Jumat, 23 Juni 2017

PDB Tiongkok pada Triwulan Pertama Naik 6,9 Persen

Selasa, 18 April 2017 23:00

Ayo berbagi!

Statistik yang diumumkan Biro Statistik Nasional Tiongkok kemarin (17/4) menunjukkan, produk domestik bruto atau PDB Tiongkok naik 6,9 persen pada triwulan pertama dibanding triwulan keempat tahun lalu, atau meningkat 0,2 persen dibanding periode sama tahun lalu. Juru bicara Biro Statistik Nasional Mao Shengyong menyatakan, pada triwulan pertama, ekonomi Tiongkok melanjutkan tren perkembangan yang stabil dan mantap. Beberapa indikator lebih baik daripada prediksi.

Menurut keterangan, industri sekunder menyediakan daya pendorong utama bagi pertumbuhan pesat ekonomi pada triwulan pertama. Tingkat kontribusi industri sekunder terhadap PDB pada triwulan pertama sebesar 36,1 persen sehingga telah memberikan sumbangan besar bagi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Investasi, konsumsi dan ekspor tetap memainkan peranan sebagai tiga kekuatan utama yang menstimulasi pertumbuhan ekonomi. Di antaranya, konsumsi memainkan peranan yang semakin besar, kontribusinya telah beralih dari negatif menjadi positif. Kontribusi konsumsi terhadap pertumbuhan ekonomi pada triwulan pertama adalah sebesar 77,2 persen. Sementara itu, ekspor perdagangan bersih kargo dan jasa memberikan kontribusi sebesar 4,2 persen bagi pertumbuhan ekonomi.

Statistik menunjukkan, investasi di sektor properti dan perumahan di seluruh negeri pada triwulan pertama mencapai hampir 2 triliun yuan RMB, atau meningkat 9,1 persen. Ini berarti investasi di bidang properti masih terus melambung di tengah kebijakan yang ketat. Jubir Biro Statistik Nasional menyatakan akan terus mengawasi laju pertumbuhan investasi di bidang properti sebelum mengambil kebijakan pengetatan lebih lanjut

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar