Senin, 20 November 2017

Seluruh SMP di Sleman siap laksanakan UNBK

Jumat, 17 Maret 2017 07:44

Ayo berbagi!

Seluruh SMP negeri dan swasta di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta telah siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Mei 2017.

"Sebanyak 136 SMP yang ada di Kabupaten Sleman, seluruhnya telah siap untuk melaksanakan UNBK 2017," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Wiryana didampingi petugas Operator UNBK Suyono, di Sleman, Jumat (17/3).

Menurut dia, dari jumlah tersebut 85 SMP menyelenggarakan UNBK secara mandiri dan sebanyak 51 SMP menumpang menggunakan fasilitas komputer dari SMA dan SMK terdekat.

"UNBK tingkat SMA dan SMK jadwalnya lebih dulu, sehingga bagi SMP yang mengalami kendala untuk UNBK menggunakan fasilitas SMA yang telah selesai ujian," katanya.

Ia mengatakan, dari dua kali dilakukan uji coba UNBK SMP secara umum berjalan lancar, dan tidak ada kendala yang berarti.

"Memang ada kendala kecil yakni masalah koneksi jaringan internet di beberapa sekolah swasta yang masih naik turun," katanya.

Ery mengatakan, untuk pelaksanaan UNBK tersebut pihaknya telah meminta kepada tiap-tiap sekolah agar siswa dibiasakan menggunakan perangkat komputer.

"Intinya agar siswa memiliki rasa percaya diri dan jangan takut dan jangan khawatir komputer yang dipakai rusak," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah meminta sekolah untuk menyiapkan generator set (genset) untuk mengantisipasi jika terjadi listrik padam.

"Genset tidak harus beli, sekolah bisa menyewa. Hanya saja kami mensyaratkan genset ini diseragamkan dengan kapasitas minimal 1.000 watt, sehingga mampu untuk mendukung pasokan listrik jika dari PLN mati," katanya.

Sedangkan untuk jumlah siswa peserta UNBK 2017 ini, kata dia, ada sebanyak 14.577 siswa ujian mandiri, yang terdiri atas 6.919 siswa dari 48 SMP Negeri, 2.326 siswa dari 28 SMP swasta, 511 siswa dari tiga MTs Negeri dan 696 siswa dari enam MTs swasta.

Kemudian sebanyak 802 siswa dari tujuh SMP Negeri UNBK menumpang, 1.020 siswa dari MTs Negeri, 1.974 siswa dari SMP swasta dan 329 siswa dari tujuh MTs swasta, katanya.

Ia mengatakan, dijadwalkan pihaknya masih akan melakukan satu kali lagi simulasi UNBK pada 20 dan 21 Maret dengan materi Bahasa Indonesia dan IPA.

"Ini merupakan simulasi terakhir atau gladi bersih UNBK 2017," katanya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar