagipula, dengan memiliki pengaturan waktu yang baik, kamu bisa semakin semangat bekerja. Kedekatan dengan keluarga seperti saat liburan akan membawa kamu untuk bisa fokus bekerja pada waktunya.

Baca Juga: Atasi Stres Kamu Ditempat Kerja Dengan Cara Ini

6. Jangan Terbawa Teman yang Malas

kerja malas
Jangan Terbawa Teman Yang Malas

Musim liburan memang sangat bisa membuat orang jadi malas. Mungkin teman-teman kerjamu masih bermalas-malasan pasca liburan dan ini bisa mempengaruhi kamu. Tapi jangan biarkan mereka mempengaruhi kamu, melainkan kamu yang harus pengaruhi mereka untuk semangat bekerja. Pertahankan semangat kerjamu dan jangan terbawa dengan kemalasan mereka.

7. Langsung Fokus Bekerja

fokus
Fokus Bekerja

Hal yang paling utama, tentu saja kembali fokus ke dalam masalah kerja. Lupakan euforia liburan, karena masa tersebut sudah selesai dan Anda mesti mengembalikan mood agar bisa bekerja dengan baik. Ingat, liburan sangat berguna untuk mengembalikan semangat bekerja yang mungkin sudah mulai padam karena rasa bosan.

Bekerja Dan Menabung

Setelah selesai menghabiskan uang di masa liburanmu kemarin, sekarang saatnya kamu untuk mengumpulkan uang lagi untuk hidup dan merencanakan liburan selanjutnya. Pikiran seperti ini bisa membuat kamu semakin semangat untuk bekerja dan menabung. Oleh karena itu, bekerja keraslah dan tabunglah uang hasil kerjamu supaya semakin banyak uang yang bisa kamu pakai untuk liburan nanti. Semangat!

Baca Juga: 10 Pekerjaan Unik Dengan Gaji Besar

 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
5 Tips Rencanakan Pesta Pernikahan Meriah dengan Budget Minim
Senin, 01 Juli 2019 - 08:29 WIB
Saat merencanakan sebuah pesta pernikahan, tentu akan membuat pasangan calon pengantin harus memikir...
Tak Selalu Negatif, Video Game juga Berikan 7 Dampak Positif untuk Anak
Senin, 01 Juli 2019 - 08:29 WIB
Siapa orang tua yang tahan bila melihat anaknya sibuk bermain game? Pastinya tak ada. Pasalnya, berm...
Cara Menghitung Bunga Deposito, Seperti Apa Rumusnya?
Senin, 01 Juli 2019 - 08:29 WIB
Deposito merupakan salah satu produk dari lembaga keuangan atau perbankan yang memberikan layan...
5 Bisnis UKM Bermodal Kecil Namun Memiliki Prospek yang Cerah  
Jumat, 28 Juni 2019 - 08:22 WIB
Semakin hari, semakin banyak orang yang sadar akan keuntungan yang didapatkan dari menekuni sebuah b...
Fakta yang Harus kamu Hadapi Jika Ingin Menjadi Influencer
Kamis, 27 Juni 2019 - 12:07 WIB
Sebelum membahas lebih dalam tentang apa itu influencer, apakah kamu sudah mengerti pekerjaan seoran...
5 Cara Mudah Untuk Menambah Simpanan Masa Tua
Rabu, 26 Juni 2019 - 08:20 WIB
Memiliki tabungan yang cukup untuk masa pensiun adalah sebuah usaha agar masa tua terjamin. Banyak o...
Aturan Baru: Beli Rumah Harga Segini Bayar Pajaknya Rp6 Miliar!
Selasa, 25 Juni 2019 - 08:48 WIB
Ilustrasi pajak rumah mewah Cermati.com – Melalui peraturan pemerintah terbaru, batas harga p...
Diet GM Tokcer Turunkan Berat Badan Dalam Seminggu, Jangan Kaget Lihat Timbangan!
Senin, 24 Juni 2019 - 08:18 WIB
Hampir semua orang, baik pria maupun wanita mendambakan memiliki tubuh sehat dan ideal, langsing, te...
5 Cara ini Bikin Bebas Utang Meski Gaji Minim
Senin, 24 Juni 2019 - 08:18 WIB
Memiliki utang menjadi salah satu masalah keuangan yang bisa dialami oleh siapa saja. Biasanya, oran...
Biaya Kuliah di Universitas Indonesia
Jumat, 21 Juni 2019 - 11:57 WIB
Universitas Indonesia atau UI merupakan salah satu kampus top di Indonesia. Bahkan masuk dalam jajar...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV