Jumat, 22 September 2017

Pelaku curanmor bentuk jaringan dalam sel tahanan

Selasa, 16 Mei 2017 14:12

Foto: Erliana Riady Foto: Erliana Riady
Ayo berbagi!

Tiga pelaku pencurian sepeda motor mengaku membangun jaringan saat bertemu di dalam sel tahanan di Lapas Kelas II Blitar, Jawa Timur.

Mereka adalah Fauzi (23) warga Karangbendo, Ponggok, Kabupaten Blitar. Dia adalah residivis kasus pencurian HP dan Agus Harianto (37) warga Minggirsari, Kanigoro, residivis kasus pencabulan terhadap anak. Seorang lagi merupakan residivis kasus pencurian laptop, Murtaslim (25) warga Wonotirto, Blitar.

Dalam jumpa pers di Mapolresta Blitar, Jl Panglima Sudirman, Selasa (16/5) Agus mengaku belajar mencuri saat berkumpul dalam satu sel dengan Fauzi.

"Saya kumpul satu sel dengan Fauzi selama empat bulan. Saya bebas tahun 2014, lalu ketemu lagi sama Fauzi terus diajak mencuri," katanya.

Sementar Fauzi mengaku terpaksa mencuri lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Fauzi sudah dua kali menjalani hidup di penjara untuk kasus pencurian, pertama tahun 2013 terakhir tahun 2015 silam.

"Saya mencuri lagi tiga kali terus tertangkap ini. Sebenarnya ya kapok dipenjara tapi mau nyari duit kemana lagi," akunya di depan wartawan.

Kapolresta Blitar, AKBP Heru Agung Nugroho kepada Kontributor Elshinta, Erliana Riady mengatakan, tidak menutup kemungkinan ada pelaku lain yang menjadi anggota jaringan residivis ini.

"Kami masih kembangkan penyidikan, karena tidak menutup kemungkinan ada pelaku lainnya di jaringan residivis yang satu sel ini. Sementara ini yang terungkap masih empat sepeda motor yang sudah beralih tangan," jelas Heru.

Sepeda motor hasil curian, mereka jual seharga Rp1,3 juta per unitnya. Namun, baru dua sepeda motor mereka jual, polisi berhasil membekuknya.

Fauzi harus mempertanggungjawabkan perbuatannya karena melanggar pasal 363 dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. Sedangkan dua rekannya melanggar pasal 480 dengan ancaman lima tahun penjara.

Penulis: Angga Kusuma.

Editor : Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar