Jumat, 23 Juni 2017

Antisipasi tahanan kabur, Polres Kudus lakukan pengecekan setiap 2 jam

Kamis, 20 April 2017 21:20

Foto : Sutini. Foto : Sutini.
Ayo berbagi!

Kaburnya 17 tahanan di Polres Malang Jawa Timur beberapa waktu lalu, menjadi perhatian khusus pihak Polres Kudus agar kejadian tersebut tidak terjadi sehingga dilakukan langkah-langkah antisipasi.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning bersama Kasi Propam Ipda TM Effendi, langsung melakukan pengecekan situasi dan kondisi tahanan di Mapolres Kudus, Kamis (20/4) seperti dilaporkan Kontrbutor Elshinta, Sutini.

Menurut Kapolres, ada beberapa langkah yang telah diambil untuk mengantisipasi kejadian tahan kabur seperti yang terjadi di Malang yakni dengan melakukan pengecekan setiap 2 jam sekali oleh petugas jaga, memperketat sistem penjagaan serta melengkapi dengan closed circuit television (CCTV) untuk memonitor.

"Kami juga akan memeriksa secara ketat setiap barang bawaan para pembesuk agar tidak ada barang dari luar yang diselundupkan masuk", papar Kapolres.

Diakui Kapolres tahanan yang berhasil kabur tidak mungkin ada penyebab tunggal, melainkan tahanan tersebut telah memiliki peralatan yang didapat dari luar untuk membongkar atau membobol ruang tahanan. Hal ini juga sebagai keteledoran dari aparat yang memberikan kelonggaran terhadap para pembesuk maupun barang bawaan.

“Untuk anggota yang jaga jangan sampai lengah, tetap cek dan kontrol jumlah serta kondisi para tahanan meskipun pada tidur, bukan malah ikut tidur,” tegasnya

Kapolres menambahkan meski mereka merupakan tahanan, pihaknya juga memperlakukan secara manusia bahkan diberikan hak-haknya antara lain siraman rohani dengan mendatangkan ustadz ke ruang tahanan dan sebagainya. Sehingga diharapkan ruang tahanan menjadi pembelajaran diri bagi para tahanan untuk instropeksi menjadi lebih baik saat kembali ke masyarakat.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar