Sabtu, 21 Oktober 2017

Bupati Langkat lepas peserta pawai Ta'aruf MTQ ke-50

Senin, 20 Maret 2017 20:33

Foto: M Salim Foto: M Salim
Ayo berbagi!

Bupati Langkat, Sumatera Ngogesa Sitepu  secara resmi melepas rombongan pawai Ta'aruf peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 tahun 2017 tingkat Kabupaten Langkat, Senin (20/3).

Pawai digelar di Kecamatan Wampu tepatnya di Desa Gohor Lama yang juga areal kantor perkebunan Gohor Lama PT. LNK Kecamatan Wampu.

Pelepasan pawai dipusatkan di depan Kantor Dereksi PT. LNK Gohor Lama dan diikuti oleh seluruh peserta dari 23 kecamatan yang ada di Langkat.

Bupati Langkat Ngogesa Sitepu dalam kesempatan itu mengatakan, setiap kecamatan di Kabupaten Langkat mengirimkan utusannya untuk mengikuti segala kategori yang diperlombakan dalam pelaksanaan MTQ ke-50 Tingkat Kabupaten Langkat tahun 2017 yang diselenggarakan di Kecamatan Wampu.

“Alhamdulillah, event tahunan ini berlangsung selalu meriah dan dinikmati oleh seluruh masyarakat,” ujarnya kepada Kontributor Elshinta, M Salim.

Lanjutnya, kegiatan MTQ merupakan wujud mensiarkan agama serta peningkatan kemampuan para qori dan qoriah di Kabupaten Langkat, dan oleh karena itu, kegiatan ini akan membuat masyarakat khususnya generasi muda akan semakin termotivasi untuk terus mengingkatkan kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Ngogesa berharap, kegiatan ini dapat berlangsung sukses dan menghasilkan para juara-jauara dari seluruh kategori MTQ, ini akan dapat membanggakan Langkat di event tingkat Provinsi Sumatera Utara nantinya.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini termaksud pihak Manager Perkebunan Gohor PT. LNK yangmemberikan kontribusi besar dalam pelaksanaan kegiatan,” sebutnya.

Camat Wampu Syamsul Adha mengatakan, dari berbagai kategori yang diperlombakan, seluruh Kecamatan di Langkat ikut ambil bagian dalam perlombaan, dan untuk mensukseskannya, kami sudah membentuk kepanitian lokal yang ditujukan untuk mendukung kepanitian MTQ Kabupaten Langkat, seperti dalam penyusunan tempat perlombaan, tempat penginapan dan lain sebagainya.

“Pawai Ta’ruf adalah rangkaian dari pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Langkat, disamping sebagai perkenalan, ini juga untuk menyemarakkan kegiatan bernuansa religius  ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Syamsul berharap, suksesnya kegiatan Pawai Ta’aruf ini akan menjadi titik awal keberhasilan pelaksanaan MTQ Tingkat Kabuapten Langkat ke-50 yang berlangsung di Kecamatan Wampu, "Selamat datang para kafilah MTQ, saya ucapkan selamat bertanding,” katanya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 20 sampai dengan 24 Maret 2017 dan berbagai kategori aka diperlombakan pada MTQ ke-50 tahun 2017 ini, diantaranya Cabang Tahfiz 1 Juzz putra dan putri, cabang Tahfiz Qur’an 5 Juzz putra dan putri, cabang Tahfiz Qur’an 10 Juzz putra dan putri, cabang Tahfiz Qur’an 20 Juzz putra,  cabang Tahfiz Qur’an 30 Juzz putra dan putri, Cabang Khattil Qur’an penulisan buku putra dan putri, Cabang Khattil Qur’an hiasan Mushaf putra dan putri.

Untuk kategori baru yang diperlombakan yakni, cabang Tafsir Qur’an, Qiraat Saba’ah, Makalah Qur’an  dan Khattil Kontemporer.

Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan unsur Forkopimnda Kabuapten Langkat, Kakan. Kemenag Langkat T Darmansyah,Ketua LPTQ Kab. Langkat  Indra Salahuddin, Sekretaris LPTQ  Syahrizal, seluruh SKPD dijajaran pemkab. Langkat dan undangan lainnya beserta seluruh masyarakat yang meramaikan jalannya kegiatan Pawai Ta’aruf.

Usai kegiatan pawai Ta’aruf, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu melantik Dewan Hakim pada kegiatan MTQ yang diketuai oleh Ustadz Buya  Mahfud MD yang juga ketua MUI Langkat, dan akan menjadi penilai sekaligus juri dalam memutuskan siapa peserta yang terbaik dalam setiap kategori.

Penulis: M Iqbal Fauzan

Editor: Sigit Kurniawan

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MuI

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar