Sabtu, 25 November 2017

Kenapa Olahraga di Gym Itu Menguntungkan? Ini Jawabannya

Minggu, 19 Maret 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/kenapa-olahraga-di-gym-itu-menguntungkan-ini-jawabannya courtesy https://www.cermati.com/artikel/kenapa-olahraga-di-gym-itu-menguntungkan-ini-jawabannya
Ayo berbagi!

Memiliki tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal menjadi dambaan setiap orang. Olahraga menjadi salah satu cara untuk mewujudkannya. Ada bermacam-macam jenis olahraga yang bisa dijadikan pilihan. Mulai dari olahraga yang berfokus menurunkan berat badan, membentuk otot tubuh, bahkan untuk meningkatkan berat badan agar menjadi ideal.

Bagi tubuh dan kesehatan, olahraga memiliki dampak positif. Anda bisa melakukan olahraga di rumah, di taman/lapangan atau ke gym centre. Memilih tempat dan aktivitas olahraga yang sesuai akan membuat Anda menjadi semangat saat melakukannya.

Olahraga di Rumah

olahraga dirumah

Olahraga di Rumah via shutterstock.com

 

Pilihan olahraga di rumah bisa dilakukan dengan cara menonton tutorial olahraga yang Anda inginkan melalui video atau internet. Sekarang terdapat banyak video yang bisa di tonton secara online tentang bermacam-macam jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti aerobic, yoga, zumba dance dan skipping.

Tapi, jika ingin olahraga di luar rumah, Anda bisa jogging pagi atau sore hari, bermain badminton dengan tetangga atau meluangkan waktu setiap hari minggu untuk ikut berolahraga saat CFD (Car Free Day)  bersama teman atau keluarga. Apabila Anda penyuka olahraga secara grup, pilihannya bisa bermain sepak bola atau basket di lapangan atau lahan kosong di daerah rumah Anda.

Menyoal biaya, olahraga di rumah atau di tempat umum itu gratis. Anda hanya menyediakan modal untuk menunjang aktivitas olahraga Anda agar lebih semangat, seperti memakai sepatu lari atau perlengkapan olahraga terkait lainnya. Lakukan olahraga secara teratur agar badan sehat dan berat tubuh ideal, kuncinya jangan malas dan disiplin latihan.

Baca Juga : Ini Daftar Hobi yang Positif untuk Mendukung Karir Anda

Olahraga di Gym Centre

olahraga di gym

Olahraga di Gym Center via shutterstock.com

 

Olahraga gym merupakan olahraga yang banyak digemari masyarakat, khususnya kaum urban di perkotaan. Kenapa olahraga di gym sangat digemari masyarakat? Ini alasannya:

1. Peralatan Olahraga yang Lengkap

Daya tarik utama gym ialah kelengkapan peralatan olahraganya. Fasilitas olahraga yang tersedia umumnya adalah treadmill untuk latihan kardio dan pembakaran lemak, sit up bench untuk latihan sit up, barbell machine, dan lain sebagainya.

2. Variasi Kelas Olahraga

Dengan berolahraga di gym Anda bisa mengikuti kelas olahraga yang sesuai dengan kebutuhan seperti zumba class, 1 on 1 Training, yoga, dan aerobic

3. Fasilitas Eksklusif

Gym menjadi solusi praktis tempat olahraga yang menyediakan beragam sarana olahraga hingga personal trainer yang dikhususkan untuk membantu selama berolahraga. hingga fasilitas yang beragam seperti ruang loker, kamar mandi, handuk, bahkan fasilitas eksklusif seperti ruang sauna dan kolam renang.

Namun, walaupun olahraga di gym cukup menguntungkan, tetap ada hal yang mesti Anda pikirkan, yaitu mengenai masalah biaya. Di mana setiap tempat gym menawarkan harga yang berbeda-beda, tergantung pada pilihan paket olahraga, keanggotaan, hingga fasilitas lain yang dipilih.

Berikut kisaran harga dari beberapa gym ternama seperti Celebrity Fitness dan Gold’s Gym yang bisa Anda jadikan gambaran sebelum Nge Gym.

Daftar Biaya

Kisaran Harga

Administrasi Pendaftaran Awal

Membership

Personal trainer 1x Pertemuan

Rp0 - Rp250.000

Rp250.000 – Rp700.000 / bulan

Rp200.000 – Rp400.000

Mengingat adanya beban biaya keanggotaan yang diberikan perusahaan gym kepada para member, tentu hal ini mesti dipikirkan agar masalah ini tidak sampai mengganggu pemenuhan kebutuhan Anda. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah cara menghemat biaya gym:

Baca Juga : Dengan 21 Cara Ini, Anda Bisa Sukses Mengatur Waktu

Tips Hemat Olahraga di Gym

tips hemat olahraga

Tips Hemat Olahraga di Gym via payplan.com

 

Olahraga di gym memang memerlukan biaya, tapi tidak perlu khawatir Ada cara hemat yang bisa dilakukan agar tetap sehat. Simak dan praktikkan tips berikut ini:

1. Menjadi Member

Dengan menjadi member, Anda akan bebas menggunakan fasilitas yang tersedia di tempat gym, kapan saja, dan menggunakan semua peralatan olahraga yang ada tanpa ada biaya tambahan. Anda bisa berhemat saat memilih paket member setahun, per 3 bulan atau bulanan. Tentunya, Anda harus memaksimalkan jadwal kunjungan berolahraga Anda agar tidak merugi.

Apabila Anda tertarik berolahraga di gym, Anda bisa langsung saja mendaftar menjadi anggota. Sebelum mendaftar menjadi member, bandingkan terlebih dahulu tempat gym yang Anda inginkan dengan beberapa tempat gym lainnya. Cermati dan bandingkan biaya-biaya keanggotaan, kelengkapan peralatan dan fasilitas yang dimiliki, kualitas pelayanan yang diberikan sampai variasi kelas olahraga yang dimiliki.

Dapatkan informasi lengkap melalui website, social media hingga bertanya langsung kepada teman yang memiliki pengalaman atau datang langsung ke tempat gym tersebut. Cari tempat gym yang memiliki cabang di daerah kantor atau rumah Anda sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos lebih ketika ingin berolahraga baik setelah pulang kantor atau ketika hari libur.

2. Lakukan Tanpa Personal trainer

Hindari menggunakan jasa personal trainer jika tidak ingin dikenakan biaya tambahan. Bagi pemula, terkadang masih bingung menggunakan alat olahraga apa yang cocok. Terkait hal ini,  jika belum memiliki pengetahuan menggunakan alat-alat  gym, tidak usah khawatir karena biasanya akan Anda penawaran gratis personal trainer untuk 1-2 kali saat masuk pertama kali.  Selain itu, Anda juga bisa belajar terlebih dahulu dari internet atau minta diajarkan oleh sesama anggota gym.  

3. Manfaatkan Promo

Kini ada banyak tempat gym yang menawarkan promo menarik yang bisa membuat kantong Anda hemat, dan hal seperti ini perlu dimanfaatkan dengan baik. Cara mendapatkan promo gym, Anda harus rajin update informasi via sosial media atau bertanya ke teman yang sudah ikutan gym.  Berikut promo yang sering ditawarkan:

  • Buy one get one

Promo ini, menawarkan Anda diskon hingga 50% untuk biaya membership. Ada syaratnya, promo ini berlaku jika Anda berhasil mengajak teman Anda bergabung ke gym dan mendaftar bersama Anda di tempat gym yang sama. Promo seperti ini sering dilakukan setiap awal tahun, pertengahan dan akhir tahun.

  • Kartu Kredit

Pengeluaran lebih hemat dengan transaksi kartu kredit. Jenis promo kartu kredit yang ditawarkan untuk nge gym, mulai dari bebas biaya pendaftaran, potongan biaya jasa personal trainer hingga potongan biaya keanggotaan. Menyenangkan bukan?

Badan Sehat, Keuangan Sehat

Olahraga di rumah memang sangat menguntungkan, Anda bisa berolahraga secara gratis kapanpun diinginkan. Namun, berolahraga di gym juga tidak kalah menguntungkan, walaupun perusahaan gym membebankan biaya keanggotaan kepada Anda, tapi hal itu cukup sepadan dengan keuntungan yang didapat. Anda bisa berolahraga dengan dengan fasilitas lengkap dan berbagai layanan bagus lainnya yang membuat aktivitas olahraga berjalan lebih maksimal.

Walaupun begitu, semuanya kembali kepada kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Kalau memiliki pos keuangan berlebih, pilihan olahraga di gym bisa menjadi pertimbangan, sebaliknya bila kondisi keuangan pas-pasan, lebih baik berolahraga di rumah saja.

Baca Juga : Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar