Selasa, 25 April 2017

Menlu Tiongkok dan AS Adakan Pertemuan

Minggu, 19 Maret 2017 23:30

Ayo berbagi!

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi kemarin (18/3) di Beijing mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson.

Wang Yi menyatakan sambutan atas kunjungan Tillerso. Dikatakannya, sejak Donald Trump memangku jabatan presiden, di bawah upaya kedua pihak, hubungan antara kedua negara beralih stabil dan berkembang ke arah yang positif. Pihak Tiongkok bersedia bersama dengan pihak AS untuk menerapkan kesepahaman penting yang dicapai oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump, meningkatkan kontak, memperluas kerja sama, memperdalam saling percaya, secara layak menangani perselisihan, mendorong hubungan kedua negara di era baru berkembang secara sehat dan stabil ke rel yang tepat, dalam rangka membawa kesejahteraan kepada rakyat kedua negara.

Wang Yi memaparkan pula pendirian prinsipiil pihak Tiongkok dalam masalah Taiwan dan Laut Tiongkok Selatan, ia menegaskan bahwa kedua pihak perlu menghormati kepentingan inti dan keprihatinan antara satu sama lain, secara layak menangani masalah sensitif, mencegah situasi keseluruhan hubungan kedua negara mengalami dampak yang tak diperlukan.

Sementara itu, Rex Tillerson menyatakan, pihak AS bersedia bersama dengan pihak Tiongkok untuk melaksanakan kesepahaman yang dicapai oleh Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping, mempertahankan kebijakan satu Tiongkok, berupaya menjajaki kerja sama di bidang yang lebih luas dengan bertolak dari semangat saling tidak berkonflik, saling menghormati, kerja sama dan menang bersama, meningkatkan hubungan kedua negara dari sudut yang berjangka jauh.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar