Sabtu, 22 Juli 2017

Penyusup Gedung Putih terancam penjara maksimal 10 tahun

Sabtu, 18 Maret 2017 15:00

BBC Indonesia BBC Indonesia
Ayo berbagi!
Gedung Putih
AP
Penerobos sukses melompati satu gerbang dan dua pagar.

Pengawal presiden AS Secret Service telah mengeluarkan keterangan detail seorang pria yang menyusup masuk ke Gedung Putih.

Pelaku diidentifikasikan sebagai Jonathan Tran, 26 tahun, berada di halaman Gedung Putih selama 16 menit sebelum ditangkap. Dia terancam hukuman maksimal 10 tahun penjara.

Dalam sebuah pernyataan, Secret Service mengaatakan "sangat kecewa dan marah" atas peristiwa yang terjadi pada 10 Maret itu.

Tran tidak dapat masuk ke Gedung Putih, tempat di mana Presiden Donald Trump berada pada saat itu.

Bagaimanapun, anggota Kongres Jason Chaffetz - yang merupakan House Oversight Committee yang mengawasi kerja Secret Service - mengklaim bahwa penyusup itu telah memainkan gagang pintu di gerbang South Portico.

Menurut dokumen pengadilan, Tan mengatakan kepada agen federal bahwa dia merupakan teman dari presiden dan telah memiliki janji untuk bertemu.

Dia membawa dua kaleng bunga pala, sebuah paspor AS, sebuah komputer dan sebuah buku Trump, seperti disampaikan otoritas setempat.

Presiden memuji Secret Service telah melakukan "pekerjaan yang luar biasa" dalam mencegah penyusup.

Bagaimana dia bisa masuk?

Tran memanjat pagar setinggi 1,5 meter yang berada di dekat Departemen Keuangan AS, yang terletak di sebelah Gedung Putih. Dia kemudian mendaki gerbang kendaraan setinggi sekitar 2,4 meter, dan pagar yang lebih pendek di sayap kiri halaman Gedung Putih.

CNN melaporkan bahwa dia menghidupkan beberapa alarm setelah melompat pagar, tetapi dapat menghindari sejumlah sensor yang lain.

Tran, yang berasal dari Milpitas, California, dilaporkan terlihat di sekitar kawasan Pennsylvania Avenue, Washington yang merupakan area di mana Gedung Putih berada, enam jam sebelum ditahan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar