Selasa, 22 Agustus 2017

Kemenpan RB evaluasi enam lembaga nonstruktural

Senin, 17 April 2017 18:52

Ayo berbagi!

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi tengah mengevaluasi enam lembaga nonstruktural untuk dibubarkan, sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo.

"Sekarang lagi evaluasi enam lembaga, kami jalan terus," kata Menteri PAN RB Asman Abnur di Batam, Kepulauan Riau, Senin (17/4).

Ia menyatakan Presiden memintanya untuk membubarkan setidaknya lima lembaga nonstruktural yang keberadaannya dianggap tidak terlalu penting, dan atau tumpang tindih dengan lembaga lainnya.

Di antara yang sedang dievaluasi yaitu Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) dan Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI). Rencananya, dua komite itu akan dijadikan dalam satu komite khusus yang menangani masalah perdagangan.

Lembaga nonstruktural yang kini tengah dievaluasi masih yang dibentuk oleh Peraturan Pemerintah dan Keputusan Presiden. Sedangkan lembaga yang berpayung hukum UU, masih belum dikaji.

Sayangnya, di tengah upaya kementerian menyederhanakan berbagai lembaga nonstruktural, ia mengatakan badan-badan baru juga bermunculan.

"Setiap UU lahir, ada badan baru," kata dia.

Pembubaran dan penyederhanaan lembaga nonstruktural itu juga merupakan satu upaya pemerintah untuk melakukan penghematan anggaran.

Pemerintah berkomitmen untuk memangkas berbagai anggaran yang dianggap tidak perlu dan boros.

Sebelumnya, pemerintah telah membubarkan belasan lembaga nonstruktural.

Pada September 2016, pemerintah resmi membubarkan sembilan lembaga, yaitu Badan Benih Nasional, Badan Pengendalian Bimbingan Massal, Dewan Pemantapan Ketahanan Ekonomi dan Keuangan, Komite Pengarah Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Batam, Bintan, dan Karimun, Tim Nasional Pembakuan Nama Rupa Bumi, Dewan Kelautan Indonesia, Dewan Nasional Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional dan Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar