Jumat, 22 September 2017

Terowongan rahasia ditemukan di penjara Meksiko

Selasa, 16 Mei 2017 13:00

BBC Indonesia BBC Indonesia
Ayo berbagi!

Sebuah terowongan rahasia ditemukan di penjara Meksiko dan di dalamnya ada tumpukan narkotika, alkohol, serta alat-alat tajam, menurut pihak berwenang.

Kepolisian Negara Tamaulipas mengatakan lobang yang ditutup dengan tumpukan batu bata itu mencapai kedalaman sampai lima meter.

Namun terowongan di penjara kota Reynoas -yang dekat dengan perbatasan Amerika Serikat- belum selesai dan tidak ada narapidana yang melarikan diri.

Terowongan ditemukan setelah pihak berwenang menggunakan tekonologi panas bumi untuk mendeteksi kegiatan-kegiatan di bawah tanah, seperti dilaporkan media setempat.

Tahun 2015 lalu, salah seorang gembong narkotika tersohor di negara itu, Joaquin 'El Chapo' Guzman, melarikan diri lewat terowongan bawah tanah dari penjara Altiplano.

Dia berhasil ditangkap kembali enam bulan kemudian dan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Meksiko, Joaquin, Guzman
Reuters
Joaquin 'El Chapo' -berdasarkan sketsa saat di pengadilan New York, 5 Mei 2017- pernah melarikan diri dengan menggunakan terowongan bawah tanah.

Sementara bulan Maret lalu, 29 narapidana berhasil melarikan diri lewat terowongan dari penjara di ibu kota Tamaulipas, Ciudad Victoria.

Salah seorang narapidana yang kabur terlibat dalam penculikan dan pembunuhan Karen Alejandra Rodrguez pada 2012 lalu.

Dia berhasil ditangkap kembali namun ibu korban, Miriam Rodrguez Martnez -yang berkampanye untuk mencari keadilan bagi orang-orang yang hilang- mengaku hidupnya terancam setelah kaburnya narapidana bersangkutan.

Dan Miriam tewas karena ditembak oleh penyerang yang tidak dikenal pekan lalu.

Meksiko, Miriam. Martnez
EPA
Miriam Rodrguez Martnez, pegiat orang-orang hilang, ditembak mati oleh penyerang yang tidak dikenal.

Bobolnya penjara juga terjadi pada bulan Maret di Culiacn, di Negara Bagian Sinaloa, dengan berhasil kaburnya Juan Jos Esparragoza Monzn bersama empat narapidana lain.

Monzn adalah putra dari Juan Jos Esparragoza, yang merupakan mitra lama El Chapo di kartel narkotika Sinaloa, yang merupakan jaringan kriminal terbesar di Meksiko.

Hingga saat ini Monzon masih tetap buron.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar