Selasa, 26 September 2017

Memo dari Kedoya

idA untuk melayani warga

Jumat, 24 Maret 2017 16:53

Penkostrad Penkostrad
Ayo berbagi!

Dinas Penerangan Komando Strategis Angkatan Darat dan Dinas Penerangan Komando Lintas Laut Militer, akhirnya memenangi lomba foto dan video yang diadakan oleh Elshinta. Berita foto dengan judul “Peran prajurit Kostrad sebagai ‘pahlawan tanpa tanda jasa’ di perbatasan,” terpilih menjadi pemenang pertama.

Foto bergambar seorang prajurit Kostrad di salah satu pos perbatasan saat bertugas dan menjagai anak-anak SD yang sedang membaca, memang mampu mewakili sisi humanisme seorang prajurit TNI.

Demikian juga foto yang di-posting oleh Dispen Kolinlamil. Foto berjudul “1000 pelajar seluruh Indonesia ‘Joy Sailing’ dengan KRI Banda Aceh 593”ini akhirnya terpilih menjadi salah satu foto terbaik. Foto kapal perang KRI 593 dengan latar depan 1000 pelajar juga berhasil menyiratkan kedekatan Kolinlamil dengan para pelajar.

Dari warga atau perorangan juga tak kalah seru. Kusharmawan dan Agus Setyanto tidak kalah kreatif. Kedua informan --sebutan bagi pengguna aplikasi info dari Anda-- ini terpilih menjadi pemenang dari antara ribuan foto dan video yang masuk, sejak 31 Desember 2016 hingga 31 Januari 2017.

Kusharmawan dengan ID 79_Zero yang selalu memberikan info ataupun berita yang up to date dengan menggunakan aplikasi idA kepada redaksi info dari anda, mengirim video suasana pembersihan Kalibaru Depok yang penuh dengan limbah styrofoam, pada Desember 2016.

Video yang berisi gambar para petugas kebersihan yang sedang bekerja membersihkan kali tersebut, dapat mewakili pesan moral atas perlakuan tidak bertangung jawab warga atau perusahaan yang membuang sampah dan memberikan dampak negatif bahkan ancaman bahaya banjir.

Sementara informan Agus Setyanto yang sehari-hari bekerja sebagai editor pada salah satu penerbitan namun juga memiliki hobi fotografi, mengirimkan foto susana kemacetan lalu lintas Bogor dengan latarbelakang alam yang hijau lengkap dengan panorama gunung Salak.

Foto kiriman Agus ini dinilai berhasil menjelaskan mengapa orang dari ibu kota rela bermacet-macet menuju puncak, yang tidak lain demi menikmati pemandangan dan suasana alam yang hijau dan asri.

Lomba foto dan video yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun Radio Elshinta News & Talk yang ke-17 mengangkat tema, “Semangat 17”. Lomba ini bertujuan menantang kreativitas masyarakat atau informan menyampaikan berita dan informasi kepada masyarakat.

Menyajikan informasi dan berita dengan menampilkan foto atau video yang kreatif, tidak hanya memberikan nilai tambah pada berita dan informasi itu sendiri, tetapi juga dapat menstimulasi kreativitas dan mengedukasi para informan serta masyarakat.

Lebih kurang satu tahun lalu aplikasi idA atau Info dari Anda hadir menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menyampaikan informasi atau berita yang ditujukan kepada masyarakat. Hingga saat ini sekitar 5.500 warga ataupun institusi yang men-download aplikasi idA dengan lebih kurang 100 posting per hari.

Selain mengenalkan kepada masyarakat luas, melalui jaringan Elshinta Media Group, aplikasi idA juga dikenalkan kepada kalangan mahasiswa di kampus-kampus dengan memberikan kuliah umum. Mahasiswa merupakan warga masyarakat yang dinilai kritis dalam memberikan informasi yang penting bagi masyarakat.

Bekerja sama dengan berbagai instansi seperti Dispen Kostrad atau Dispen Kolinlamil ataupun mahasiswa serta warga masyarakat, Elshinta ingin terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan tidak hanya menyampaikan informasi yang penting dan berguna bagi masyarakat, tapi juga melayani dengan menindaklanjuti apa saja yang dibutuhkan setelah informasi dan berita itu disampaikan kepada masyarakat. (*)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-WiS

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar