Kamis, 27 April 2017

Langkat peringati Hari Kartini

Selasa, 18 April 2017 17:12

Foto: Kontributor Elshinta, M. Salim. Foto: Kontributor Elshinta, M. Salim.
Ayo berbagi!
Peringatan Hari Kartini ke-138 berlangsung di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara bertempat di Serambi Jentera Malay Rumah Jabatan Bupati, Selasa (18/4).

Dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Assisten  Hermansyah, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu mengatakan bahwa peringatan ini adalah momentum untuk mengenang sosok RA.Kartini seorang pejuang perempuan yang terkenal karena gagasan dan pemikiran besarnya.

“Raden Ajeng Kartini adalah sosok pejuang yang jiwanya sangat dekat dengan rakyat dan bangsa, khususnya kaum perempuan” katanya.

Sambungnya, perjuangannya yang paling dikenal adalah dalam memberikan kesadaran kepada kaum perempuan untuk mengecap dunia pendidikan yang pada saat ini hasil pemikirannya telah membuat perempuan turut andil dalam berbagai profesi, terutama bidang Pemerintahan.

“Berbagai prestasi telah dihasilkan kamu perempuan di Bidang Pemerintahan, baik dari segi kepemimpinan maupun program kerja, dan semua itu tidak terlepas dari pemikiran  Raden Ajeng Kartini” ujarnya, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M Salim.

Olehkarena itu, tokoh emansipasi wanita ini dapat terus menjadi Inspirator bagi seluruh perempuan di Indonesia sehingga perempuan di Indonesia tumbuh menjadi perempuan yang kreatif dan inovatif sesuai harapan Raden Ajeng Kartini.

Ketua TP. PKK Langkat Nuraida Ngogesa menyebut, perjuangan RA. Kartini telah menjadi inspirasi bagi seluruh perempuan di Indonesia.

“Berkat pemikiran dan gagasan beliau, perempuan di Indonesia tumbuh menjadi generasi yang cerdas, kuat dan kreatif” katanya.

Nuraida menambahkan, untuk memberhasilkan keluarga, dibutuhkan perempuan yang cerdas, memiliki wawasan luas, dan mempunyai ilmu pengetahuan agama yang dapat diajarkan oleh putra-putrinya, olehkarena itu, warisan pemikiran R.A Kartini akan terus diperingati agar momentum perjuangannnya dapat selalu diingat oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Langkat.

Ketua Panitia yang juga Ketua Ikatan keluarga Istri Dewan Ny. Terbit Rencana menjelaskan, peringatan Hari Kartini ke-138 tahun 2017 adalah momentum untuk mengenang perjuangan kaum wanita dimasa lalu yang berjuang dalam hidup dengan menerapkan prinsip hidup yang arif dan bijaksana.

“Semuanya tidak terlepas dari sosok R.A Kartini, dan cita-cita beliau telah menyala sampai sekarang ini sehingga prestasi dan partisipasi wanita dalam berbagai sektor telah terlihat dan terbukti” sebutnya.

Ny. Terbit berharap, perjuangan beliau akan selalu menjadi tauladan bagi seluruh masyarakat Langkat, sehingga Langkat semakin maju dan Bermartabat.

Perlu diketahui, dalam peringatan Kartini kali ini, Ketua DWP Langkat Ny.  Endang Salahudin juga membacakan sejarah singkat R.A Kartini, dan panitia juga mengadakan berbagai kegiatan perlombaan diantaranya lomba merias wajah dan lomba pakaian kebaya.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar