Senin, 23 Oktober 2017

100 pelajar SMK dapatkan pemahaman penguatan MPR

Selasa, 18 April 2017 20:35

Foto: Kontributor Elshinta, Heru Rahmad Kurnia. Foto: Kontributor Elshinta, Heru Rahmad Kurnia.
Ayo berbagi!

Sekitar 100 orang siswa SMK Broadcasting Bina Creative (BBC) Medan mendapatkan pemahaman tentang Penguatan Kelembagaan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI).

Para pelajar tersebut mendapatkan pemahaman penguatan Kelembagaann MPR RI dari Wakil Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid baru-baru ini, Sabtu (15/4) di Sekolah BBC Medan di Jalan Bilal Ujung Medan.

Meutya Hafid menuturkan, setelah adanya perubahan Undang-undang Dasar 1945, saat ini tidak lagi mengenal Lembaga Tertinggi Negara yang dulunya dipegang oleh MPR RI.

"Saat ini hanya dikenal Lembaga Tinggi Negara. Adapun MPR saat ini yang terdiri dari Anggota DPR dan DPD kedudukan dan kewenangannya sama dengan Lembaga Tinggi Negara lainnya, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Heru Rahmad Kurnia.

Berdasarkan fakta tersebut, kata Meutya, sehingga muncullah pemahaman kritis untuk melakukan penguatan kelembagaan MPR RI.

Langkah ini diperlukan untuk menyempurnakan sistem ketatanegaraan yang saat ini masih memiliki kekurangan, terutama terkait dengan kedudukan dan kewenangan MPR.

"Dengan penguatan, MPR bisa melakukan Check and Balance serta kontrol terhadap lembaga-lembaga lainnya yang mendapat wewenang dari konstitusi. Check and Balance itu dilakukan melalui penyampaian laporan kinerja lembaga negara dalam sidang tahunan MPR," kata Meutya.

Karena itulah Meutya merasa perlu melibatkan berbagai kalangan masyarakat untuk memberikan masukan dan ide terkait apa yang harus dilakukan untuk memperkuat kelembagaan MPR RI sebagai lembaga perwakilan sekaligus lembaga demokrasi wadah bermuaranya aspirasi masyarakat.

MPR, kata Meutya, wajib mengelola secara konstitusional berbagai aspirasi masyarakat dan daerah sesuai dengan kewenangannya.

"Karena itulah pentingnya sinergi antara MPR dengan berbagai elemen masyarakat. Dengan memiliki kelembagaan yang kuat, maka MPR RI bisa optimal menjalankan tugasnya," kata Meutya Hafid.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar