Kamis, 27 April 2017

Anggota DPR ingin perluas potensi Bea Cukai

Rabu, 19 April 2017 11:40

Ayo berbagi!

Anggota Komisi XI DPR Heri Gunawan menginginkan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan untuk dapat memperluas potensi objek bea cukai sehingga juga dapat bermanfaat dalam rangka menambah penerimaan negara.

"Pemerintah perlu memikirkan dan mengambil langkah-langkah ekstensifikasi cukai seluas-luasnya," kata Heri Gunawan di Jakarta, Selasa (18/4).

Menurut dia, selama ini penerimaan cukai masih terbatas pada sejumlah komoditas dan data menunjukkan bahwa penerimaan dari sejumlah barang tersebut ada yang cenderung mengalami penurunan.

Politisi partai Gerindara itu juga mengingatkan bahwa hingga Maret 2017, penerimaan cukai baru mencapai Rp6,9 triliun dari target APBN sebesar Rp157 triliun atau baru mencapai 4,4 persen.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan akan fokus pada pengembangan Pusat Logistik Berikat (PLB) untuk mendorong pelayanan kepada pelaku usaha serta menekan biaya logistik yang dirasakan masih terlalu tinggi.

"Review PLB dalam setahun terakhir menunjukkan kinerja positif, baik dari sisi bisnis maupun dukungan kepada industri. Kami lanjutkan pada fase berikutnya, meliputi tiga area pengembangan," kata Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, di Jakarta, Rabu (12/4). (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar