Kamis, 23 November 2017

IDI Biak perketat pengawasan izin dokter praktek

Sabtu, 11 Maret 2017 10:46

Foto: Ilustrasi elshinta.com Foto: Ilustrasi elshinta.com
Ayo berbagi!

katan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Biak Numfor, Papua memperketat pengawasan perizinan dokter praktek di wilayah Biak dan Supiori untuk menjamin profesi dokter secara legal formal dapat melayani kesehatan masyarakat setempat.

Ketua IDI Biak Numfor dr Izak Reba SpF, di Biak, Sabtu (11/3), menegaskan setiap dokter yang bertugas di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori harus memperoleh rekomendasi IDI sebagai induk organisasi dokter Indonesia.

"Dokter yang datang dalam rangka penugasan program magang dari pusat atau dokter lain ketika bertugas di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori harus melapor ke organisasi IDI, dengan membawa bukti legal profesi yang dimiliki," ujarnya pula.

Kebijakan memperketat pengawasan izin dokter praktek, menurut Izak, bagi organisasi profesi IDI dapat mencegah dini penyalahgunaan profesi dokter dalam melayani pemeriksaan kesehatan masyarakat di Biak dan Supiori.

"IDI sebagai organisasi profesi melindungi setiap anggotanya dalam melaksanakan tugas pelayanan publik di puskesmas, puskesmas pembantu hingga rumah sakit umum daerah dan rumah sakit TNI," katanya lagi.

Berkaitan program dokter internis atau magang yang dikirim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menurut Izak, sangat menyentuh bagi kabupaten ini karena akan menjawab kekurangan tenaga dokter di wilayah terdepan, terjauh, dan tertinggal.

Di Kabupaten Biak dan Supiori, menurutnya, program dokter magang hingga 2017 masih berlangsung dengan penempatan sekitar 18 tenaga dokter dikirim ke Biak.

IDI sebagai wadah tempat berhimpun profesi tenaga dokter, lanjut Izak Reba, akan memberikan perhatian terhadap pelayanan dokter muda program magang Kemenkes.

"Adanya program dokter magang di Kabupaten Biak Numfor sangat terbantu melalui pengiriman dokter ke kabupaten yang masuk kategori terdepan, terjauh, dan tertinggal," katanya pula.

Hingga Sabtu, puluhan dokter anggota IDI yang bertugas di RSUD Biak, puskesmas serta RS Lanud, RS Lanal, RS Pangkalan Udara Manuhua serta Polikinik Polres Biak tetap berjalan normal melayani pasien masing-masing. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar