Jumat, 23 Juni 2017

Toro Rosso pastikan rekrut Sean karena kemampuan

Jumat, 21 April 2017 07:11

Pebalap Indonesia Sean Gelael mengenakan seragam tim Formula 1 Toro Rosso. Foto: Antara Pebalap Indonesia Sean Gelael mengenakan seragam tim Formula 1 Toro Rosso. Foto: Antara
Ayo berbagi!

Manajemen tim Formula 1, Toro Rosso memastikan jika perekrutan pebalap Indonesia, Sean Gelael sebagai pebalap penguji murni kemampuan dan tim yang bermarkas di Italia itu sudah mengujinya di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Selasa (18/4).

"Proses Sean untuk menjadi pebalap penguji tim kami cukup panjang. Kami menguji dia di simulator. Hasilnya sangat bagus sehingga kami memilih sebagai pebalap penguji," kata bos tim Toro Rosso, Franz Tost di sela pengenalan Sean di Jakarta.

Toro Rosso menguji Sean dengan simulator milik tim Red Bull. Hasilnya dinilai cukup menggembirakan karena hampir sama dengan pebalap lain yang terlebih dahulu berkecimpung di dunia Formula 1. Hal tersebut yang menjadi daya tarik Toro Rosso kepada anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael itu.

Setelah ditetapkan sebagai pebalap penguji Toro Rosso, pebalap berusia 20 tahun langsung mendapatkan kepercayaan untuk mencoba mobil Renault STR 12 di Sirkuit Sakhir, Bahrain atau usai balapan Formula 2 dan Formula 1 digelar.

Sebagai debutan, prestasi Sean sangat diapresiasi oleh Franz Tost karena langsung mampu beradaptasi dengan baik. Bahkan, selama ujicoba sebanyak 78 lap dihadapkan dengan banyak situasi gimana merasakan terhenti ditengah balapan karena gearboks hingga adu cepat dengan Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel.

Dalam ujicoba ini, Sean juga mendapatkan kesempatan mencoba empat jenis ban sekaligus mulai medium, soft, super soft hingga ultra soft. Catatan waktu yang ditorehkanpun terus mengalami peningkatan mulai satu menit 40 detik hingga satu menit 33 detik.

Hasil tes Sean di Bahrain juga dijelaskan dengan detail oleh Franz Tost di Jakarta. Hal tersebut untuk memperkuat alasan kenapa merekrut anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael ini menjadi pebalap penguji Toro Rosso.

 "Grafik terus menunjukkan peningkatan. Ini menunjukkan jika Sean mempunyai progres yang sangat bagus. Kami sangat mengapresiasi," kata Franz Tost menambahkan.

Setelah Bahrain, Sean Gelael masih diberikan kesempatan untuk mencoba kendaraan yang dipakai oleh Carlos Sainz Jr dan Daniil Kvyat di Budapest Hongaria dan di Abu Dhabi.

Sementara itu, Sean Gelael mengaku bangga diberikan kesempatan untuk menjajal kendaraan Formula 1. Apalagi apa yang diraih membutuhkan kerja keras untuk mencapainya. Pihaknya ingin benar-benar membuktikan jika dirinya mampu menjadi yang terbaik.

"Ini tidak mudah. Makanya saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik," katanya dihadapan Franz Tost.

Dalam pengenalan Sean sebagai pebalap penguji Formual 1 Toro Rosso juga diperkenalkan tim Pertamina Arden yang berlomba di Formula 2. Sean Gelael diajang balapan satu level dibawah Formula 1 ini didampingi oleh pebalap asal Prancis, Norman Nato.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar