Rabu, 18 Oktober 2017

64 pelukis pameran `The Balance` di Candi Borobudur

Selasa, 21 Maret 2017 12:45

Foto: Kurniawati Foto: Kurniawati
Ayo berbagi!

Sebanyak 64 perupa dari berbagai daerah di Indonesia, menggelar pameran lukisan Borobudur Today di Galeri Limanjawi, Dusun Tingal, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pameran yang digelar hingga 18 April mendatang, mengambil tema "The Balance" atau keseimbangan.

Ketua Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) 15, Umar Khusaeni dilaporkan Kontributor Elshinta, Kurniawati, Selasa (21/3) mengatakan, tema keseimbangan mengandung arti yang luas, dimana bukan seni rupa saja yang ditonjolkan, namun lebih kepada menyikapi situasi kondisi Candi Borobudur yang saat ini sedang riuh menyiapkan kunjungan wisatawan. Karenanya, seniman ingin mengingatkan akan pentingnya keseimbangan. 

KSBI 15 ingin menyampaikan apa yang terjadi di Borobudur, sekaligus mengabarkan perkembangan seni rupa di Magelang. Keseimbangan yang diharapkan, seniman juga harus introspeksi diri apa yang sudah dan belum dilakukan.

Umar menyebut perlunya keseimbangan untuk menyampaikan bahwa ketika ada sesuatu yang diinginkan seperti jumlah kunjungan wisatawan yang meningkat, maka tidak bisa seketika tercapai, perlu adanya proses sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai.

Disebutkan pula, bahwa perupa yang ikut pameran tidak hanya dari Magelang tapi juga dari berbagai daerah seperti Yogjakarta, Bali dan Sumatera, bahkan luar negeri dari Afganistan dan juga Jepang.

Sementara itu, Dosen Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogjakarta, Rain Rosidi menambahkan, industri pariwisata membuat perkembangan produksi seni lebih dominan untuk melayani pelancong. Hal tersebut menguntungkan para pelaku seni di daerah secara ekonomis, namun tidak menguntungkan perkembangan wacana seni lain, termasuk diskusi-diskusi mengenai apa yang bisa dilakukan oleh seni, identitas budaya dan masalah perkembangan media seni itu sendiri.

Penulis: Angga Kusuma

Editor: Dewi Rusiana

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar