Selasa, 26 September 2017

RS USU galakkan edukasi kesehatan ginjal

Jumat, 10 Maret 2017 16:06

Foto: Heru Rahmad Kurnia Foto: Heru Rahmad Kurnia
Ayo berbagi!

Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) terus menggalakkan edukasi kesehatan ginjal kepada masyarakat agar masyarakat peduli kesehatan ginjal sejak dini.

Oleh karena itu, kata Direktur RS USU, dr Azwan Hakmi Lubis, kepada masyarakat maupun pasien RS USU serta keluarga pasien untuk menjaga ginjalnya.

Hal ini disampaikan dr Azwan Hakmi Lubis saat memberi sambutan pada acara seminar kesehatan Peringatan Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) di RS USU, Jalan Doktor Mansur Medan, Kamis (9/3) kemarin, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Heru Rahmad Kurnia.

RS USU, ungkap dr Azwan, sangat terbuka untuk masukan dari warga dan akan menggalakkan edukasi kesehatan ginjal dengan menyebarkan selebaran informasi peduli kesehatan ginjal sejak dini ke beberapa titik di sekitar Kampus USU.

Hadir dalam acara seminar kesehatan tersebut, Direktur Diklat, Penelitian dan Kerjasama RS USU, dr Sake Juli Martina, SP.F.K, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS USU, Dr dr Nazaruddin Umar, Sp.An,.KNA staf dokter dan beberapa pasien haemodialisis rumah sakit.

Sementara itu, dr Riri Andri Muzaty MKed(PD) selaku pembicara dalam acara seminar tersebut menyampaikan paparannya tentang penyakit ginjal.

Penyakit gagal ginjal, menurut dr Riri, ditandai dengan kegagalan fungsinya menyaring zat mana yang harus diserap dan yang harus dikeluarkan tubuh.

Dikatakan dr Riri Andri Muzaty, pendeteksian penyakit ginjal bisa diawali dengan tes urin.

"Pendeteksian penyakit ini relatif mudah dan cepat, berbeda dengan kanker yang lebih mendalam. Jadi disarankan segera dilakukan,” ujar dr Riri. 

Penulis: Angga Kusuma.

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar