Senin, 24 Juli 2017

Kemenag rekomendasikan paspor calon umrah cegah penipuan

Selasa, 16 Mei 2017 15:15

Foto: Ilustrasi Foto: Ilustrasi
Ayo berbagi!

Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat merekomendasikan paspor calon umrah untuk mencegah penipuan oleh biro perjalanan umrah yang tidak bertanggungjawab.

"Rekomendasi diberikan berdasarkan izin biro perjalanan umrah yang akan memberangkatkan. Jika lengkap kami berikan namun jika tidak tentu sebaliknya," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Pesisir Selatan, Sudirman di Painan, Selasa (16/5).

Ia menambahkan pemberian rekomendasi paspor calon umrah telah diberlakukan sejak Maret 2017 sesuai dengan surat imbauan dari Kementerian Agama.

"Setidaknya telah ada sekitar 50 orang yang kami berikan rekomendasi," ujarnya.

Ia mengemukakan hingga sekarang belum ada biro perjalanan umrah yang berasal dari kabupaten setempat dan rata-rata berkedudukan di Jakarta.

"Biro travel umrah tersebut hanya memiliki agen dan untuk memastikan keabsahannya agen mesti memperlihatkan izin dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah," ujarnya.

Selain memberikan rekomendasi pihaknya juga terus menyosialisasikan agar calon umrah berhati-hati memilih biro perjalanan sehingga tidak menjadi korban penipuan.

"Majelis taklim, masjid, sekolah dan acara keramaian lainnya menjadi pilihan bagi kami untuk menyosialisasikan hal itu," katanya.

Ia menyebutkan agar tidak tertipu salah satu kiat yang mesti dilakukan calon umrah adalah dengan memastikan dokumen biro perjalanan sebelum berencana memanfaatkan jasanya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar