Senin, 23 Oktober 2017

Cara Tingkatkan Skill Kerja agar Sukses Bersaing

Rabu, 19 April 2017 13:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/cara-tingkatkan-skill-kerja-agar-sukses-bersaing courtesy https://www.cermati.com/artikel/cara-tingkatkan-skill-kerja-agar-sukses-bersaing
Ayo berbagi!

Jika kita sudah memasuki dunia karir ataupun wiraswasta, persaingan dengan mengedepankan skill dan pengetahuan menjadi kunci sukses. Selain skill dan pengetahuan, totalitas kerja serta profesionalitas ikut mendukung kesuksesan seseorang. Profesionalitas kerja bisa dididik mulai dari bangku sekolah. Sedangkan untuk totalitas kerja, kita hanya perlu bekerja semaksimal mungkin setidaknya selama jam kerja untuk mencapai target yang diterapkan oleh perusahaan.

Skill teknis mudah dipelajari di bangku sekolah, sedangkan skill interpersonal butuh media yang tepat untuk meningkatkannya karena berhubungan dengan soft skill yang hanya bisa diraih ketika seseorang sudah benar-benar menyadari bahwa setiap manusia itu membutuhkan manusia yang lainnya. Dan skill inilah yang sering dilupakan oleh orang dalam dunia kerja. Untuk mendapatkan kesuksesan kerja dengan interpersonal skill tersebut.

Baca Juga : 7 Alasan Pegawai Betah Bekerja Selain Gaji

Kesuksesan Di Dunia Kerja Ditentukan oleh Interpersonal Skill

interpersonal skill

Interpersonal Skill via shutterstock.com

 

Bisa saja seseorang yang sudah bekerja keras, dan memiliki pengetahuan dan keilmuan di bidang yang dia geluti namun terkadang kalah dalam bersaing dengan orang lain. Jika sedang merasa memiliki masalah tersebut, maka setidaknya mulai lebih mawas diri dan mempelajari apapun yang belum dikuasai termasuk yang dinamakan dengan interpersonal skills.

Interpersonal skill lebih menitik beratkan pada bagaimana cara kita memandang orang lain, berhubungan dengan mereka, dan melihat orang-orang yang terlibat dalam pekerjaan sebagai partner yang memiliki peran yang sama penting. Beberapa indikator penting dalam interpersonal skill misalnya sebagai berikut:

  • Kita bisa menjadi orang yang lapang dada, dapat menerima berbagai macam kondisi, dan cenderung cepat mendapatkan solusi ketika ada masalah.
  • Interpersonal skills juga memiliki kaitan yang sangat erat terhadap hubungan sosial, dimana tempat kerja bukanlah semata-mata tempat untuk bekerja dan mencari nafkah.
  • Memandang tempat kerja sebagai tempat untuk menjalin hubungan antara sesama dengan mengedepankan prinsip-prinsip kebersamaan. Sehingga yang menjadi tujuan dari bekerja tersebut bisa lebih bermakna dan bermanfaat bagi khalayak luas.

Kabar baiknya adalah, untuk mempelajari berbagai macam interpersonal skills tersebut yang dibutuhkan hanyalah kemauan untuk bertindak, karena sebenarnya setiap manusia sudah memiliki kesadaran tersebut. Jika Anda dapat benar-benar konsisten dalam menerapkan soft skill tersebut akan segera dapat menemukan kesuksesan. Dan secara sendirinya Anda akan lebih merasa mampu untuk bersaing dalam dunia kerja.

Baca Juga : Mengenali Hak-Hak Pekerja Kantoran dan Manfaatnya

Pelajari Soft Skill Berikut ini untuk Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anda

Berikut ini adalah beberapa soft skill yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal:

1. Selalu Mencoba untuk Bersikap Apresiatif

apresiatif

Apresiatif via shutterstock.com

 

Ketika kita banyak memberikan apresiasi terhadap suatu hal yang dikerjakan orang lain, maka sebagai imbal-baliknya kita juga akan semakin dihargai orang lain. Di sini kita menciptakan iklim yang hangat antar sesama teman kerja, kolega atau orang lain yang terlibat dalam pekerjaan.

Untuk menerapkan sikap ini tidak perlu memberikan pujian yang berlebihan terhadap orang lain. Kata-kata seperti: “Wow, itu sangat bagus tetapi menurut saya itu akan lebih baik jika ditambahi dengan ini….”. Itu bisa Anda katakan meskipun Anda tahu rencana yang lebih baik akan tetapi tetap harus menghargai karya orang lain. Dengan begitu orang lain akan semakin menghargai Anda.

Contoh lainnya jika berposisi sebagai atasan, Anda juga harus bersikap apresiatif terhadap bawahan Anda termasuk berterimakasih atas hal sekecil apapun yang mereka lakukan terhadap Anda atau kemajuan perusahaan. Bukan berarti jika sudah menjadi atasan tidak perlu bersaing, ingat bahwa selalu ada orang yang lebih siap untuk menggantikan posisi Anda.

2. Murah Senyum

Senyum adalah hal sepele namun terkadang sangat sulit untuk dilakukan. Untuk menjadi orang yang murah senyum perlu latihan untuk menunjang  interpersonal kita. Jangan pernah meremehkan hal ini! Dengan tersenyum otomatis memancarkan energi positif terhadap orang lain.

3. Simpatik

Jadilah orang yang simpatik karena meskipun itu hanya sekedar ucapan, akan tetapi dapat mempengaruhi orang lain untuk lebih tegar, lebih bahagia, lebih percaya diri dan lain sebagainya. Ungkapan simpatik merupakan hal yang sederhana namun memiliki efek besar terhadap suatu tindakan atau kondisi yang mereka alami. Jika Anda adalah orang yang simpatik terhadap kondisi orang lain, maka pasti Anda akan menuai hal yang sama dari orang lain.

Kaitannya dengan dunia kerja tentunya sangat gamblang. Efeknya tidak harus instan, akan tetapi yang pasti perbuatan Anda tersebut akan semakin mempermudah karir atau pekerjaan. Dan ingatlah kesuksesan itu terkadang timbul dari hal-hal yang tidak diduga.

4. Aktif  Mendengar kan daripada Berbicara

Aktif mendengarkan lebih utama daripada aktif dalam berbicara karena lebih sulit menjadi pendengar yang baik daripada jadi pembicara ulung sekalipun. Tidaklah kita selalu mencermati kebesaran Tuhan, kenapa telinga kita dibuat dua dan mulut hanya satu? Telinga memiliki peran ganda yaitu untuk  mencermati dan mempelajari hal-hal yang tidak diketahui. Dengan banyak mendengar kita selalu mendapatkan keuntungan ganda, daripada banyak berbicara.

Aplikasinya dalam dunia kerja, dengan aktif mendengarkan apapun juga terkait dengan pekerjaan akan membuat Anda sekaligus sebagai orang yang apresiatif dan menghargai pendapat orang lain.

5. Kedepankan Sikap Kebersamaan

kebersamaan

Kebersamaan via shutterstock.com

 

Sudah menjadi kodrat manusia untuk menjunjung kebersamaan karena manusia adalah makhluk sosial dan tidak mungkin seorang manusia hidup tanpa ada manusia lain yang membantunya. Kebersamaan dalam dunia kerja akan meningkatkan produktivitas, memunculkan peluang untuk saling mengisi kekurangan dan membentuk kekuatan yang sulit untuk dikalahkan oleh pesaing. Dalam ruang lingkup yang lebih besar sifat kebersamaan ini akan menumbuhkan kebijakan-kebijakan dan win-win solution antara perusahaan dengan konsumennya.

6. Jangan Segan Untuk Mengulurkan Tangan

Jika Anda memiliki kesempatan dan kemampuan jadilah orang pertama yang menawarkan bantuan terhadap rekan kerja atau orang lain yang sedang membutuhkan solusi. Jangan segan untuk menawarkan bantuan karena kebaikan Anda tidak akan pernah dilupakan oleh mereka. Dengan begitu Anda akan menjadi orang yang dapat mereka percaya dan selalu akan siap membantu Anda ketika dalam kondisi yang sulit.

7. Perbaiki Cara Komunikasi

Untuk dapat berkomunikasi dengan baik memang diperlukan ilmu komunikasi yang mumpuni. Sangat beruntung jika Anda pernah mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi, karena Anda pasti mendapatkan bekal ilmu komunikasi yang baik. Akan tetapi jika Anda tidak pernah mengenyam pendidikan sekalipun, tetap Anda bisa mempelajari ilmu komunikasi. Caranya sederhana, sering-sering berdialog atau berkomunikasi dengan orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Namun yang lebih penting dari skill komunikasi dalam proses berbincang dengan orang lain adalah memikirkan matang-matang tentang hal yang ingin kita katakan. Jangan sampai kata-kata yang disampaikan menyakiti lawan bicara dan menimbulkan kesalahpahaman.

Ini sangat penting dalam dunia kerja. Karena kata-kata dapat mempengaruhi tingkat kredibilitas pekerjaan. Ingat bahwa dalam komunikasi Anda juga perlu menjadi pendengar yang baik dan jangan menyela ketika lawan bicara sedang mengutarakan pendapatnya.

8. Sesekali Cobalah Untuk Menghibur Seseorang

Untuk menghibur tidak harus menjadi lucu. Tetap dengan kepribadian Anda jadilah orang yang dapat menghibur rekan kerja atau kolega.

9. Empati

Berempati tidak hanya sekedar simpati. Terlebih dari itu untuk kondisi-kondisi tertentu Anda harus bisa memberikan kepedulian dan perhatian yang mendalam. Terkadang memang sulit untuk memberikan perhatian yang mendalam untuk suatu kasus atau kondisi tertentu. Akan tetapi Anda harus mencobanya.

10. Jangan Banyak Mengeluh

tidak mengeluh

Jangan Banyak Mengeluh via shutterstock.com

 

Kalau kita berbicara jujur, tidak ada orang yang senang mendengarkan keluhan. Ini akan menggambarkan betapa rapuhnya Anda dalam menghadapi kehidupan ini. Simpanlah keluhan Anda dan hanya minta saran atau solusi dari orang-orang tertentu saja yang menurut Anda dapat mengatasi masalah yang dikeluhkan.

Interpersonal Skill yang Baik Berawal dari Soft Skill yang Terlatih

Soft skill berawal dari lingkungan yang membentuk kita sejak kecil. Bagi Anda yang tidak berada pada lingkungan yang mendukung untuk itu, maka Anda harus mulai belajar dari sekarang karena soft skill yang baik akan berdampak pada interpersonal skill yang baik pula.

Berikut ini beberapa hal yang mendukung perbaikan soft skill Anda:

  • Bergabung dalam sebuah organisasi bisa membuat Anda belajar banyak hal berkenaan dengan interaksi dengan orang lain.
  • Mintalah penilaian seseorang terdekat tentang diri Anda untuk bertransformasi untuk menjadi pribadi yang semakin baik
  • Berlatih menerima dan memberi kritik yang positif agar membuat Anda semakin bijak dan dewasa

Soft skill dan interpersonal skill sangat mendukung karir seseorang dalam dunia kerja, baik itu level dalam negeri maupun menjelang persaingan global di era perdagangan bebas (MEA) sekalipun. Oleh karena itu, beberapa hal mendasar diatas bisa menjadi media Anda untuk memperbaiki skill yang Anda miliki saat ini.

Baca Juga : 4 Cara Ubah Hari Buruk di Kantor Jadi Menyenangkan

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar